Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ekobis

5 Tips Investasi yang Mudah Dilakukan Generasi Milenial

Ilustrasi (Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/kursi-wanita-smartphone-laptop-6347720/)

Malangpost – Investasi kini menjadi kegiatan yang tidak sulit lagi dilakukan seperti pada generasi sebelumnya. Kaum milenial harusnya sudah memulai melakukan investasi demi tercapainya tujuan jangka pendek dan jangka panjang.

Ada begitu banyak manfaat yang didapatkan dari investasi, seperti merdeka dalam keuangan di masa depan. Selain itu nilai aset dan kekayaan meningkat tanpa terpengaruh masalah inflasi. Tapi bagaimana cara untuk memulai investasi ini?

Baca Juga ----------------------------

Tips Memulai Investasi bagi Generasi Milenial

Investasi sendiri ada begitu banyak macamnya. Mulai dari investasi emas, deposito, saham, properti, obligasi, reksadana dan lainnya. Sebagai pemula soal investasi Anda tidak boleh sembarangan memilih. Harus disesuaikan dengan kemampuan supaya lebih untung.

Demi investasi yang berhasil, beberapa tips berikut ini cocok untuk dilakukan Anda generasi milenial. Khususnya yang sedang mulai melakukan investasi.

1. Mengenali Detail Instrumen Investasi yang Tersedia

Apabila dijabarkan tentu ada begitu banyak jenis instrumens investasi yang bisa dipilih. Namun sebagai generasi milenial yang baru mulai, Anda harus meneliti lebih lanjut mengenai risk and return yang tersedia dari masing-masing instrumen.

Setiap investasi selalu ada resikonya baik itu resiko agresif atau risiko konservatif. Selain itu juga Anda harus memahami berapa return yang didapatkan dalam jangka waktu tertentu dari instrumen investasi tersebut.

2. Fokus pada Tujuan Investasi

Mengenal instrumen investasi saja tidak cukup jika Anda belum paham apa tujuan dalam berinvestasi. Tujuan inilah yang akan menentukan besaran investasi dan jangka waktu yang harus ditempuh.

Contohnya Anda ingin membeli rumah dalam waktu dekat dengan cicilan atau uang tunai. Maka investasi dalam jangka pendek dibutuhkan supaya Anda memiliki cukup dana untuk membayar uang muka pembelian rumah.

3. Membuat Strategi Investasi

Kesalahan yang paling sering terjadi bagi generasi milenial adalah selesai menanamkan modal untuk membeli saham atau reksadana, tidak menciptakan strategi kelanjutannya. Strategi diperlukan supaya investasi yang Anda bisa meningkat dan keuntungan yang diperoleh semakin banyak.

Misalnya sebelumnya Anda mengalokasikan dana investasi dari gaji sebesar 20 persen. Pada tiga bulan berikutnya, Anda bisa meningkatkan jumlah investasi menjadi 30 hingga 40 persen dari gaji.

4. Melakukan Analisis Terhadap Investasi

Terakhir dan wajib dilakukan adalah melakukan analisa terhadap investasi yang dilakukan. Setidaknya dalam jangka waktu 3 hingga 6 bulanan Anda harus melihat kembali bagaimana perkembangan investasi yang dipilih.

Analisis ini harus disesuaikan juga dengan tren bisnis serta kondisi pasar, apakah Anda akan tetap lanjut atau merencanakan untuk menambah atau pindah jenis investasi.

5. Memanfaatkan Platform Investasi Berbasis Aplikasi

Di mana Anda harus mengalokasikan dana untuk investasi? Cara paling mudah adalah menggunakan platform aplikasi di smartphone. Siapa saja kini bisa membuka rekening bank secara online, begitu pula dengan investasi.

Baik itu platform investasi reksadana, saham, obligasi bahkan deposito sekalipun bisa dilakukan secara online dengan aplikasi. Bahkan ada juga investasi dengan cicilan emas yang tersedia online. Anda hanya tinggal memilih mana aplikasi yang terpercaya.

Salah satu platform terpercaya yang menyediakan produk investasi untuk Anda gunakan adalah Aplikasi Senyumku. Melalui aplikasi ini ada tiga layanan utama yang didapatkan, pertama adalah investasi deposito, kedua tabungan online dan ketiga catatan keuangan.

Soal investasi, Anda bisa memilih deposito yang aman untuk jangka panjang dengan bunga tinggi dibandingkan bank lainnya. Senyumku Deposito menghadirkan bunga 8% per tahun dengan minimal deposito mulai dari 100.000 rupiah saja.

Deposito di Senyumku memberikan Anda keuntungan yang pasti setiap bulannya. Uang yang Anda investasikan juga dijamin aman. Proses investasi berlangsung dengan cepat, hanya lima menit saja. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Dalam rangka menyambut peringatan HUT TNI ke-76 Tahun 2021, Korem 083/Bdj beserta Kodim 0833/Kota Malang secara serentak melaksanakan Bakti sosial berupa...

headline

Malang Post- Soal kasus rombongan “Gowes”  Walikota Malang, Sutiaji dan jajaran OPD ke Pantai Kondang Merak, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang Minggu (19/9) lalu, memang sudah...

Malang Raya

Malang Post – Bupati Malang Drs HM Sanusi MM pernah menjanjikan akan memberikan dana ekstra kepada 378 Desa dan Kelurahan di Kabupaten Malang sebanyak...

Malang Raya

Malang Post – Stiker Presiden RI Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo serta tulisan ajakan memakai masker terpampang jelas di mobil dinas milik...

News

Malang Post — Kabar duka dari Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang, Kamis (23/9/2021) sore. Seorang mahasiswa semester akhir, tewas akibat mengalami kecelakaan di Bululawang....

Pendidikan

Malang Post — Dinas Pendidikan Kabupaten Malang melalui Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat menggelar training of trainer (TOT) bagi guru PAUD.  Temanya:...

Malang Raya

Malang Post — Angin kencang, Kamis (23/9/2021) jelang petang menghempas wilayah Desa Sumbersuko, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Satu rumah rusak berat sementara 5 lebih lainnya...

Pendidikan

Malang Post — Pengabdian kepada masyarakat, bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan seluruh dosen di Indonesia. Termasuk dosen Universitas Negeri Malang melalui Lembaga...