Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Bantuan untuk Prasejahtera dan Janda Dhuafa Terus Turun

Penerima bantuan pangan dari Pemkot Batu. (ano)

AMEG – Pada bulan penuh berkah ini, Pemkot Batu melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, bagikan 1.900 bantuan pangan. Ditujukan kepada masyarakat rawan pangan di Kota Batu.

Penyerahan dilakukan langsung oleh Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, kepada masyarakat rawan pangan, yang ada di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji. Setelah prosesi penyerahan itu, Dewanti bersyukur, karena pada setiap tahunnya penerima bantuan beras di Kota Batu, terus mengalami penurunan.

Baca Juga ----------------------------

‘’Tahun lalu penerima bantuan mencapai 2.500 orang. Namun pada tahun 2021 ini tinggal 1.900-an orang,’’ ujar Dewanti kepada ameg.id, Kamis (29/4/2021).

Penurunan tersebut diartikan, ada peningkatan kualitas hidup dalam masyarakat Kota Batu. Dewanti juga menuturkan, penerima bantuan ini adalah masyarakat yang belum tersentuh bantuan sosial lainnya.

‘’Sebelum penerima dinyatakan layak menerima bantuan ini, mereka terlebih dahulu harus melalui proses verifikasi dan validasi dari Dinas Sosial Kota Batu, serta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu,’’ terangnya.

Tak hanya bantuan pangan, Pemkot Batu  juga membagikan santunan kepada 4.000 anak yatim piatu melalui agenda Safari Ramadan.

‘’Lalu program Dinsos dengan memberikan bantuan melalui by name by dress yang diantarkan secara langsung,’’ kata Dewanti.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu, Sugeng Pramono menjelaskan, pemberian bantuan pangan ini bertujuan untuk membantu masyarakat miskin. Agar tak mengalami rawan pangan. Terutama akibat terdampak Covid-19 yang telah berlangsung sejak tahun lalu.

‘’Untuk tahun 2021, jumlah penerima bantuan ini sebanyak 1.977 KK dari 24 Desa/Kelurahan yang ada di Kota Batu,’’ jelasnya.

Bantuan yang diberikan kepada setiap masing-masing KK, berupa beras 10 kg setiap bulan.

Sementara itu, Kepala Desa Pandanrejo, Abdul Manan menjelaskan, jumlah penerima bantuan pangan dari Pemkot Batu, juga mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Jika tahun 2020 lalu ada 138 KK yang menerima bantuan. Saat ini turun menjadi 99 KK saja.

‘’Semoga kedepannya banyak masyarakat Desa Pandanrejo yang lebih sejahtera. Sehingga jumlah penerima bantuan bisa terus menurun,’’ ujarnya.

Dengan adanya pemberian bantuan tersebut, pihaknya mengaku sangat berterima kasih. Harapannya bantuan tersebut bisa meringankan beban dikala pandemi serta menjelang Idul Fitri.

‘’Untuk penerima di Desa Pandanrejo, masyarakat yang menerima adalah masyarakat prasejahtera dan golongan kaum janda dhuafa,’’ tandasnya. (avi) 

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Dahlan Iskan

INI soal 2 triliun juga. Kalau dikumpulkan. Dan lagi tulisan ini pasti aman: tentang durian. Disenangi di gurun sekaligus di kolam. Tidak mengenal agama...

Dahlan Iskan

AKHIRNYA saya bertemu dengan orang yang sangat dekat dengan Heryanti, putri bungsu Akidi Tio –yang menyumbang Kapolda Sumsel Rp 2 triliun itu. Kemarin malam...

headline

Malang Post – Penanganan korban gempa di Kabupaten Malang yang terjadi Sabtu 10 April 2021 hingga kini masih berlanjut. Saat ini Pemkab Malang masih melakukan...

Pendidikan

Malang Post – Peluang bisnis diluar negeri sudah saatnya dikembangkan. Maka informasi dan data terkait, punya arti penting. Menjadi dasar pengetahuan pengembangan. Dalam rangka itu,...

headline

Malang Post – Serah terima jabatan (sertijab) Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berlangsung beda. Cukup singkat. Dilakukan hybrid atau gabungan daring (dalam jaringan) dan...

Dahlan Iskan

SAYA menghubungi beberapa pengusaha besar. Apakah mereka ”tersinggung” oleh Aki. Terutama setelah Aki –begitu Akidi Tio biasa dipanggil–  tiba-tiba menyumbang Rp 2 triliun kepada...

Malang Raya

Malang Post – PMII Kota Malang, Kamis (29/7/2021) melakukan audiensi dengan Walikota Malang, Drs H Sutiaji. Terkait penerapan PPKM Level 4 di Kota Malang. Berlangsung...

Pendidikan

Malang Post – Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) melakukan Pengabdian Masyarakat. Memberikan bantuan 800 paket sembako dan paket kesehatan. Sasarannya, beberapa panti asuhan yang tersebar...