Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Kiat Sukses Alumni UMM di Student Day

SUKSES: Para alumni seusai memberikan kiat-kiat sukses mereka, setelah lulus dari UMM.

AMEG – Demi meningkatkan jiwa entrepreneur dan profesional mahasiswa, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) undang para alumninya, untuk memberikan motivasi.

Gelaran tersebut bagian dari Student Day 2021. Yang diselenggarakan secara luring di Basement Dome. Serta daring melalui kanal Youtube, Sabtu (24/04/2021).

Yang dihadirkan, Rio Hardiatma, S.Kep. Ners., MMR., Mohammad Taufiq Shaleh Saguato, SE., Jefri Hari Akbar, SH., MH., dan dr. Dedy Irawan, Sp.JP.

Langkah sukses Rio Hardiatma, untuk merintis Klinik Trio Husada, diawali tahun 2001. Masih berbentuk balai pengobatan, hingga akhirnya kini sudah berubah menjadi klinik rawat inap.

‘’Kita bisa loh menjadi nurspreneur. Yakni situasi di mana perawat memiliki kemampuan untuk menjalankan usaha di bidang keperawatan. Selain itu juga mampu mengintegrasikan nilai-nilai keperawatan yang didapat saat kuliah,’’ kata Rio.

Dari beberapa tipe nurspreneur yang ada, kata Rio, dimulai dari usaha klinik, educator, konsultasi institusi, bisnis sarana kesehatan serta homecare.

Usaha klinik misalnya, yang membuka jasa pengobatan melalui klinik yang disediakan. Berlanjut pada educator, yang memberikan pembelajaran dan pelatihan terkait keperawatan. Sementara itu, adapula konsultasi institusi yang bergerak pada konsultasi kesehatan.

‘’Perlu adanya pendidikan entrepreneurship yang bagus sehingga kita dapat menghasilkan sumber daya manusia melalui usaha yang kita jalankan,’’ ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Taufiq Saguanto, Founder dari Saguanto Custome Cilangkap dan Hotbottles Recycle Company, juga memberikan motivasi pada mahasiswa baru.

Dia menjelaskan bagaimana cara menghasilkan uang dari nol, menggunakan kreativitas. Ia bahkan menyebut dirinya sebagai pemulung kreatif yang mengkreasikan sampah menjadi barang berharga. 

‘’Dua kunci kesuksesan adalah tajam melihat peluang dan memiliki komunikasi yang baik. Persaingan ketat memang penting. Namun di era yang kini kita jalani, kolaborasi adalah kunci yang membukakan pintu kesuksesan,’’ jelas Taufiq.  

Jefri Hari Akbar yang juga diundang, menyampaikan hal yang tidak jauh berbeda. Berkuliah dan aktif organisasi, katanya, begitu penting untuk masa depan. Ia mengajak mahasiswa baru, untuk tidak takut akademiknya menjadi buruk dengan bergabung di organisasi. Dengan mengikuti kegiatan yang ada, mereka akan mendapatkan banyak pengalaman yang dibutuhkan dalam kehidupan. 

‘’Jangan takut menjadi mahasiswa yang aktif berorganisasi. Ada banyak skill dan ilmu yang tentu memberi pengaruh baik. Utamanya saat berada di dunia pekerjaan. Tapi jangan lupa untuk menyeimbangkannya dengan dunia akademik, yang menjadi tanggung jawab utama,’’ tutur Jefri.

Tidak ketinggalan juga, dr. Dedy Irawan, salah satu dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Rumah Sakit (RS) UMM. Dia memaparkan materi tentang bagaimana meraih sebuah kesuksesan.

Berawal dari cerita Dedy, yang menjadi salah satu dari beberapa dokter pertama di RS UMM. Kemudian melanjutkan perkembangan RS UMM, yang kini sudah memiliki fasilitas dan pelayanan yang bagus.

“Ketika kita ingin sukses, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan yang jelas. Kemudian berusaha sekuat mungkin untuk menggapainya serta tidak lupa untuk berdoa,” pesannya di akhir materi. (avi)

Click to comment

Leave a Reply

You May Also Like

headline

AMEG – Yudha (19), korban terseret arus Pantai Sendiki, Minggu (17/5/21) malam, ditemukan sudah tak bernyawa, meski kondisi tubuhnya utuh. […]

Pendidikan

AMEG – Kasus korupsi di Indonesia makin hari makin bertambah. Ini meresahkan. Tinuk Dwi Cahyani SH SHI MHum, Dosen Universitas […]

Nasional

AMEG – Ramadan tahun ini, berbeda bagi beberapa sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Khususnya mereka yang menempuh pendidikan di […]

Pendidikan

AMEG – Di tengah pandemi Covid-19, tak sedikit yang punya hobi baru, salah satunya adalah berkebun. Sepertihalnya warga Desa Kedungpedaringan, Kepanjen, […]

Malang Raya

AMEG – Selain bertujuan menekan angka persebaran Covid-19, larangan mudik juga berhasil menekan volume sampah di Kota Batu, karena mobilitas […]

headline

AMEG – Pondok Pesantren Nusantara di Dusun Sumbergesing RT06/RW06, Desa/Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Senin (17/5/21) siang, terbakar. Sekitar pukul 11.00 […]

Malang Raya

AMEG – Wawali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, langsung menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD), Senin […]

Malang Raya

AMEG – Pemkot Batu melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batu pada tahun 2021 ini akan melakukan pembenahan 160 Rumah Tidak Layak […]

headline

AMEG – Peraturan peniadaan mudik sudah diujung tanduk. Peraturan tersebut akan berakhir pada 17 Mei pukul 23.59. Setelah tahap peniadaan mudik […]

Malang Raya

AMEG – Hari terakhir pemberlakuan kebijakan larangan mudik, Senin (17/5/2021) sejumlah ruas jalan di Malang Raya sudah mulai dipadati kendaraan. […]

%d bloggers like this: