Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Targetkan BLT DD Cair Sebelum Lebaran

SEBELUMNYA : Masyarakat Kota Batu saat mencairkan dana BLT DD beberapa waktu lalu.

AMEG – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Batu, menargetkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) bulan April dan Mei, bisa cair  sebelum Idul Fitri 1442 H.

Saat ini, penyaluran BLT DD di 19 Desa, baru rampung bulan Maret. Sehingga meski bulan April sudah lewat, penyaluran BLT DD masih belum terlaksana.

Baca Juga ----------------------------

Kepala DP3AP2KB Kota Batu, Mokhamad Forkan menjelaskan, salah satu kendala penyaluran BLT DD, karena ada peraturan baru. Yakni tak diperbolehkannya penyaluran BLT DD dengan dirapel.

“Ada di Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 222/PMK.07/2020 tentang Pengelolaan Dana Desa,” ujar Forkan kepada ameg.id, Kamis (6/5/2021).

Namun ditargetkan, pemberian BLT DD bisa selesai sebelum lebaran. Agar masyarakat bisa memanfaatkan dana tersebut, untuk membeli kebutuhan bahan  pokok jelang lebaran.

Besaran BLT DD yang diterima Rp300 ribu perbulan. Di Kota Batu, ada 2.050 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari 19 desa yang ada. Total dana yang dibutuhkan Rp615 juta, untuk mengcover keseluruhan KPM.

Forkan juga menyebutkan, lambatnya pengerjaan surat pertanggungjawaban (SPJ) dari pihak pemerintah desa, juga menjadi penghambat. Padahal pengerjaan SPJ, tak memerlukan waktu lama.

“Setiap penyaluran BLT DD, tim kami selalu datang. Tak hanya sekadar datang saja, tapi kami juga memberikan motivasi kepada Pemdes, agar SPJ segera diselesaikan. Agar pengajuan di bulan selanjutnya bisa segera dilakukan,” katanya.

Sebenarnya jika semua dokumen-dokumen yang diperlukan sudah lengkap, kata dia, pendistribusian BLT DD bisa rampung dalam waktu satu hari. Terlebih anggaran untuk program tersebut juga sudah tersedia.

“Anggaran sudah mangkruk-mangkruk (siap, Red.) tinggal mereka saja menindaklanjuti. Setelah itu Pemkot akan mendampingi dalam kepengurusan dokumen,” katanya.

Untuk mencapai target pencairan, pihaknya akan memanfaatkan keberadaan APEL (Asosiasi Petinggi Desa dan Lurah) Kota Batu. Untuk mengimbau anggotanya ketika selesai penyaluran, agar SPJ bisa segera diserahkan.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Petinggi Desa dan Lurah (APEL) Kota Batu, Wiweko menjelaskan, terlambatnya penyaluran BLT DD, merupakan dampak langsung dari keterlambatan pencairan DD dan ADD beberapa waktu lalu. Tahun sebelumnya, kata dia, pencairan DD dan ADD paling lambat Februari. Namun untuk tahun ini, baru cair awal Maret.

Oleh sebab itu, pengerjaan data dan SPJ BLT DD untuk Januari lalu, baru dikerjakan Maret. Kemudian data dan SPJ BLT DD Februari dikerjakan pada April kemarin. Serta data dan SPJ BLT DD Maret dikerjakan pada Mei.

“Kami tidak mau saling menyalahkan. Di Desa Oro-oro Ombo sendiri, pengerjaan SPJ dan data BLT DD untuk April masih 60 persen,” ujar pria yang juga menjabat Kades Oro-oro Ombo itu. (avi)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Pemkot Batu terus berupaya melakukan percepatan pembangunan Pasar Induk Kota Batu. Salah satunya dengan melakukan pemantapan detail engineering design (DED). Diketahui pembangunan...

Malang Raya

Malang Post – Empat jabatan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Batu yang sebelumnya lowong kini telah terisi. Setelah sebelumnya melalui berbagai tahapan proses seleksi...

Malang Raya

Malang-Post – Proses seleksi lelang jabatan empat OPD Pemkot Batu telah melalui empat tahapan. Mulai seleksi administrasi, asesmen di BKD Provinsi, tes wawancara dan...

Malang Raya

AMEG –  Vaksinasi lansia di Kota Batu masih rendah. Dari  target vaksinasi  14.443 orang lansia baru terealisasi  21.21 persen, atau sekitar 3064 lansia. Rendahnya...

Malang Raya

AMEG – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batu mencatat, 69 ASN tak masuk kerja di hari pertama kerja, pasca libur...

Malang Raya

AMEG – Pemkot Batu melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batu pada tahun 2021 ini akan melakukan pembenahan 160 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Untuk merenovasi...

Kriminal

AMEG – Kepergok mencuri sepeda motor maling berubah menjadi rampok di Sekarpuro Pakis. Perampokan terjadi tepat Kamis (13/5/2021) atau di hari Idul Fitri. Seorang...

Malang Raya

AMEG – Dampak larangan mudik, sangat terasa pada usaha jasa transportasi. Karena otomatis mobilitas masyarakat sangat terbatas. Menyebabkan menurunnya jumlah penumpang dan pendapatan jasa trasnportasi. ...