Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ekobis

5 Tips Investasi yang Mudah Dilakukan Generasi Milenial

Ilustrasi (Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/kursi-wanita-smartphone-laptop-6347720/)

Malangpost – Investasi kini menjadi kegiatan yang tidak sulit lagi dilakukan seperti pada generasi sebelumnya. Kaum milenial harusnya sudah memulai melakukan investasi demi tercapainya tujuan jangka pendek dan jangka panjang.

Ada begitu banyak manfaat yang didapatkan dari investasi, seperti merdeka dalam keuangan di masa depan. Selain itu nilai aset dan kekayaan meningkat tanpa terpengaruh masalah inflasi. Tapi bagaimana cara untuk memulai investasi ini?

Baca Juga ----------------------------

Tips Memulai Investasi bagi Generasi Milenial

Investasi sendiri ada begitu banyak macamnya. Mulai dari investasi emas, deposito, saham, properti, obligasi, reksadana dan lainnya. Sebagai pemula soal investasi Anda tidak boleh sembarangan memilih. Harus disesuaikan dengan kemampuan supaya lebih untung.

Demi investasi yang berhasil, beberapa tips berikut ini cocok untuk dilakukan Anda generasi milenial. Khususnya yang sedang mulai melakukan investasi.

1. Mengenali Detail Instrumen Investasi yang Tersedia

Baca Juga ----------------------------

Apabila dijabarkan tentu ada begitu banyak jenis instrumens investasi yang bisa dipilih. Namun sebagai generasi milenial yang baru mulai, Anda harus meneliti lebih lanjut mengenai risk and return yang tersedia dari masing-masing instrumen.

Setiap investasi selalu ada resikonya baik itu resiko agresif atau risiko konservatif. Selain itu juga Anda harus memahami berapa return yang didapatkan dalam jangka waktu tertentu dari instrumen investasi tersebut.

2. Fokus pada Tujuan Investasi

Mengenal instrumen investasi saja tidak cukup jika Anda belum paham apa tujuan dalam berinvestasi. Tujuan inilah yang akan menentukan besaran investasi dan jangka waktu yang harus ditempuh.

Baca Juga ----------------------------

Contohnya Anda ingin membeli rumah dalam waktu dekat dengan cicilan atau uang tunai. Maka investasi dalam jangka pendek dibutuhkan supaya Anda memiliki cukup dana untuk membayar uang muka pembelian rumah.

3. Membuat Strategi Investasi

Kesalahan yang paling sering terjadi bagi generasi milenial adalah selesai menanamkan modal untuk membeli saham atau reksadana, tidak menciptakan strategi kelanjutannya. Strategi diperlukan supaya investasi yang Anda bisa meningkat dan keuntungan yang diperoleh semakin banyak.

Misalnya sebelumnya Anda mengalokasikan dana investasi dari gaji sebesar 20 persen. Pada tiga bulan berikutnya, Anda bisa meningkatkan jumlah investasi menjadi 30 hingga 40 persen dari gaji.

4. Melakukan Analisis Terhadap Investasi

Terakhir dan wajib dilakukan adalah melakukan analisa terhadap investasi yang dilakukan. Setidaknya dalam jangka waktu 3 hingga 6 bulanan Anda harus melihat kembali bagaimana perkembangan investasi yang dipilih.

Analisis ini harus disesuaikan juga dengan tren bisnis serta kondisi pasar, apakah Anda akan tetap lanjut atau merencanakan untuk menambah atau pindah jenis investasi.

5. Memanfaatkan Platform Investasi Berbasis Aplikasi

Di mana Anda harus mengalokasikan dana untuk investasi? Cara paling mudah adalah menggunakan platform aplikasi di smartphone. Siapa saja kini bisa membuka rekening bank secara online, begitu pula dengan investasi.

Baik itu platform investasi reksadana, saham, obligasi bahkan deposito sekalipun bisa dilakukan secara online dengan aplikasi. Bahkan ada juga investasi dengan cicilan emas yang tersedia online. Anda hanya tinggal memilih mana aplikasi yang terpercaya.

Salah satu platform terpercaya yang menyediakan produk investasi untuk Anda gunakan adalah Aplikasi Senyumku. Melalui aplikasi ini ada tiga layanan utama yang didapatkan, pertama adalah investasi deposito, kedua tabungan online dan ketiga catatan keuangan.

Soal investasi, Anda bisa memilih deposito yang aman untuk jangka panjang dengan bunga tinggi dibandingkan bank lainnya. Senyumku Deposito menghadirkan bunga 8% per tahun dengan minimal deposito mulai dari 100.000 rupiah saja.

Deposito di Senyumku memberikan Anda keuntungan yang pasti setiap bulannya. Uang yang Anda investasikan juga dijamin aman. Proses investasi berlangsung dengan cepat, hanya lima menit saja. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malangpost – Rabu (26/1), vaksinasi anak berlangsung di SDN Pandanwangi 03, Blimbing Kota Malang. Babinsa Pandanwangi, Pelda Slamet dan Serka Sunyitno mengawal vaksinasi di...

Malang Raya

Malangpost – Setelah Apel Gelar Pamor Keris pada Senin ( 24/1/2022 ) di halaman Balaikota Malang, tim gabungan Pamor Keris langsung menindaklanjuti dengan mengadakan...

headline

Malang Post –   Polresta Malang Kota kembali menerima tiga aduan baru dari 3 korban pelecehan seksual guru tari di wilayah Klojen. Tiga korban...

Malang Raya

Malang Post —  Bumdes memiliki peran vital menggerakkan perekonomian desa. Pasca ditetapkan menjadi Manajer Unit Pertanian dan Perikanan (UPP) Bumdes Joloarto Kecamatan Turen Kabupaten...

Malang Raya

Malangpost – Babinsa Kidul Dalem, Serda Gunawan bersama Dinas Sosial Kota Malang, bakti sosial di rumah warga Kidul Dalem.Yaitu, kediaman dari Subali, 74, warga...

News

Malang Post –  Lingkungan Umar Maksum RT 01/RW 02, Kedungkandang, Selasa (25/1/2022) siang mendadak geger saat ditemukan mayat di bawah jembatan sungai Amprong. Usai...

Beauty

Malangpost – Setiap wanita tentunya akan memiliki gaya dan jenis pakaian wanita yang tidak sama. Ada yang suka dengan gaya feminim dan ada yang lebih suka...

Malang Raya

Malang post – Kemenkumham korwil Malang deklarasi janji kinerja 2022 di Lapas Wanita Klas IIA Malang, Selasa (25/1). Jajaran samping, yaitu Kodim 0833 Kota...