Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Psikologi UMM Raih Sertifikasi AUN-QA

Berbagai aktifitas kampus prodi Psikologi UMM. (istimewa)

Malang-Post – Program Studi (Prodi) Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali mengukuhkan diri di dunia internasional. Sukses meraih sertifikasi ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA). Ada dua proses yang harus dilalui oleh Prodi Psikologi agar bisa memperoleh sertifikasi ini, yakni proses berkas dan visitasi.

Saat ditemui, Selasa (1/6/2021) Muhammad Salis Yuniardi S.Psi M.Psi PhD, Dekan Fakultas Psikologi UMM menjelaskan. Proses sertifikasi ini telah dimulai sejak tahun 2020. Ada juga agenda visitasi yang dihadiri dua asesor internasional dari Malaysia dan Thailand. 

Baca Juga ----------------------------

“Visitasi tersebut masih dilaksanakan daring, mengingat pandemi belum berakhir. Alhamdulillah berjalan dengan lancar dan kami sudah tersertifikasi,” ungkapnya.

Menurutnya, penilaian sertifikasi AUN-QA memiliki perbedaan dibanding BAN-PT. Hal inilah yang menjadi tantangan bagi mereka. Salah satunya, penilaian lulusan yang akan dihasilkan. Mulai dari kurikulum yang berbasis output maupun proses untuk mencapai hal tersebut.

Adapula beberapa detail yang menjadi penilaian penunjang perkuliahan Yakni fasilitas bagi difabel, penanggulangan bencana hingga alat antisipasi kebakaran.

“Tentu sertifikasi ini menjadi langkah yang baik untuk mempersiapkan diri menuju akreditasi internasional. Dalam hal ini, Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA),” tegasnya.

Selain itu, Salis juga memaparkan beberapa kendala yang dihadapi Prodi Psikologi pada proses sertifikasi AUN-QA. Meski sudah ada, namun fasilitas untuk difabel dirasa masih kurang. 

“Meski begitu, para asesor menilai bahwa fasilitas UMM, khususnya Psikologi sudah sangat baik dan mumpuni,” tegasnya.

Ia berharap agar raihan ini tidak hanya sebagai simbol saja. Tapi harus dimanfaatkan seoptimal mungkin dalam berbagai aspek. Salah satunya dengan melebarkan kerja sama internasional. Di samping itu juga  sebagai persiapan untuk mendapatkan akreditasi di tingkat dunia.

Sementara itu ketua tim taskforce AUN-QA Psikologi UMM, Dian Caesaria Widyasari, S.Psi., M.Sc. menjelaskan. Raihan ini merupakan hasil dari kerja sama semua pihak. 

Menurutnya, tanpa sinergitas yang baik, sangat sulit menyelesaikan prosesnya. Apalagi ada berbagai berkas yang perlu disiapkan seperti Rancangan Pembelajaran Semester (RPS), laporan-laporan, workshop kurikulum hingga evaluasi pembelajaran.

Senada dengan Salis, ia juga merasa bahwa sertifikasi AUN-QA ini bukanlah akhir namun menjadi langkah awal yang strategis. Utamanya dalam usaha untuk internasionalisasi UMM serta Prodi Psikologi. 

“Bukan hanya sertifikasinya saja yang internasional, tapi juga semua aspek termasuk mindset juga harus internasional,” ungkapnya.

Prof Dr Syamsul Arifin, M.Si. selaku Wakil Rektor I UMM mengatakan Sertifikasi ini memliki peran penting bagi UMM. Satu diantaranya adalah memastikan tridharma dan caturdharma universitas berjalan dengan baik di level yang lebih luas. 

Selain itu juga memberikan pengakuan kepada para alumni di level ASEAN. Prodi juga bisa lebih mudah untuk bisa mengembangkan jejaring dan kolaborasi antar perguruan tinggi di Asia Tenggara.

Ia melanjutkan, tidak hanya Prodi Psikologi saja yang didorong untuk mengusahakan sertifikasi dan akreditasi internasional. Sebelumnya, Prodi Komunikasi, Peternakan, Pendidikan Biologi serta Manajemen juga telah memperoleh sertifikasi ini. 

“Kami sudah memproyeksikan berbagai prodi untuk mendapatkan akreditasi maupun sertifikasi di level internasional. Sebut saja Prodi Teknik Sipil, Ilmu Pemerintahan, Teknik Mesin, PAI, Akuntansi dan lainnya. Tentu saja tanpa mengesampingkan usaha untuk mendapatkan akreditasi nasional yang baik pula,” pungkasnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

News

Malang Post — Brakkk!!!! Mobil Box N 9187 TI, Senin (18/10/2021) pukul 14.45 WIB menabrak teras rumah warga di Jl Raya Jatiguwi, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang. Teras...

News

Malang Post — Dua korban luka parah akibat tabrakan, Minggu (17/10/2021) siang di Jl Raya Wendit Timur Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Tabrakan ini melibatkan...

News

Malang Post — Diduga depresi masalah ekonomi, seorang penjual bakso Bareng, mengakhiri hidupnya. Senin (18/10/2021) siang, korban ditemukan tidak bernyawa di belakang gedung Kartini atau...

Malang Raya

Malang Post – Hari ini, Senin (18/10), ada ratusan warga di sejumlah lokasi yang menerima suntikan vaksin. Pertama, vaksinasi di balai RW 02 Kel...

Malang Raya

Malang Post – Tim gabungan penanganan covid-19 di Kota Malang tidak henti-hentinya menggelar operasi yustisi untuk mengingatkan adanya PPKM level II. Minggu, 17 Oktober...

headline

Wujudkan Harapan Warga, Dorong Indonesia Bangkit Malang Post – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno meraskan sendiri menginap di home stay Desa...

Malang Raya

Malang Post – Letak geografis dan topografi Desa Oro-oro Ombo yang berada di sebelah selatan lereng Gunung Panderman, menawarkan panorama Kota Batu nan indah...

Pendidikan

Malang Post – Tax Innovation (Tax-i) Competition 2021 merupakan event tingkat nasional terbaru yang diselenggarakan oleh Tax Center Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (UM)....