Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Dinas Pariwisata-Polisi Kolaborasi Berantas Peredaran Narkoba, Begini Caranya

Teatrical edukasi bahaya narkoba yang disajikan Polres Batu dan Dinas Pariwisata Kota Batu kepada masyarakat dan wisatawan. (foto ananto)

MalangPost.Com-  Polres Batu  bersama Dinas Pariwisata Kota Batu berkolaborasi menekan peredaran narkoba.  Dua instansi ini menggunakan cara dengan menampilkan drama teatrikal. 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As-Sidiq mengatakan, drama teatrikal  merupakan kegiatan baru untuk media sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba. 

Baca Juga ----------------------------

“Kegiatan ini diproduksi oleh Dinas Pariwisata Kota Batu dan Polres Batu. Bertujuan untuk menekan angka persebaran narkoba di Kota Batu,” jelas Arief kepada ameg.id, di sela-sela pertunjukan teatrikal, Sabtu (22/5/2021) sore, di Alun-alun Kota Batu.

Drama teatrikal berisikan, pihak kepolisian menampilkan bahwasanya narkoba itu sangat berbahaya. Oleh sebab itu, pihaknya berharap melalui pentas tersebut masyarakat bisa teredukasi mengenai bahaya narkoba.

“Untuk kedepannya selain menggelar kegiatan seperti ini di Alun-alun Kota Batu. Kami berencana  menggelar di tempat umum lain. Contohnya seperti di pendopo yang ada di desa-desa ataupun di destinasi wisata,” kata Arief. 

Kasat Resnarkoba Polres Batu, Iptu Yussi Purwanto menjelaskan, digelarnya pentas teatrikal dengan mengusung tema bahaya penggunaan narkoba, merupakan salah satu bentuk edukasi dari kepolisian tentang bahaya narkoba kepada masyarakat.

“Kegiatan ini juga sesuai arahan dan instruksi dari Bapak Kapolda Jawa Timur. Kami diinstruksikan untuk memberi edukasi preventif agar masyarakat paham perihal bahaya narkoba,” ujarnya.

Dalam hal pemberantasan narkoba, selain menggandeng instansi pemerintahan seperti Dinas Pariwisata, pihaknya  telah menggandeng BNN Kota Batu dalam hal pemberantasan narkoba di Kota Batu.

Kata dia, untuk peredaran narkoba di Kota Batu saat ini masih sangat banyak. Mulai dari masyarakat Kota Batu hingga para wisatawan yang datang.

Sementara itu, Kabag Binopsnal Polda Jatim, AKBP Deni Kuncoro Feri Wibowo, mengapresiasi upaya Polres Batu dan Dinas Pariwisata Kota Batu untuk memberantas narkoba.  Menurutnya, melalui pertunjukkan teatrikal  dapat menarik banyak masyarakat untuk menonton.

“Diharapkan pesan yang ada di dalam drama teatrikal yang ditampilkan bisa sampai kepada masyarakat. Sehingga mereka paham bahaya narkoba itu seperti apa dan dampaknya bagaimana. Jika mereka sudah paham, secara otomatis akan menjauhi narkoba,” ujarnya.

Kata dia, peredaran narkoba saat ini masih sangat marak pada anak remaja dan para pemuda yang usainya masih produktif. Oleh sebab itu, dia berpesan kepada masyarakat Kota Batu, terlebih sebagai Kota Wisata apabila ada masyarakat atau wisatawan yang menggunakan narkoba untuk bisa segera dilaporkan kepada pihak berwajib.

“Narkoba adalah barang yang sangat berbahaya. Maka dari itu, jangan sekali-kali mencoba narkoba. Karena dengan mencoba narkoba adalah awal dari kematian,” tegasnya.- (ananto) 

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu menjadi desa kedua yang dinobatkan sebagai Kampung Tangguh Bersih Narkoba (Bersinar) oleh Polres Batu. Sebelumnya di...

headline

Malang Post – Gara-gara untung dari jual beli daun ganja kering, penjual kue ini berurusan dengan Polsek Kepanjen. Pelanggan seorang tukang las pun ikut tercebur...

Malang Raya

AMEG – Polres Batu mewanti-wanti anggotanya agar tak main belakang dengan narkoba. Jika sampai ketahuan ada anggota yang bermain, maka sanksi tegas siap menghantam anggota...

headline

AMEG – Kebijakan larangan mudik, secara resmi diberlakukan sejak 6-17 Mei 2021. Namun begitu, masyarakat masih diberi kelonggaran. Tidak hanya melakukan mobilitas di wilayah...

Malang Raya

AMEG – Sejumlah personel Satnarkoba Polres Malang menjalani test urine pada Rabu (5/5/2021) siang. Test urine yang dilakukan secara periodik atau berkala tersebut berfungsi...

Malang Raya

AMEG-Idjen Talk pagi tadi, di Radio City Guide, Wakapolres Kota Batu, Kompol Suharsono mengatakan, menjelang lebaran tahun ini, tidak terjadi peningkatan kasus kejahatan.Meski begitu,...

News

AMEG – Sebuah video viral menggambarkan polisi menghadapi Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) bersenjata clurit, di kawasan Blimbing, Kota Malang. Video berdurasi sekitar 42...

Opini

Kasus narkoba mulai bermunculan kembali di Malang, setelah Kepolisian Daerah Jawa Timur ( Polda Jatim) menangkap enam tersangka kasus narkoba. Penangkapan para tersangka buntut...