Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Definisi Membaca dan 5 Tips Supaya Mudah Menangkap Makna Bacaan

Malang-post.com – Membaca merupakan proses memahami dan menangkap makna serta menggunakan informasi yang dibacanya. Menurut KBBI sendiri, makna membaca adalah melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis dengan melisankan atau hanya dalam hati.

Kekeliruan selama ini terjadi dimana penyederhanaan pada definisi membaca yang hanya dimaknai sebagai membaca literal. Pembelajaran di kelas selama ini absen dalam mengajarkan strategi menangkap hingga menganalisis pesan dari sebuah bacaan. Hal tersebut juga berimplikasi pada pengukuran kemampuan membaca yang hanya berfokus pada pengukuran membaca literal.

Baca Juga ----------------------------

Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa lebih mudah menangkap makna bacaan? Simak beberapa tipsnya berikut ini

1. Membaca scanning

Agar Anda bisa mengetahui apa yang mau Anda ingat dan pahami dari suatu bacaan, maka menerapkan teknik membaca scanning bisa diterapkan. Teknik membaca ini fokus pada informasi tertentu saja, atau bisa dibilang teknik membaca loncat. Proses membaca Anda hanya mengarah pada detail khusus yang menurut Anda penting untuk diketahui.

Dalam satu waktu otak kita hanya dapat mengingat 4-7 potongan informasi saja. Misalnya, kata, kalimat, nomor, dan angka. Oleh karena itu, Anda harus memilih informasi yang spesifik supaya bisa masuk ke ingatan jangka panjang atau long term memory. Dengan teknik membaca scanning, Anda lebih mudah menyerap dan mengingat informasi spesifik yang ingin diketahui. Biasanya, scanning digunakan untuk menjawab infomasi detail tentang 5W + 1H pada suatu bacaan.

2. Membaca skimming

Selain teknik scanning, Anda juga bisa menerapkan skimming untuk memahami bacaan dengan mudah. Teknik skimming merupakan sebuah keterampilan membaca cepat untuk mendapatkan gambaran umum tentang sebuah teks. Anda hanya perlu membaca sekilas untuk mencari gagasan utama atau inti paragraf suatu bacaan. Setelah mengetahui gagasannya, akan lebih mudah untuk Anda memahami isi teks secara keseluruhan.

Dalam penerapannya, teknik scanning dan skimming biasanya dilakukan bersamaan. Triknya, Anda bisa membaca kalimat pertama saja untuk tiap paragraf. Perhatikan paragraf terakhir dan simak hal yang menjadi penekanan. Temukan juga kata-kata yang mendapat perlakuan khusus seperti bold, miring, atau garis bawah.

3. Membuat mind mapping

Setelah Anda mengetahui gagasan dari tiap paragraf dari suatu bacaan, maka Anda perlu memetakan informasinya dengan membuat mind mapping. Pemetaan tersebut harus berkaitan satu sama lain dan tidak boleh dibuat acak. Tujuannya adalah agar lebih mudah memahami dan mengingat pokok pemikiran, ide, atau kata kunci dari sebuah informasi secara detail dalam jangka panjang.

4. Menggarisbawahi hal penting

Saat menemukan kalimat penting yang menjadi inti dari suatu bacaan, Anda bisa menggarisbawahinya. Selain itu, menggunakan stabilo atau pulpen berwarna juga bisa memudahkan Anda untuk menandai bacaan. Cara ini akan memudahkan Anda saat mencari materi yang dibutuhkan untuk memahami bacaan karena akan menghemat waktu.

5. Lakukan pengulangan

Apabila Anda sudah paham dan memiliki informasi yang cukup terkait teks yang dibaca, maka Anda bisa melakukan pengulangan agar tetap ingat dengan bacaan tersebut. Pengulangan ini bisa dilakukan dengan menceritakan bacaan kepada orang lain, serta menuliskannya di blog pribadi atau catatan.

Itulah tadi definisi membaca dan tips mudah memahami makna bacaan. Sudah siap untuk menerapkannya? Atau ingin mengetahui tips lainnya? Anda bisa mengetahui cara meningkatkan kemampuan membaca dan memahami bacaan untuk persiapan Asesmen Nasional di Gurubinar.id dengan klik di sini.

Di kelas ini akan membahas apa itu membaca dan bagaimana pengukuran membaca yang komprehensif. Hasil pengukuran ini dapat dijadikan sebagai basis peningkatan kemampuan membaca dan memahami bacaaan. 

Di Gurubinar, guru bisa mengikuti berbagai kelas daring untuk meningkatkan kompetensi mengajar di kelas, mengikuti berbagai sesi webinar, materi inovasi belajar, menjadi master trainer dan ambasador untuk guru lainnya.

Gurubinar juga memiliki banyak pilihan kelas atau webinar yang dapat meningkatkan kompetensi para Guru. Hanya dengan sekali investasi, Anda sudah bisa mendapatkan akses selamanya, gratis bahan bacaan, gratis video pembelajaran, gratis worksheet, dan gratis portofolio. Menarik banget kan penawarannya?(*)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post — Kota Batu bakal menjadi sentra pembibitan jeruk purut di Indonesia. Hal ini menyusul permintaan ekspor jeruk purut yang sangat tinggi. Saat ini...

Malang Raya

Malang Post – Tim tracer Covid-19 Kota Malang menggelar tracing kasus di Jalan Kolonel Sugiono IV, Kelurahan Ciptomulyo, Sukun Kota Malang. Rabu, 20 Oktober...

headline

Malang Post — Kota Malang sudah masuk PPKM Level II, sesuai Inmendagri Nomor 53 Tahun 2021. Beberapa kampus mulai mengajukan Perkuliahan/Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Meski...

headline

Malang Post — Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Advokat Republik Indonesia (DPP PARI) menggelar silaturahmi antar advokat, Rabu (20/10/2021). Bertempat di RM Javanine, Jl Pahlawan Trip...

Pendidikan

Malang Post — Sejarah baru kembali ditorehkan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kali ini Program studi (Prodi) Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Peternakan UMM yang mencatatkan tinta...

Pendidikan

Malang Post — Dharma Wanita Persatuan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (DWP UIN Maliki) makin giat membina sekaligus menjalin keharmonisan antar anggotanya. Meski masih dalam...

News

Malang Post — Kepanikan terjadi, Selasa (19/10/2021) malam di sebuah rumah milik Semiati warga RT 03/RW 01 Desa/Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Sebuah tabung LPG 3...

News

Malang Post — Sehari sudah, tim gabungan SAR Malang Raya mencari keberadaan Paino (56) pemancing yang terhanyut saat sungai Brantas mendadak berarus deras. Selasa (19/10/2021)...