Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Damkar Kota Batu Pindah Markas

Markas baru DPKP Kota Batu, berlokasi di belakang Balai Kota Among Tani Kota Batu. (awb)

Malang Post – Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP)Kota Batu bakal menempati kandang baru mulai Jumat (2/7/2021). Kandang baru itu berada di belakang Balai Kota Among Tani, Kota Batu. Diketahui pembangunan markas pemadam tersebut menelan anggaran sebesar Rp 3,5 miliar.

Plt Kepala DPKP Kota Batu, Supriyanto membenarkan. Saat ini pihaknya sedang melakukan proses pindahan dari markas lama yang berada di Jl Kartini Kota Batu. Perpindahan markas itu dia lakukan setelah menerima perintah dari Walikota untuk menempati markas baru.

Baca Juga ----------------------------

“Markas baru sudah selesai dibangun dan siap untuk ditempati. Dengan munculnya instruksi itu, maka kami langsung bergegas untuk menempati dan memanfaatkan fasilitas yang ada,” ujar Supriyanto, Rabu (30/6/2021).

Kata Supriyanto, nantinya seluruh kendali operasional akan berada di markas baru tersebut. Termasuk kantor yang saat ini berada di lantai tiga Balai Kota Among Tani, juga akan dipindah ke markas baru itu. Hal tersebut bertujuan agar memudahkan untuk berkomunikasi.

“Untuk markas lama yang ada di Jalan Kartini kami kembalikan ke bagian aset. Sehingga apabila ada dinas yang ingin memanfaatkan dan memfungsikan bangunan tersebut, bisa langsung ke bagian aset,” ujarnya.

Diketahui, hanggar baru itu memiliki fasilitas penunjang yang sangat luar biasa. Salah satunya seperti adanya tandon air dengan kapasitas 30 kubik. Dengan kapasitas itu, diperkirakan mampu mengisi delapan mobil pemadam kebakaran.

Meski begitu, jika perpindahan dilakukan ada sejumlah kendala yang akan dihadapi. Salah satunya adalah ketersediaan jaringan telepon dan internet. Bahkan untuk jaringan telepon, Supriyanto menyebutkan keberadaanya sangat vital.

“Keberadaan telepon sangat penting, bahkan nomornya juga harus sama dengan sebelumnya. Ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat untuk menghubungi pemadam,” ujarnya.

Disisi lain, saat ini efektivitas pelaksanaan pemadaman kebakaran di Kota Batu menjadi sorotan. Hal ini karena waktu tempuh dari Markas Pemadam Kebakaran yang sekarang berada di Jl Kartini menuju lokasi kebakaran seringkali masih belum dengan estimasi waktu yang ideal. Sehingga Pemkot Batu berencana menyiapkan tiga pos Pemadam Kebakaran di masing-masing wilayah kecamatan.

Supriyanto mengatakan, tiga pos Pemadam Kebakaran sangat dibutuhkan. Disampaikannya secara letak geografis, Kota Batu wilayahnya perbukitan. Sehingga dari satu titik wilayah ke titik lainnya membutuhkan waktu yang cepat untuk kegiatan pemadaman api.

“Contoh ketika terjadi kebakaran di Desa Sumberbrantas beberapa waktu lalu, jarak tempuhnya dari markas damkar membutuhkan waktu selama 20 menit. Seharusnya lebih cepat dari waktu tersebut,” katanya.

Untuk diketahui, standarnya jarak titik lokasi dari markas damkar menuju lokasi pemadaman api idealnya paling lama memakan waktu 15 menit. Oleh karena itu, kini pihaknya tengah mengajukan kajian ke Bappelitbangda terkait tiga pos tersebut. Nantinya akan ditentukan lokasi masing-masing pos.

Rencana awal, tiga pos itu berada di wilayah Kecamatan Bumiaji, ditempatkan di Dusun Junggo, Kelurahan Tulungrejo. Lalu untuk wilayah Kecamatan Junrejo akan ditempatkan di bekas Kantor Satpol PP Desa Pendem.

“Sedangkan untuk kecamatan Batu kami masih akan mencari tempat terlebih dahulu,” ujar Supriyanto.

Setelah kajian selesai, maka nantinya akan diajukan kebutuhan anggaran yang diperlukan di Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD 2021 untuk perencanaannya. Lalu diharapkan pada tahun 2022 mendatang dapat dilakukan pembangunan fisik.

“Untuk saat ini kami masih belum tahu kebutuhan anggaran setiap pos berapa, masih harus dikaji,” katanya. Dia juga berharap, tidak ada lagi arahan dari pemerintah pusat untuk refocusing anggaran kepada pemerintah daerah. Sehingga pembangunan tiga pos tersebut dapat berjalan. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Pendidikan

Malang Post — Universitas Islam Malang (Unisma) tiada henti berkontribusi. Termasuk sumbangsih pemikiran terhadap kelangsungan kepemimpinan Nahdlatul Ulama (NU) yang akan datang. Kali ini, Unisma...

Wisata

Malang Post — Ada yang spesial dihadirkan The Singhasari Resort and Convention di pertengahan bulan ini. Menggelar Oktober Festival. Menampilkan banyak sekali fasilitas keseruan bagi...

Pendidikan

Malang Post – Tax Center Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (UM) menggelar Pelatihan Pajak, Sabtu 25 September 2021. Pelatihan ini diselenggarakan khusus bagi anggota/mahasiswa yang tergabung dalam “Tax Lover Community” UM. Pelatihan Pajak tahun 2021 ini,...

headline

Malang Post  — Perwakilan buruh pabrik rokok Gudang Sorgum Wagir Kabupaten Malang akan mengadu ke Presiden RI Jokowi . Lantaran adanya dugaan pemalsuan  yang bertujuan...

Pendidikan

Malang Post – Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) yang tergabung dalam tim Proyek Kemanusiaan-MBKM menggelar program pelatihan dan pendampingan dengan tema:...

headline

Malang Post — Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus melakukan pengembangan produk-produk kreatif di seluruh daerah. Tidak hanya kuliner, namun produk kreatif lainnya seperti kerajinan...

Malang Raya

Malang Post – Antusias Warga Tanjungrejo Kecamatan Sukun menerima Vaksinasi Covid-19 Dosis pertama, Jenis Sinovac. Kegiatan vaksinasi bertempat di dihalaman Masjid Al Abror Jl....

Malang Raya

Malang Post – Dalam upaya penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19, bertempat di Mapolsek Kedungkandang Kecamatan Kedungkandang Kota Malang telah  dilaksanakan apel kegiatan Ops Yustisi...