Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Selama Lebaran Sidomulyo Jadi Desa Tertutup

PORTAL : Ilustrasi penutupan jalan yang pernah dilakukan di Kota Batu.

AMEG – Tak hanya skala pemerintah kota saja, yang mengencangkan ikat pinggang, untuk menindaklanjuti larangan mudik dari pemerintah pusat. Di Kota Batu, Desa Sidomulyo menjadi salah satu desa, yang paling serius mengimplementasikan larangan tersebut.

Warga pendatang yang ingin menginjakkan kakinya di desa tersebut, wajib menunjukkan hasil rapid tes Antigen/PCR non reaktif. Peraturan itu dibuat, sebagai salah satu upaya untuk mencegah sebaran Covid-19 saat Idul Fitri 1442 H. Berlaku mulai 6-17 Mei 2021.

Baca Juga ----------------------------

Bahkan di Sidomulyo juga diterapkan pemberlakuan jam malam. Mulai pukul 22.00-04.30 WIB. Sepanjang jam tersebut, jalan akses menuju Desa Sidomulyo ditutup portal.

Kepala Desa Sidomulyo, Suharto menjelaskan, pemberlakuan kesepakatan itu terwujud, setelah digelar rapat dengan jajarannya untuk menindaklanjuti SE Wali Kota Batu.

“Jika pendatang tak bisa menunjukkan surat ketentuan yang telah disepakati selambat-lambatnya 24 jam, harus ada peran aktif dari ketua RT/RW dan anggota linmas, untuk melapor ke kepala dusun dan satgas Covid-19,“ terang Suharto kepada ameg.id, Sabtu (8/5/2021).

Dia juga menegaskan, pada saat H-1 hingga H+1 lebaran, akses jalan menuju Desa Sidomulyo akan ditutup selama 24 jam. Bertujuan untuk meminimalisir mobilitas masyarakat dan sebaran bahaya Covid-19.

Disisi lain, agar penerapan peraturan tersebut bisa semakin maksimal. Pihaknya akan memasang RT/RW dam disejumlah pusat keramaian di Desa Sidomulyo.

Ketua Asosiasi Petinggi Lurah dan Desa (APEL) Kota Batu, Wiweko menjelaskan, saat libur lebaran, setiap desa memiliki kebijakan sendiri-sendiri. Sesuai dengan hasil kesepakatan musyawarah.

“Sejauh ini di Kota Batu, sesuai informasi yang saya terima, baru Desa Sidomulyo yang menerapkan hal seperti itu,” ujar dia.

Sedangkan untuk desa/kelurahan lain masih belum memberlakukan. Bahkan di daerah kekuasaan Wiweko, yang juga merupakan Kepala Desa Oro-oro Ombo tak memberlakukan hal seperti itu.

“Walaupun tidak menerapkan, saya berpesan kepada setiap RT/RW agar menekankan peraturan protokol kesehatan kepada masyarakat sesuai anjuran pemerintah,” pintanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso menerangkan, untuk penutupan kampung, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada setiap masing-masing wilayah. Sesuai dengan kesepakatan antara masyarakat dan perangkat desa.

“Seperti itu diperbolehkan, karena hal tersebut bertujuan untuk mengantisipasi kejadian tak diinginkan dalam kondisi internal mereka,” katanya.

Selain itu, dengan dijalankannya aturan tersebut juga memiliki tujuan positif. Yakni agar kondisi daerah tersebut tetap safety. “Saya lihat di Sidomulyo saat ini statusnya hijau. Mungkin pemberlakuan aturan itu untuk menjaga status yang positif itu,” tandasnya. (avi)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post– Jabatan dan nama Kasat Pol PP Kota Batu, M Nur Adhim, dimanfaatkan untuk meminta dana ke pengembang di Kota Batu. Kasus ini...

Malang Raya

Malang Pos – Menyambut HUT ke 75 Bhayangkara  pada 1 Juli mendatang, Induk Koperasi Kepolisian Republik Indonesia (Inkoppol) bersama Kapusdokkes Polri dan Karumkit Polda...

News

Malang Post – Satgas Covid-19 Kecamatan Sumbermanjing Wetan bersama sejumlah relawan mendirikan dapur umum. Untuk memenuhi kebutuhan makan warga Dusun Rowoterate Desa Sitiarjo selama...

Malang Raya

Malang Post – Dusun Rowoterate, Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang dinyatakan zona merah Covid-19. Pasalnya, 5 warganya, teridentifikasi positif Covid-19 pada Sabtu...

News

Malang Post – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kecamatan Sumbermanjing Wetan benar-benar membatasi akses keluar masuk Dusun Rowoterate Desa Sitiarjo, sejak Minggu (20/6/2021). Langkah ini...

Malang Raya

Malang-Post – Pemerintah terus kebut vaksinasi Covid-19 untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity).  Kali ini warga RW 03 Kelurahan Sumbersari menjalani vaksinasi Covid-19 pada...

Pendidikan

Malang-Post – Selain pendidikan, pengajaran dan penelitian, pengabdian pada masyarakat juga bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi. Itu juga dilaksanakan  tim dosen Universitas Muhammadiyah...

Malang Raya

Malang-Post – Empat bakal calon Kepala Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Batu harus bersaing keras memperebutkan posisi puncak. Sebelum melakukan uji kompetensi...