Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

PELATIHAN SCALE UP BUSINESS KOPERASI UKM BLITAR RAYA

Tim Pengabdian UM saat memberikan pendampingan dan peningkatan kapasitas pada Koperasi UKM Blitar Raya

Malang Post – Perkembangan IPTEK sekarang ini makin menjamur. Ditambah dengan penggunaan media sosial yang semakin hari semakin meningkat. 

Dilansir dari laporan Digital 2021: The Latest Insight Into The State of Digital, terdapat 170 juta lebih pengguna sosial media dari 247,9 juta penduduk di Indonesia. Hal tersebut sangat bermanfaat bagi segala bidang, misalnya pemasaran produk. 

Baca Juga ----------------------------

Tim Pengabdian Universitas Negeri Malang yang diketuai Dr Hadi Sumarsono ST M.Si, beranggotakan Dr Farida Rahmawati SE ME, Vika Annisa Qurrata SE ME dan Ermita Yusida SE ME.

Mereka mengadakan kegiatan yang membantu Koperasi UKM Blitar Raya. Lokasinya juga di Blitar. Memanfaatkan perkembangan teknologi. 

Pengabdian ini, dilaksanakan Juni 2021 dan mengusung tema: Pelatihan Pemasaran UKM Menuju Start Up Scale Business Berbasis Potensi Lokal. 

Tujuannya untuk memperkenalkan produk-produk Koperasi UKM tersebut. Melalui media sosial, dapat menjangkau kalangan lebih luas. Sehingga dapat mendongkrak omset.

Kegiatan ini menargetkan 30 UKM yang tergabung dalam UKM Blitar Raya tersebut. Pelaksanaannya dengan memberikan materi dari narasumber berkompeten. Tim Pengabdian Universitas Negeri Malang menghadirkan David Hendrawan SE. Founder CV Zestful. 

Dijelaskan dengan sangat detail. Tentang pemasaran digital yang memanfaatkan, bahkan membantu dalam praktek memasarkan produknya. 

Para pelaku UKM selaku peserta kegiatan, memberikan feedback dengan antusias.

Dibuktikan dengan banyaknya rasa ingin tahu. Mengajukan banyak pertanyaan ke pemateri. 

Tak hanya itu. Dalam pelatihan para pelaku UKM juga praktek langsung. Mengenai cara memasarkan produk secara digital. 

Tim Pengabdian UM ini, juga mengumpulkan data kondisi UKM melalui kuesioner. Sebagai upaya observasi mengenai kondisi, teknik pemasaran, pengelolaan keuangan usaha hingga kelembagaan koperasi UKM. 

Dengan hasil survei tersebut, akan dilaksanakan pendampingan di bidang pelatihan pemasaran digital.

Kegiatan pengabdian ini memberikan hasil yang sangat bagus. Tak hanya meningkatkan wawasan mengenai pemasaran di dunia digital. Omset yang akan didapatkan juga bisa meningkat tajam. 

Bisa membuka peluang kerja lebih banyak bagi masyarakat sekitar. Sehingga dapat menurunkan tingkat pengangguran. Selain itu, juga menambah motivasi terus berkembang.

Terpenting, kesejahteraan masyarakat terutama pelaku UKM yang tergabung dalam Koperasi UKM Blitar Raya dapat meningkat secara signifikan. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post — Polres Malang kejar target vaksinasi. Kapolres Malang AKBP R Bagoes Wibisono bersama Forkopimda terus upayakan percepatan vaksinasi. Seperti yang terlihat di Lembah...

Malang Raya

Malang Post – Senin, 27 September 2021, hari ini, vaksinasi di Sukun digelar di dua lokasi.Pertama, vaksinasi covid-19 untuk warga masyarakat di wilayah kerja...

Malang Raya

Malang Post – Polres Malang menggelar pemilihan Duta Lalu Lintas 2021 di Gedung Satpas Polres Malang, Jum’at (24/9/2021). Kapolres Malang AKBP R Bagoes Wibisono bersama...

headline

Malang Post – Anggota Komisi I DPR RI dapil Malang Raya, Kresna Dewanata Phrosakh menanggapi persoalan tersebut. Menurutnya,Jika dinilai dari sisi historis Kabupaten Malang...

headline

Malang Post — Tersangka pembunuh Ratna Darumi (56) warga Jl Emprit Mas, RT 04/RW 10, Kelurahan/Kecamatan  Sukun, Kota Malang telah ditetapkan Polresta Malang Kota. Pelaku...

Malang Raya

Malang Post – Dalam upaya mencegah penyebaran virus Covid-19kegiatan vaksinasi terus gencar dilaksanakan di wilayah Kota Malang. Terkait upaya tersebut Pemerintah Daerah melaksanakan Vaksinasi...

Malang Raya

Malang Post – Wakil Walikota Malang, Ir H Sofyan  Edy  Jarwoko, memberi apresiasi pada FKUB Kota Malang yang menggelar dialog umat beragama di Hotel Tugu...

Malang Raya

Malang Post – Guna kelancaran kegiatan Vaksinasi di wilayah Kota Makang, TNI/POLRI dan Tim Satgas Covid-19 Kota Malang melaksanakan pengamanan dan pemantauan jalannya vaksinasi...