Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

PBSI UMM Prodi PTM Pertama Raih Akreditasi Unggul

AKTIF: Berbagai akfitas Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia tetap berjalan meski di masa pandemi dengan menerapkan prokes (Foto: Istimewa)

Malang Post – Tidak hanya kuantitas, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) juga senantiasa meningkatkan kualitas. Kali ini Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI). Meraih akreditasi unggul. Ini akreditasi format baru dari Kemendikbud RI.

Raihan ini menjadikan PBSI UMM sebagai prodi pertama di antara Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM)  se-Indonesia yang mendapatkannya.

Baca Juga ----------------------------

Rektor UMM, Dr Fauzan M.Pd mengatakan. Prodi ini, telah lama siap menjalankan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Terlihat dari berbagai kegiatan akademis yang sudah dijalankan. Berbagai aspek yang dibutuhkan untuk mencapai akreditasi unggul juga berhasil dipenuhi dengan sangat baik.

Dr Sugiarti M.Si, Kepala Prodi (Kaprodi) PBSI UMM membeberkan. Akreditasi tersebut dapat dicapai, berkat kelengkapan komponen penilaian.

Ada empat aspek kunci yang sukses dipenuhi. Antara lain: dosen tetap prodi, kurikulum, sistem penjaminan mutu internal serta tracer study.

“Jumlah dosen yang kami miliki sudah memenuhi standar. Ditambah lagi dengan jumlah doktor dan kandidat doktor yang cukup banyak. Menjadi tenaga pengajar di prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMM,” tuturnya. 

Sugiarti juga menjelaskan. Penerapan kurikulum yang menyesuaikan perkembangan zaman, juga menjadi poin penting meraih akreditasi unggul.

Termasuk bagaimana menjalankan pembelajaran di masa pandemi. Sedangkan dari aspek penjaminan mutu internal, ia mengaku. Prodinya, sudah memiliki sinergitas dan kerjasama kolaboratif. Dengan lembaga strategis seperti Unit Pelaksanaan Teknik-Akreditasi dan Pemeringkatan (UPT – AP), Lembaga Informasi dan Publikasi (LIP) dan Badan Penjaminan Mutu Internal (BPMI) UMM. 

“Kami mendapatkan kemudahan dengan adanya BPMI. Menjadi penjamin mutu internal bagi program studi di UMM. Usaha ini juga menjadi bentuk kerja kolaboratif kami dalam meraih akreditasi Unggul,” jelasnya.

Satu lagi komponen penting ialah tracer study. Yaitu, umpan balik alumni. Terkait kemampuan dan skill.

Dari hasil pelacakan, masa tunggu kerja lulusan Prodi PBSI UMM rerata hanya tiga bulan. Angka tersebut telah memenuhi ketentuan. Yakni maksimal enam bulan.

Selain itu, kesesuaian bidang kerja yang masih linier. Seperti guru dan editor, juga berpengaruh dalam penilaian akreditasi.

Meski sudah meraih akreditasi unggul, Sugiarti mengaku. Bahwa PBSI UMM akan terus memperbaiki diri. Senantiasa berusaha mendapatkan akreditasi internasional.

Selain itu, juga berusaha menjadi program studi rujukan bagi banyak pihak. Baik nasional maupun internasional.

“Karena sudah mulai banyak jurusan Bahasa Indonesia di luar negeri atau Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). Maka akreditasi internasional adalah hal yang penting agar kami mampu menjadi rujukan utama,” ungkapnya.

Terakhir, Sugiarti berharap banyak hal-hal baik datang. Berkat akreditasi unggul ini. Mulai dari proses pembelajaran yang bagus. Hingga kuantitas dan kualitas mahasiswa serta alumni.

“Kami selalu berupaya meningkatkan layanan dan pendidikan terbaik. Demi mencetak mahasiswa serta lulusan yang mumpuni di kemudian hari,” tutupnya menerangkan. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Senin, 27 September 2021, hari ini, vaksinasi di Sukun digelar di dua lokasi.Pertama, vaksinasi covid-19 untuk warga masyarakat di wilayah kerja...

Malang Raya

Malang Post – Polres Malang menggelar pemilihan Duta Lalu Lintas 2021 di Gedung Satpas Polres Malang, Jum’at (24/9/2021). Kapolres Malang AKBP R Bagoes Wibisono bersama...

headline

Malang Post – Anggota Komisi I DPR RI dapil Malang Raya, Kresna Dewanata Phrosakh menanggapi persoalan tersebut. Menurutnya,Jika dinilai dari sisi historis Kabupaten Malang...

headline

Malang Post — Tersangka pembunuh Ratna Darumi (56) warga Jl Emprit Mas, RT 04/RW 10, Kelurahan/Kecamatan  Sukun, Kota Malang telah ditetapkan Polresta Malang Kota. Pelaku...

Malang Raya

Malang Post – Dalam upaya mencegah penyebaran virus Covid-19kegiatan vaksinasi terus gencar dilaksanakan di wilayah Kota Malang. Terkait upaya tersebut Pemerintah Daerah melaksanakan Vaksinasi...

Malang Raya

Malang Post – Wakil Walikota Malang, Ir H Sofyan  Edy  Jarwoko, memberi apresiasi pada FKUB Kota Malang yang menggelar dialog umat beragama di Hotel Tugu...

Malang Raya

Malang Post – Guna kelancaran kegiatan Vaksinasi di wilayah Kota Makang, TNI/POLRI dan Tim Satgas Covid-19 Kota Malang melaksanakan pengamanan dan pemantauan jalannya vaksinasi...

Malang Raya

Malang Post – Dialog kerukunan diselenggarakan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Malang di Hotel Tugu Kota Malang, Sabtu (25/9/2021). KH Taufik Kusuma, Ketua...