Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Psikologi UMM Raih Sertifikasi AUN-QA

Berbagai aktifitas kampus prodi Psikologi UMM. (istimewa)

Malang-Post – Program Studi (Prodi) Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali mengukuhkan diri di dunia internasional. Sukses meraih sertifikasi ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA). Ada dua proses yang harus dilalui oleh Prodi Psikologi agar bisa memperoleh sertifikasi ini, yakni proses berkas dan visitasi.

Saat ditemui, Selasa (1/6/2021) Muhammad Salis Yuniardi S.Psi M.Psi PhD, Dekan Fakultas Psikologi UMM menjelaskan. Proses sertifikasi ini telah dimulai sejak tahun 2020. Ada juga agenda visitasi yang dihadiri dua asesor internasional dari Malaysia dan Thailand. 

Baca Juga ----------------------------

“Visitasi tersebut masih dilaksanakan daring, mengingat pandemi belum berakhir. Alhamdulillah berjalan dengan lancar dan kami sudah tersertifikasi,” ungkapnya.

Menurutnya, penilaian sertifikasi AUN-QA memiliki perbedaan dibanding BAN-PT. Hal inilah yang menjadi tantangan bagi mereka. Salah satunya, penilaian lulusan yang akan dihasilkan. Mulai dari kurikulum yang berbasis output maupun proses untuk mencapai hal tersebut.

Adapula beberapa detail yang menjadi penilaian penunjang perkuliahan Yakni fasilitas bagi difabel, penanggulangan bencana hingga alat antisipasi kebakaran.

“Tentu sertifikasi ini menjadi langkah yang baik untuk mempersiapkan diri menuju akreditasi internasional. Dalam hal ini, Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA),” tegasnya.

Selain itu, Salis juga memaparkan beberapa kendala yang dihadapi Prodi Psikologi pada proses sertifikasi AUN-QA. Meski sudah ada, namun fasilitas untuk difabel dirasa masih kurang. 

“Meski begitu, para asesor menilai bahwa fasilitas UMM, khususnya Psikologi sudah sangat baik dan mumpuni,” tegasnya.

Ia berharap agar raihan ini tidak hanya sebagai simbol saja. Tapi harus dimanfaatkan seoptimal mungkin dalam berbagai aspek. Salah satunya dengan melebarkan kerja sama internasional. Di samping itu juga  sebagai persiapan untuk mendapatkan akreditasi di tingkat dunia.

Sementara itu ketua tim taskforce AUN-QA Psikologi UMM, Dian Caesaria Widyasari, S.Psi., M.Sc. menjelaskan. Raihan ini merupakan hasil dari kerja sama semua pihak. 

Menurutnya, tanpa sinergitas yang baik, sangat sulit menyelesaikan prosesnya. Apalagi ada berbagai berkas yang perlu disiapkan seperti Rancangan Pembelajaran Semester (RPS), laporan-laporan, workshop kurikulum hingga evaluasi pembelajaran.

Senada dengan Salis, ia juga merasa bahwa sertifikasi AUN-QA ini bukanlah akhir namun menjadi langkah awal yang strategis. Utamanya dalam usaha untuk internasionalisasi UMM serta Prodi Psikologi. 

“Bukan hanya sertifikasinya saja yang internasional, tapi juga semua aspek termasuk mindset juga harus internasional,” ungkapnya.

Prof Dr Syamsul Arifin, M.Si. selaku Wakil Rektor I UMM mengatakan Sertifikasi ini memliki peran penting bagi UMM. Satu diantaranya adalah memastikan tridharma dan caturdharma universitas berjalan dengan baik di level yang lebih luas. 

Selain itu juga memberikan pengakuan kepada para alumni di level ASEAN. Prodi juga bisa lebih mudah untuk bisa mengembangkan jejaring dan kolaborasi antar perguruan tinggi di Asia Tenggara.

Ia melanjutkan, tidak hanya Prodi Psikologi saja yang didorong untuk mengusahakan sertifikasi dan akreditasi internasional. Sebelumnya, Prodi Komunikasi, Peternakan, Pendidikan Biologi serta Manajemen juga telah memperoleh sertifikasi ini. 

“Kami sudah memproyeksikan berbagai prodi untuk mendapatkan akreditasi maupun sertifikasi di level internasional. Sebut saja Prodi Teknik Sipil, Ilmu Pemerintahan, Teknik Mesin, PAI, Akuntansi dan lainnya. Tentu saja tanpa mengesampingkan usaha untuk mendapatkan akreditasi nasional yang baik pula,” pungkasnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post – Program yang digencarkan Walikota Malang Drs H Sutiaji tentang lima strategi penanganan Covid mulai membuahkan hasil. Diantaranya Malpro (Malang beli produk lokal),...

Malang Raya

Malang Post – Setelah 37 tahun menjadi anggota polwan, Iptu Ni Made Seruni Marhaeni mengakhiri masa tugasnya di Polresta Malang Kota, pada usia 58 tahun....

Malang Raya

Malang Post – Ada yang menarik setelah rapat evaluasi Pemkot Malang dan Forpimcam Lowokwaru dan Blimbing. Walikota Malang Sutiaji dan peserta rakor mempraktekkan cara menggunakan...

Malang Raya

Malang Post –  Jumlah kasus Covid masih tinggi. Pemkot Malang pun menggelar rapat koordinasi dan evaluasi bersama Forum Koordinator Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam). Kali ini Kecamatan...

Malang Raya

Malang Post – Warga Kabupaten Malang menyambut antusias gelaran Vaksinasi Gotong Royong. Giat ini diselenggarakan IKA (Ikatan Keluarga Alumni) dan Keluarga Besar UB (Universitas Brawijaya),...

Pendidikan

Malang Post – Program akselerasi vaksinasi terus dilakukan pemerintah. Mulai dari tingkat pusat maupun di daerah. Tak ketinggalan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Ikut andil melakukan...

headline

Malang Post – Kementerian Agama Republik Indonesia menetapkan pemimpin baru beberapa institusi pendidikan di bawah naungannya. Salah satunya Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang...

Malang Raya

Malang Post – Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM) menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merupakan cara efektif. Menyediakan air minum kualitas aman (siap diminum) dan tidak...