Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Vaksin Pelayan Publik Lebihi Target, Lansia Masih Lemah

Proses vaksinasi yang berlangsung di Pasar Sayur Kota Batu dan Hotel Purnama, Jumat (28/5/2021). (istimewa)

Malang-Post – Pemkot Batu melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu terus menggeber proses vaksinasi tahap II bagi pelayan publik dan lansia. Sesuai jadwal pemerintah pusat, proses vaksinasi tahap II harus rampung Mei 2021. Target sasaran nasional sekitar 33 juta orang. Termasuk 16,9 juta petugas pelayanan publik dan 21,5 juta lansia.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Batu, dr Susana Indahwati menjelaskan. Pada hari Jumat (28/5/2021) pihaknya tengah menggeber vaksinasi untuk pelayanan publik. Dilaksanakan di dua tempat yakni di Pasar Sayur dan Hotel Purnama.

Baca Juga ----------------------------

“Untuk vaksinasi di pasar sayur kami menargetkan ada 180 orang pedagang tervaksin. Berasal dari pasar induk dan pasar sayur Kota Batu,” ujar Susan kepada Malang Post, Jumat sore.

Sementara itu, untuk vaksinasi di Hotel Purnama. Pihaknya menyasar pelayan publik seperti pegawai perhotelan. Selain itu juga ada pedagang buah dan bunga yang berada di kawasan Kecamatan Bumiaji. Pihaknya menargetkan, untuk vaksinasi yang berjalan di Hotel tersebut bisa memvaksin 250 orang.

“Alhamdulillah target itu bisa terlampaui. Bahkan berdasarkan data hingga siang ini, yang sudah tervaksin mencapai 267 orang,” katanya.

Proses pelayanan vaksinasi berlanjut hingga Jumat sore. Sebagai bentuk fasilitas Dinkes Batu untuk pedagang bunga dan buah yang ada di kecamatan tersebut.

“Untuk total keseluruhan vaksinasi pada hari ini, kami menargetkan 400 orang tervaksin dosis pertama. Sedangkan untuk vaksin yang kami gunakan pada hari ini adalah vaksin Astrazeneca,” terangnya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, untuk target vaksinasi kepada pelayan publik sesuai yang didaftarkan di KPC PEN saat ini sudah melebihi target. Karena yang didaftarkan di KPC PEN hanya 9007 pelayan publik. Sedangkan untuk vaksinasi pelayan publik sudah mencapai 13.901 atau 154.34 persen.

Perbedaan sangat mencolok terjadi pada capaian vaksinasi lansia. Dari 14.443 baru ada 3.241 lansia yang tervaksin atau 22.44 persen. Oleh karena itu, pada esok hari, Sabtu (29/5/2021) pihak Dinkes Batu bakal mengagendakan gebyar vaksinasi lansia.

“Untuk gebyar vaksinasi lansia, saat ini kami sudah mempersiapkan mulai SDM, logistik, vaksin dan jaringan internet. Untuk SDM kami mendapatkan bantuan 20 nakes dari Poltekes Malang,” jelasnya.

Gebyar vaksinasi itu dilakukan di tujuh tempat. Terdiri dari lima Puskesmas yang ada di Kota Batu, diantaranya adalah Puskesmas Batu, Sisir, Bumiaji, Beji dan Junrejo. Serta dua tempat umum, diantaranya adalah Lippo Plaza dan Hotel El Royal Kartika Wijaya.

“Untuk total dosis vaksin yang kami sediakan ada sebanyak 1350 dosis. Nanti total dosis itu akan dibagi. Setiap Puskesmas akan mendapatkan kuota vaksin sebanyak 150 dosis sedangkan untuk tempat umum mendapatkan kuota 300 dosis vaksin,” tandasnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

News

Malang Post – Kemenangan besar diraih tim Arema FC Women. Tak tanggung-tanggung 26-0, pada laga pembuka  turnamen Women Open Sriwijaya FC Championship 2021, Minggu (13/6/2021). Bahkan...

Arema

Malang Post – Jelang 25 hari kick off kompetisi Liga 1-2021/2022, kubu Arema FC justru harus kehilangan satu dari tiga asisten pelatihnya, pekan depan. Padahal head coach anyar tim...

Arema

Malang Post – Presiden Arema FC, Gilang Widya Pramana telah mengklaim. Segera mendaratkan satu pemain bertahan. Dengan label tim nasional. Bahkan Crazy Rich dari Malang...

News

Malang Post – Tabrakan Minggu (13/6/2021) pukul 08.00 di Jl Ki Ageng Gribig depan toko Kue Lumpur Bakar Kota Malang, menggegerkan warga sekitar. Pikap yang...

Pendidikan

Malang Post – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) telah meluncurkan Program Kampus Merdeka untuk perguruan tinggi. Mendukung kebijakan tersebut, Universitas Negeri Malang (UM)...

News

Malang Post –  Usai antar istri berangkat kerja, seorang Ketua RT tertabrak KA Matarmaja di perlintasan kereta api tanpa palang pintu, Jl  Zaenal Zakse...

News

Malang Post –  Usai tangani orang tertabrak kereta api, Kapolsek Kedungkandang, Kompol Yusuf, Minggu (13/6/2021) siang, baru saja masuk halaman Polsek, langsung berlari ke...

Malang Raya

Malang Post – Pemkab Malang yakin proyek pembangunan tol Malang-Kepanjen dimulai 2022. Apalagi, saat ini, proyek tersebut masih akan dibahas persiapan pembebasan lahannya oleh...