Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Tetap Balik Kanan Meski Non Reaktif

TES : Pemudik saat dilakukan rapit test, setelah dilakukan pemeriksaan terhadap kendaraan.

AMEG – Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, pasca perayaan Idul Fitri 1442, Polres Batu melakukan penyekatan serentak se-Jawa Timur pada Sabtu, (15/5/2021) mulai pukul 00.00 WIB.

Penyekatan itu bertujuan untuk mengantisipasi mobilitas masyarakat, yang hendak keluar dari zona dua wilayah aglomerasi. Terdiri dari Malang Raya, Kota/Kabupaten Pasuruan dan Kota/Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga ----------------------------

Untuk wilayah Kota Batu, pemeriksaan dan penyekatan dilakukan di Pos Pam Pendem, Jalan Ir Soekarno, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Setidaknya ada 33 orang personel gabungan yang diterjunkan.

Pada penyekatan serentak itu, juga dilakukan rapid test antigen secara random. Kepada pengguna jalan dari luar wilayah aglomerasi II, yang akan masuk ke Kota Batu.

Kapolsek Junrejo, AKP Diana Pujiastuti yang juga sebagai Kapospam Pendem menjelaskan, setidaknya ada delapan pengendara yang dilakukan pemeriksaan rapid test antigen secara acak. Semuanya menunjukkan hasil non reaktif atau negatif Covid-19.

“Ada delapan pengendara yang kami lakukan pemeriksaan rapid test antigen, secara acak. Dari hasil test antigen, semuanya tidak ada yang reaktif ataupun positif Covid-19,“ terang Diana kepada ameg.id, Sabtu (15/5/2021).

Yang dilakukan tes, kata dia, semuanya berasal dari luar Kota Batu. Seperti Surabaya, Blitar, Sidoarjo dan beberapa kota lain.

“Rata-rata pengendara yang kami berhentikan dan dilakukan pengecekan rapid test antigen, berasal dari Surabaya. Meskipun hasil test nya negatif, kalau mereka berasal dari luar Kota Batu, tetap kami putar balik ke daerah asal,” tegasnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Batu, AKP Indah Citra Fitriani menjelaskan,  pemberlakuan rapid test antigen secara acak, kepada pengguna jalan tersebut, sesuai instruksi dari Kapolda Jatim.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut untuk melakukan penyekatan serentak pada Sabtu 15 Mei, mulai pukul 00.00 WIB. Pada penyekatan ini, juga akan dilaksanakan pemeriksaan rapid test secara random kepada pengguna jalan, yang akan masuk ke Kota Batu,” jelas Indah.

Selain itu, dia juga menyampaikan, pengguna jalan tetap harus mematuhi peraturan yang telah ditetapkan, yaitu dengan dilengkapi surat tugas dan surat bebas Covid-19 minimal 1 x 24 jam yang masih berlaku.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan, total ada 215.997 kendaraan yang diperiksa di tiap pos penyekatan semua lini di Provinsi Jawa Timur. Baik di 9 titik wilayah perbatasan provinsi, maupun 20 titik perbatasan kabupaten/kota. Data itu disampaikan Khofifah setelah mendapat laporan dari Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta.

“Dari total tersebut, kendaraan yang diputar balik sebanyak 43.665 kendaraan,” kata Khofifah didampingi Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto saat berkunjung ke Jatim Park 3, Kota Batu (Sabtu, 15/5/2021).

Selain itu, terdapat 19 armada travel gelap yang diamankan petugas. Swab antigen juga dilakukan di semua lini pos penyekatan. Khofifah menyebutkan ada sebanyak 3.197 orang yang diperiksa swab antigen. Dari jumlah itu dinyatakan 21 orang positif hasil swab antigen. (avi)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Pendidikan

Malang-Post – Komitmen Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki Malang) yang sering dikatakan Rektor dan akademisi, menyongsong Smart and Green Islamic University...

Malang Raya

Malang-Post – Warga Kota Malang khususnya yang berlokasi di sekitar Jembatan Kedungkandang akan di manjakan dengan berbagai fasilitas baru. Dimana, Pemerintah Kota Malang melalui...

Malang Raya

Malang-Post – Stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Malang mengalami naik turun (fluktuatif). Bahkan rawan menipis, seiring dengan...

Olahraga

Malang-Post – Senam Anti Covid (Senavid)  kolaborasi Arema Media Group (Ameg) dengan Kodim 0833 Kota Malang, digelar lagi di Lapangan Rampal Kota Malang,  Minggu (13/6/2021)...

Malang Raya

Malang-Post – Minggu (13/6/2021) pagi, aparat gabungan kembali menggelar operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan. Dalam rangka PPKM Mikro di wilayah Kedungkandang, Operasi kali...

Dahlan Iskan

Mereka sudah vaksinasi. Sudah dua kali. Tapi, sembilan anggota DPRD Surabaya itu tertular Covid-19. Itulah headline Harian Disway edisi Jumat lalu. Itu menambah kekhawatiran...

Malang Raya

Malang-Post – Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona, S.E, M. Tr (Han) bersilaturahmi dengan Keluarga Besar Tentara Nasional Indonesia atau KBT, Sabtu...

Malang Raya

Malang-Post – Mayat bayi lelaki berusia kandungan sekitar enam sampai tujuh bulan ditemukan di Jl Abdul Ghani Atas, Kelurahan Ngaglik, Kecamatan/Kota Batu. Saat ditemukan,...