Connect with us

Hi, what are you looking for?

Opini

Gonjang-Ganjing Penegakan Hukum di Kota Malang

By : H Agus Sunar Dewabrata SH, Ketua MPC Pemuda Pancasila Kota Malang 

By : H Agus Sunar Dewabrata SH, Ketua MPC Pemuda Pancasila Kota Malang 

Gonjang-ganjing – kalau boleh disebut begitu – terkait dengan proses penegakan hukum khususnya terhadap perkara J sang Boss The Nine di kota Malang, nampaknya belum akan berakhir dalam waktu dekat.

Baca Juga ----------------------------

Sebab, banyak anggota masyarakat yang masih menyimpan beribu pertanyaan di benak.

Ya, intinya sebagian masyarakat Kota Malang masih merasakan adanya _”keganjilan”_ dalam praktik hukum itu sehubungan dengan prosedur _criminal justice_ yang terjadi.

Berbicara tentang penegakan hukum, kita bisa ambil ajaran para cendekiawan antara lain Prof Dr Soerjono Soekanto yang berpendapat, bahwa di dalam proses penegakan hukum terdapat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi dan mempunyai arti.

Sehingga penegakan hukum dapat berdampak positif dan negatifnya terletak pada isi faktor tersebut. Terjadinya gangguan terhadap penegakan hukum terjadi apabila ada ketidakserasian antara nilai, kaidah, dan pola perilaku. 

Dalam hal terjadi ketidakserasian antara nilai-nilai yang berpasangan dan menjelma dalam kaidah-kaidah yang bersimpang siur. Serta pola perilaku tidak terarah yang akan dapat mengganggu kedamaian pergaulan hidup.

Maka penegakan hukum menjadi tidaklah dapat diwujudkan. Artinya, penegakan hukum akan tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya atau akan terganggu dalam perjalanan. 

Masalah pokok penegakan hukum terletak kepada faktor-faktor yang mempengaruhinya. Pertama, faktor hukumnya. Kedua, faktor penegak hukum. Ketiga, faktor sarana atau fasilitas. Keempat, faktor masyarakat. Kelima, faktor kebudayaan.

Berangkat dari lima faktor tersebut, dengan sangat sederhana pastinya masyarakat akan melirik faktor kedua, yaitu penegak hukum.

Sebab, keempat faktor lainnya dianggap akan menjadi faktor pelengkap. Namun, faktor penegak hukum itu, acapkali dinilai sebagai faktor utama yang sangat menentukan, terhadap _Hitam-Putihnya_ penegakan hukum.

Penegak hukum yang dimaksud dalam _criminal justice system_  terkait perkara yang sedang disorot oleh masyarakat di Kota Malang ini, tak lain adalah penyidik Polresta Malang.

Kita mengharapkan hasil yang telah dicapai (outcome) Polresta Malang yang telah diketahui umum itu, adalah hasil yang benar-benar sesuai dengan kaidah hukum yang berlaku.

Dalam arti, dalam konteks itu, tidak ada faktor non hukum yang mempengaruhi Polresta Malang.

Sebab jika di kemudian hari outcome itu terbukti keliru apalagi menyimpang atau bertentangan dengan norma hukum, tak pelak ini merupakan _tamparan keras_ dan  tentu akan mempengaruhi kredibilitas kepolisian yang saat ini diunggulkan dengan tagline _presisi_ itu.

Semoga _pasang badan_ dalam hal penegakan hukum yang dinyatakan oleh Pak Kapolresta Malang itu adalah benar-benar pasang badan yang sesuai dengan koridor hukum, bukan sekadar pasang badan bagi orang yang disinyalir _kebal hukum_.

Salam sehat selalu.

Sekali Layar Terkembang, Surut Kita Berpantang. Malang, 08 Juli 2021. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post — Kota Batu bakal menjadi sentra pembibitan jeruk purut di Indonesia. Hal ini menyusul permintaan ekspor jeruk purut yang sangat tinggi. Saat ini...

Malang Raya

Malang Post – Tim tracer Covid-19 Kota Malang menggelar tracing kasus di Jalan Kolonel Sugiono IV, Kelurahan Ciptomulyo, Sukun Kota Malang. Rabu, 20 Oktober...

headline

Malang Post — Kota Malang sudah masuk PPKM Level II, sesuai Inmendagri Nomor 53 Tahun 2021. Beberapa kampus mulai mengajukan Perkuliahan/Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Meski...

headline

Malang Post — Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Advokat Republik Indonesia (DPP PARI) menggelar silaturahmi antar advokat, Rabu (20/10/2021). Bertempat di RM Javanine, Jl Pahlawan Trip...

Pendidikan

Malang Post — Sejarah baru kembali ditorehkan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kali ini Program studi (Prodi) Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Peternakan UMM yang mencatatkan tinta...

Pendidikan

Malang Post — Dharma Wanita Persatuan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (DWP UIN Maliki) makin giat membina sekaligus menjalin keharmonisan antar anggotanya. Meski masih dalam...

News

Malang Post — Kepanikan terjadi, Selasa (19/10/2021) malam di sebuah rumah milik Semiati warga RT 03/RW 01 Desa/Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Sebuah tabung LPG 3...

News

Malang Post — Sehari sudah, tim gabungan SAR Malang Raya mencari keberadaan Paino (56) pemancing yang terhanyut saat sungai Brantas mendadak berarus deras. Selasa (19/10/2021)...