Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Mobil KaCa dan Bioling UMM Sambangi Korban Gempa

AMEG – Mobil Kamis Membaca (KaCa) dan Bioskop Keliling (Bioling) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), kembali mengaspal.

Usai menyambangi daerah Dampit dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), kali ini mereka hadir di Desa Sonowangi, Kecamatan Ampelgading, Malang, sejak Jumat (23/4/2021) kemarin.

Selain menyumbang makanan dan menghibur dengan permainan, juga mendongeng untuk meringankan trauma, yang dialami oleh anak-anak korban terdampak gempa. Bahkan juga menyiapkan bioskop keliling untuk warga sekitar.

Kedua mobil tersebut, berangkat menuju lokasi pada siang hari. Sampai di lokasi tepat saat adzan Ashar berkumandang. Mobil KaCa menuju tempat yang disediakan. Bioling langsung menuju lapangan untuk menyiapkan tayangan yang akan ditampilkan.

Anak-anak juga begitu antusias ketika Mobil KaCa datang. Beberapa asyik membaca buku. Yang lainnya sibuk dengan permainan dan dongeng yang disampaikan.

Terlebih lagi, tim Mobil KaCa berinisiatif menyuguhkan dongeng Moni dan Pino kepada anak-anak yang hadir. Mereka diajak untuk terus mengingat pentingnya menggosok gigi dua kali sehari.

Moni yang tadinya sukar sekali diajak membersihkan gigi, akhirnya rajin menyikat gigi karena mengalami sakit yang begitu parah.

‘’Hingga akhirnya, Moni kesakitan dan menangis. Untungnya dia sadar bahwa gosok gigi adalah kewajiban yang harus dibiasakan agar tidak ada kuman yang menempel,’’ kisah mahasiswa UMM.

Ditanya ihwal program yang berlangsung, Rektor UMM, Dr. Fauzan, M.Pd. menjelaskan, agenda ini merupakan satu dari rangkaian panjang program UMM Ramadan Berbagi serta UMM Berbagi untuk Negeri.

‘’Agenda ini sudah berlangsung sejak lama. Tidak hanya pada bulan Ramadan. Kami ingin hadir di tengah-tengah masyararakat terdampak gempa. Tidak hanya pada aspek fisik saja, tapi juga psikologis,’’ terangnya.

Fauzan juga mengungkapkan, UMM memiliki tekad untuk terus menebar manfaat di segala kondisi. Sementara aspek kesehatan dan psikologis seringkali dilupakan oleh masyarakat.

‘’UMM menghadirkan Mobil KaCa dan Bioling untuk mengembalikan keceriaan anak-anak, yang sedih mengalami gempa beberapa waktu lalu. Semoga, apa yang sudah kami usahakan, mampu memberikan dampak positif bagi korban gempa Malang Selatan,’’ harapnya.

Terpisah, Yadiono, Kepala Desa Sonowangi menyampaikan, kerusakan yang ada cukup banyak. Di salah satu dusun, ada sekitar 36 rumah yang rusak berat. Salah satunya bahkan roboh.

Ia juga mengaku, banyak warga dan anak-anak yang masih trauma akan kejadian bencana yang menimpa. ‘’Anak-anak menjadi mudah panik. Tidak jarang mereka takut ketika merasakan getaran mobil yang lewat,’’ jelasnya.

Pria asli Malang itu bersyukur, UMM hadir di tengah kepanikan yang melanda anak-anak. Banyak dampak positif yang dihadirkan. Trauma yang didapat sedikit-demi sedikit bisa terobati dengan hadirnya kegiatan trauma healing. Rini Restianingsih, salah satu orangtua mengungkapkan rasa senangnya. Apalagi melihat anaknya bisa tertawa bersama teman-teman lain. “Setelah gempa, anak saya mudah sekali panik dan menangis. Bahkan dia tidak mau tidur di kamar rumah, malah memilih tidur di dapur,” katanya.

Rini, panggilan akrabnya juga bersyukur, Mobil KaCa UMM bisa hadir di tengah-tengah masyarakat terdampak. Memberikan hiburan berupa permainan hulahup, memindahkan bola hingga pertanyaan-pertanyaan menarik bagi orangtua.

Alhamdulillah. Semoga sumbangsih berupa makanan dan hiburan ini mampu mengembalikan senyum anak-anak sekitar. Tentunya kami juga berdoa agar mereka yang membantu diberi balasan yang lebih baik,” pungkasnya. (avi)

Click to comment

Leave a Reply

You May Also Like

Pendidikan

AMEG – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali lakukan pendampingan dan pengembangan desa wisata. Kegiatan ini berangkat dari kerja sama yang […]

Pendidikan

AMEG – Mahasiswa UMM yang tengah mengikuti kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di Desa Kedungpedaringan, Kepanjen, Kabupaten Malang punya […]

Pendidikan

AMEG – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), kembali meraih prestasi tingkat nasional. Kali ini giliran tim dari Ilmu Komunikasi, yang […]

Malang Raya

AMEG – Bencana alam gempa bumi, yang mengguncang Kabupaten Malang, Sabtu (10/04/2021) lalu, mengakibatkan kerusakan pada sejumlah bangunan. Seperti rumah, sekolah […]

Malang Raya

AMEG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang fokus recovery, rehabilitasi dan rekonstruksi bangunan rumah yang rusak akibat gempa.  […]

Malang Raya

AMEG-Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menambah amunisi mobil andalannya. Setelah kedatangan mobil Kamis Membaca (KaCa) dan mobil Bioskop Keliling (Bioling), kini […]

News

AMEG – Kembali memberikan bantuan sekaligus menjalankan dakwah. Markaz Dakwah Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjalankan agenda […]

Pendidikan

AMEG – Kelompok 47 PMM UMM melaksanakan kegiatan pengabdian di Dusun Mojorejo, Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Salah satu […]

Pendidikan

AMEG – Mahasiswa UMM yang tengah mengikuti kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di Dusun Petung Wulung,  Desa Toyomarto, Kecamatan […]

Malang Raya

AMEG – Sebagai salah satu lokasi yang paling terdampak gempa, Desa Sumbertangkil, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, terus berbenah. Universitas Muhammadiyah […]

%d bloggers like this: