Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Lantik Empat Kepala OPD, Ini Wejangan Dewanti

Pelantikan empat kepala OPD di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani Kota Batu

Malang Post – Empat jabatan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Batu yang sebelumnya lowong kini telah terisi. Setelah sebelumnya melalui berbagai tahapan proses seleksi lelang jabatan. Mulai dari seleksi administrasi, asesmen, tes wawancara dan uji gagasan.

Empat kepala OPD yang dinyatakan memenuhi syarat ini dilantik Jumat (4/6/2021). Dilakukan Walikota Batu, Dewanti Rumpoko. Dilaksanakan di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani Kota Batu.

Baca Juga ----------------------------

Empat nahkoda baru yang dilantik sore itu adalah: Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Batu, Dyah Lies Tina Purwaty. Sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Pemerintahan. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Onny Ardianto sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Diskominfo.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Santi Restuningsasi sebelumnya menjabat sebagai Kabag Perekonomian dan SDM. Serta Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Bangun Yulianto yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Walikota Batu, Dewanti Rumpoko

“Di manapun tempat dan jabatan yang diberikan, ASN harus mampu dan cepat beradaptasi. ASN harus baik dan patuh menjalankan perintah atasan. Sesuai prosedur dan syarat yang berlaku,” pesan Dewanti.

Dia mewanti-wanti kepada seluruh ASN. Agar bekerja dan berkarya sebaik mungkin. Karena hasil kerja dan karya yang dibuat, akan dinilai oleh orang lain, bukan diri sendiri. Apa yang dikerjakan harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Sehingga mempunyai manfaat untuk orang lain dan masyarakat.

“Kita semua adalah keluarga besar yang harus saling menjaga. Sehingga ketika sakit satu ya sakit semua begitu pula sebaliknya,” katanya.

“Saya tahu tidak semua puas atau senang dengan jabatan baru serta kondisi baru. Namun sebagai ASN, di manapun berada itu adalah sebuah komitmen yang harus dipegang teguh. Dengan menjunjung tinggi semua ketentuan yang telah ditetapkan,” sambungnya.

Dewanti berharap, dengan dilantiknya pejabat baru Pemkot Batu, sistem dalam pemerintahan bisa berjalan semakin baik dan lancar. Karena melalui hal tersebut, pasti akan mendapatkan suatu hasil yang baik.

Pada pelantikan Jumat sore itu, Dewanti tak hanya melantik pejabat pimpinan tinggi pratama saja. Namun dalam pelantikan tersebut juga dilakukan pengambilan sumpah jabatan administrator, pengawas dan fungsional. Sehingga untuk total seluruh ASN yang dilantik ada 106 ASN.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kota Batu, Siswanto menerangkan, setelah dilakukannnya prosesi pelantikan ini masih ada dua jabatan kepala OPD yang kosong yakni Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (DPKP) serta Kepala Inspektorat. Selain itu juga ada Asisten 3 dan Staf Ahli.

“Untuk Kepala DPKP kami akan melakukan open bidding. Namun untuk waktunya masih menunggu rekomendasi dari KASN. Misalkan rekomendasi itu turun tiga hari lagi, kami akan melakukan open bidding saat itu juga,” ujarnya.

Sementara itu, untuk sistem rekrutmen Kepala Inspektorat pihaknya masih akan menunggu rekomendasi dari Wali Kota. Dengan melakukan rekrutmen menggunakan sistem open bidding atau menggunakan sistem pergeseran.

“Kami masih menunggu rekomendasi dari Bu Wali. Kalau melalui pergeseran prosesnya akan lebih cepat. Karena peserta langsung melakukan uji kompetensi, dilihat hasilnya, dipilih yang terbaik, lalu pelantikan,” ujarnya.

Sedangkan untuk rekrutmen Asisten 3 secara otomatis akan dilakukan dengan sistem pergeseran. Dengan mencari Kepala Dinas senior dan dirasa mumpuni untuk menempati jabatan tersebut. Disisi lain, dia juga mengungkapkan pada tahun 2021 ini akan ada 95 ASN yang pensiun. Sedangkan pada tahun 2022 mendatang ada 110 ASN Pemkot Batu yang pensiun. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Kematian akibat Covid belakangan ini meningkat. Ternyata, tidak hanya meninggalkan cerita pilu. Bisa dilihat dari tingginya angka kematian berbanding lurus dengan pesanan...

Malang Raya

Malang Post – Pemandangan berbeda nampak di kawasan Alun-alun Kota Batu. Selama PPKM Darurat, hingga kini menjadi Level 4. Kawasan tersebut dilakukan sterilisasi. Sehingga sepi...

headline

Malang Post– Tiga warga di Kota Batu menerima ancaman pembunuhan. Ketiganya resmi melapor ke kepolisian Polres Batu, Rabu (21/7/2021).  Ketiganya selama ini berprofesi sebagai...

Malang Raya

Malang Post – Profesi dan masyarakat di kelurahan terdampak PPKM Darurat mulai mendapat Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Pemkot Batu. Masing-masing mendapatkan bantuan sebesar Rp...

headline

Malang Post – Proses vaksinasi di Kota Batu terus digencarkan. Antusiasme masyarakat ikut vaksinasi makin bergelora. Berbeda saat awal vaksinasi dulu. Banyak masyarakat yang menolak....

headline

Malang Post —  Seorang petugas keamanan berinisial W, diamankan Satreskrim Polres Batu. Pasalnya ketahuan merusak portal penyekatan jalan tikus di perbatasan Kelurahan Dadaprejo dengan...

Malang Raya

Malang Post – Selama proses pembangunan Pasar Induk Kota Batu, pedagang akan direlokasi. Arealnya di sekitaran Stadion Brantas Kota Batu. Agar arus lalu lintas lancar,...

Malang Raya

Malang Post – Ini menjadi contoh buruk bagi seluruh masyatakat. Karena sudah sangat jelas, sepanjang penerapan PPKM Darurat, dilarang mengumpulkan banyak massa.  Namun ketentuan...