Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Jelang Lebaran, Tiga Ruas Jalan Kota Batu Diperbaiki

AMEG – Meskipun pemerintah pusat, telah mengeluarkan ultimatum larangan mudik pada tanggal 6-17 Mei 2021 dan diperpanjang mulai tanggal 22 April- 24 Mei 2021 mendatang. Namun tak menyurutkan segala persiapan, untuk menyambut libur panjang Idul Fitri 1442 H.

Salah satunya dengan melakukan perawatan ruas jalan kota. Bertujuan, ketika hari H perayaan Idul Fitri, kondisi jalan Kota Batu semakin mantab dan tak membahayakan pengendara.

Baca Juga ----------------------------

Kabid Bina Marga DPUPR Kota Batu, Dian Fachroni menjelaskan, untuk proses pemeliharaan jalan berkala, terutama jelang musim libur panjang hari raya. Saat ini pihaknya telah memulai proses pengerjaan perawatan jalan.

“Untuk proses pengerjaan perawatan jalan, kami akan melakukan setiap hari. Meskipun masuk hari libur kami tetap akan melakukan perawatan,” ujar Dian kepada ameg.id, Jumat (23/4/2021).

Untuk jalan yang dilakukan perawatan ada di tiga titik. Mulai jalan alternatif Wukir – Torongrejo, Jalibar – Junrejo dan Giripurno – Pandanrejo.

‘’Ketiga jalan itu saat ini juga sudah masuk dalam proses lelang pemeliharaan jangka panjang. Namun untuk menyambut lebaran sebagai langkah jangka pendek, tetap akan dilakukan penambalan jalan terlebih dahulu,’’ katanya.

Untuk proses penambalan ruas jalan Jalibar – Abdul Gani Atas, saat ini sudah mulai dikerjakan. Bahkan untuk kawasan jalan tersebut proses pengerjaan juga sudah hampir rampung.

‘’Untuk proses jangka panjang, di tiga jalur tersebut kami akan melakukan pembenahan overlay reguler. Dimana proses itu saat ini sedang masuk dalam tahap review desain dan proses lelang,’’ ujarnya.

Jalur kedua yang akan dilakukan perawatan adalah jalur alternatif Wukir-Torongrejo. Selanjutnya, jalur ke tiga yang akan turut diperbaiki, adalah ruas jalan Giripurno – Pandanrejo.

Ia menjelaskan, pemeliharaan jalan jangka panjang belum bisa dilakukan. Karena saat ini baru saja masuk pada triwulan kedua awal. Sehingga proses lelang dan sebagainya masih belum selesai. Karena untuk menyelesaikan hal seperti itu, memerlukan waktu yang cukup panjang.

Sehingga untuk perawatan jalan menjelang lebaran, pihaknya hanya bisa melakukan perawatan. Dengan melakukan penambalan lubang-lubang jalan. Namun yang jelas, ia menjamin jalur ruas kota akan dioptimalkan sebaik mungkin. Dalam sehari, pihaknya akan menurunkan tiga tim.

Dijelaskan, untuk total panjang tiga titik jalan yang dilakukan perbaikan memiliki panjang 11 Km. Dengan rincian, jalut Jalibar – Abdul Gani Atas sepanjang 6 Km, Wukir – Pandanrejo sepanjang 1,7 Km dan Giripurno – Pandanrejo sepanjang 3,3 Km.

“Untuk anggaran pemeliharaan jalan, menelan anggaran sekitar Rp600 juta – Rp800 juta,” ujarnya.

Pihaknya menargetkan, pengerjaan perbaikan jalan berlubang ditargetkan selesai pada  H-3 lebaran. Sedangkan untuk saat ini, proses pengerjaannya telah berjalan sekitar 50-60 persen. (avi)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Gotong royong warga membenahi jalan longsor di Sumbermanjing Wetan, Kamis (5/8/2021) siang sampai sore. Longsor tidak menimbulkan korban jiwa ataupun kerugian materiil. ...

headline

Malang Post – Koarmada II TNI Angkatan Laut (AL) menggandeng Pemkot Malang menggelar Serbuan Vaksinasi. Bertempat di Stadion Gajayana. Mulai 7 – 8 Agustus 2021....

Malang Raya

Malang Post – Pemkot Malang masih punya tanggungan soal aset. Dari ribuan aset yang dimiliki, hanya ratusan yang sudah bersertifikat. Data yang dihimpun reporter City...

headline

Malang Post – Perumahan tanpa nama ada di Dusun Sawahan, Desa Giripurno, Bumiaji, Kota Batu. Satpol PP pun menyegel lantaran tak punya izin. Kamis (5/8/2021)...

Malang Raya

Malang Post – PPKM berlevel berdampak pada sektor ekonomi. Khususnya bagi pengusaha maupun wirausaha. Namun, situasi ini tidak begitu mempengaruhi penjualan jamur milik Ismail, warga...

Pendidikan

Malang Post – Kemendikbud-RI bersama Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mendekatkan dunia pendidikan dan industri. Menggelar program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) bidang pertanian dan peternakan....

Malang Raya

Malang Post – Partai Demokrat (PD) Malang Raya (Kabupaten/Kota Malang-Batu) menggerakkan kadernya untuk menekan penyebaran virus corona. Ini patut diapresiasi. Lantaran membantu Pemerintah dalam upaya...

News

Malang Post – Korban Agung diketahui ber-KTP warga Dusun Kasin RT 12/RW 03, Desa Jombok, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Kamis (5/8/2021) sore ditemukan tewas di...