Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Pendapatan Parkir Kota Batu Jauh dari Target, Ini Penyebabnya

(ananto)

Malang-Post – Perolehan  retribusi parkir di tepian jalan umum Kota Wisata Batu jauh dari target. Target per bulan Rp 38 juta, hanya terealisasi Rp 9 juta. 

Permasalahan klasik,  banyak karcis parkir  kendaraan roda 2 maupun roda 4 yang tidak diberikan ke pengguna jasa parkir. 

Baca Juga ----------------------------

Saat sidak ke sejumlah area parkir,  Kamis (10/6/2021) siang, petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu bersama TNI/Polri menemukan pelanggaran ini. 

Selain itu ditemukan rambu parkir yang tidak sesuai Perda. Sehingga, tiga rambu parkir yang ada di kawasan Alun-alun Kota Batu disita. 

Sekretaris Dishub Kota Batu, Adiek Iman Santoso menjelaskan,  sidak sebagai  pengawasan, monitoring dan evaluasi sistem perparkiran. Khususnya pada area parkir di kawasan Alun-alun Kota Batu. 

“Pada sidak ini, kami ingin mewujudkan Perda yang telah ada benar-benar berjalan dengan maksimal,” ujar pria biasa dipanggil Dedek kepada ameg.id.

Baca Juga ----------------------------

Mengenai rambu parkir yang tidak sesuai Perda dan disita, ia menjelaskan,  pada rambu tersebut bertuliskan parkir roda dua Rp 2000 dan helem Rp 1000. Padahal di Perda tidak ada peraturan seperti itu. Sehingga harus dilakukan penyitaan. 

“Untuk monitoring sebenarnya sudah sangat sering kami lakukan. Namun ketika ditinggal oleh petugas dari Dishub, mereka kembali sangat sulit untuk mengeluarkan karcis parkir kepada konsumen,” ungkapnya. 

Menurutnya, Perda perparkiran akan berjalan maksimal jika semua pihak turun tangan  bersama melakukan evaluasi. Salah satunya  pihak Satpol PP Kota Batu sebagai penegak Perda. 

Baca Juga ----------------------------

Kabid Perparkiran Dishub Kota Batu, Hari Junaidi menjelaskan, teknis pemberian karcis kepada pengguna parkir   wajib hukumnya. Sedangkan untuk laporan penyetoran ke Dishub,  setiap hari sesuai karcis yang keluar saat itu. 

“Untuk perhitungan bagi hasil, sebenarnya para jukir tersebut mendapatkan bagian sebesar 60 persen. Sedangkan yang masuk ke Pemkot Batu hanya 40 persen. Dikirimkan langsung melalui rekening masing-masing jukir,” terangnya. Satu bendel karcis, terdapat 100 lembar karcis parkir. 

Dijelaskan,  sanksi kepada jukir yang tidak memberikan karcis  kepada para pengguna jasa parkir,  bisa dihentikan menjadi jukir dan diganti dengan jukir baru. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malangpost – Rabu (26/1), vaksinasi anak berlangsung di SDN Pandanwangi 03, Blimbing Kota Malang. Babinsa Pandanwangi, Pelda Slamet dan Serka Sunyitno mengawal vaksinasi di...

Malang Raya

Malangpost – Setelah Apel Gelar Pamor Keris pada Senin ( 24/1/2022 ) di halaman Balaikota Malang, tim gabungan Pamor Keris langsung menindaklanjuti dengan mengadakan...

headline

Malang Post –   Polresta Malang Kota kembali menerima tiga aduan baru dari 3 korban pelecehan seksual guru tari di wilayah Klojen. Tiga korban...

Malang Raya

Malang Post —  Bumdes memiliki peran vital menggerakkan perekonomian desa. Pasca ditetapkan menjadi Manajer Unit Pertanian dan Perikanan (UPP) Bumdes Joloarto Kecamatan Turen Kabupaten...

Malang Raya

Malangpost – Babinsa Kidul Dalem, Serda Gunawan bersama Dinas Sosial Kota Malang, bakti sosial di rumah warga Kidul Dalem.Yaitu, kediaman dari Subali, 74, warga...

News

Malang Post –  Lingkungan Umar Maksum RT 01/RW 02, Kedungkandang, Selasa (25/1/2022) siang mendadak geger saat ditemukan mayat di bawah jembatan sungai Amprong. Usai...

Beauty

Malangpost – Setiap wanita tentunya akan memiliki gaya dan jenis pakaian wanita yang tidak sama. Ada yang suka dengan gaya feminim dan ada yang lebih suka...

Malang Raya

Malang post – Kemenkumham korwil Malang deklarasi janji kinerja 2022 di Lapas Wanita Klas IIA Malang, Selasa (25/1). Jajaran samping, yaitu Kodim 0833 Kota...