Connect with us

Hi, what are you looking for?

Beauty

Daun Kelor Cegah Penuaan Dini

Foto Ilustrasi

AMEG – Kelor, sudah akrab di telinga masyarakat kita. Turun-temurun dikenal sebagai tanaman yang berfungsi untuk mengusir makhluk halus. Mitos ini masih bertahan hingga era teknologi digital saat ini. Salah satu ungkapan yang sering didengar khalayak, “Dunia tak selebar daun kelor”. 

Daun kelor memang memiliki ukuran kecil. Namun siapa sangka. Meskipun tidak selebar dunia, daun kelor memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 

Baca Juga ----------------------------

Si hijau mistik ini dijuluki sebagai “The Miracle Tree, Tree for Life” dan “Amazing Tree”. Ratna Wulida Alfaini dan Lung Ayu Asti Wulan, Mahasiswa Farmasi UB memberikan ulasannya.

Kebutuhan masyarakat akan kosmetik dan produk kecantikan semakin meningkat. Indonesia menempati peringkat kedua sebagai negara dengan konsumsi kosmetik terbesar setelah India. Sedangkan pada sektor farmasi, Indonesia menempati ranking keempat. 

Tinggal di perkotaan dengan melakukan aktivitas di luar ruangan membuat kulit wajah sering terpapar polusi udara dan sinar matahari yang berlebih. Hal ini dapat mempercepat penuaan kulit. 

Sinar ultraviolet dalam matahari dan kandungan karbon monoksida pada asap kendaraan bermotor dapat menyebabkan kolagen rusak dan elastisitas kulit menurun. Akibatnya, muncul kerutan di wajah yang sering disebut sebagai keriput. 

Kelor, terutama pada bagian daun memiliki aktivitas antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan antioksidan pada daun kelor 7 kali lebih banyak dibandingkan vitamin C. Antioksidan merupakan senyawa yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel oleh radikal bebas seperti paparan sinar matahari berlebih, asap kendaraan bermotor, dan polusi-polusi lain yang dapat membuat tubuh menjadi kusam dan tidak sehat. 

Selain itu antioksidan juga dapat membantu memperlambat proses penuaan dengan mengganti sel-sel tubuh lebih cepat dari usianya. Selain kaya akan kandungan antioksidan, tanaman kelor juga dapat mengatasi kulit kering karena kurangnya asupan dari vitamin B2.

Dalam suatu penelitian, para ilmuwan telah meneliti khasiat kelor dalam mencegah penuaan dini. Berikut beberapa bentuk sediaan kosmetik dengan bahan aktif kelor :

1. Masker Wajah

Masker wajah merupakan salah satu bentuk kosmetik atau skincare yang paling diminati oleh kalangan remaja sampai dewasa. Formula masker wajah dengan penambahan 35% ekstrak daun kelor memiliki nilai daya hambat terhadap penuaan tertinggi sebesar 66,04%. Selain itu sediaan ini juga menunjukkan adanya aktivitas antibakteri yang dapat mencegah timbulnya jerawat.

2. Hand Body Cream

Pemberian krim daun kelor sebenarnya tidak memberikan pengaruh yang signifikan pada parameter kelembaban dan ukuran pori-pori wajah. Namun aktivitas antioksidan dalam sediaan hand and body cream menunjukkan persen penghambatan radikal bebas sampel cream. Penambahan ekstrak daun kelor 0,3% b/b dapat memberikan aktivitas penghambatan terhadap radikal bebas sebesar 72,6%.

3. Body Butter

Meskipun masih perlu dilakukan optimasi komposisi sediaan agar diperoleh sediaan yang lebih baik, ekstrak daun kelor dalam sediaan body butter dapat digunakan untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Body butter merupakan sediaan kosmetik berbentuk semi padat, berwarna hijau muda, dengan aroma khas lemak coklat. Namun jangan khawatir dengan aroma yang kurang menarik, karena telah banyak produk body butter daun kelor yang dipasarkan dengan penambahan berbagai aroma seperti mint atau mawar. Sediaan ini lembut dan mudah dioleskan. Serta tidak menimbulkan iritasi.

4. Gel

Sediaan gel tanaman kelor, dibuat dalam bentuk nanoemulsi gel dari minyak biji kelor. Pasti masih banyak yang asing dengan sediaan satu ini. Nanoemulsi adalah emulsi yang transparan dan stabil secara termodinamika. Berbeda dengan emulsi, sediaan nanoemulsi memiliki rentang ukuran partikel yang sangat kecil. Selain bermanfaat sebagai penghambat penuaan, nanoemulsi gel kombinasi minyak biji kelor dan oksibenzon (SPF 25,55) dapat dimanfaatkan sebagai tabir surya.

Selain digunakan sebagai teh dan tanaman hias, ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dari berbagai jenis skincare. Jadi kalian dapat menemukan kelor pada sediaan masker wajah, hand body cream, body butter, dan gel yang tentunya dapat mengatasi masalah penuaan dini bahkan dapat berfungsi sebagai sunscreen. Sudah siap mencoba? (yan)



Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang-Post – Edukasi pra nikah penting dilakukan. Mengingat pernikahan bukan sekedar menyatukan dua individu yang berbeda. Tapi menyatukan dua keluarga besar yang penuh dinamika...

Malang Raya

Malang-Post – Seorang warga Kelurahan Songgokerto bernama Nanang ditemukan tewas saat mencari rumput di Kelurahan Sisir, Kota Batu. Diketahui, Nanang sering mencari rumput di...

Malang Raya

Malang-Post – Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19, aparat gabungan menggencarkan operasi yustisi penegakan disiplin prokes. Digelar dalam rangka PPKM Mikro di wilayah...

Malang Raya

Malang-Post – Program vaksinasi Covid-19 di Kota Malang terus dilakukan. Selasa (15/6/2021) pagi, giliran warga RW 11 Kelurahan Cemorokandang yang divaksin.  Vaksinasi diikuti 150...

Opini

Indonesia adalah negara yang kaya. Kaya sumber daya alam dan kaya akan budaya. Membahas tentang kebudayaan Indonesia tentu bukan lah sutau hal yang asing...

Dahlan Iskan

Ini taruhan baru: apakah RUU Pajak akan ditarik oleh pemerintah atau diminta terus dibahas di DPR. Tokoh DPR dari Golkar jelas minta agar RUU...

Arema

Malang Post – Manajemen tim Arema FC, mendadak merilis dua unggahan pada akun resmi instagram mereka @aremafcofficial. Bergambarkan Diego Michiels dan bertuliskan; Welcome to Arema FC dan Selamat...