Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Atasi Pandemi Terkendala Herd Immunity

Prof. Dr. Haedar Nashir, M.Si., Ketum PP Muhammadiyah , dalam Kajian Ramadan yang digelar Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur.

AMEG – Dalam Kajian Ramadan yang digelar Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur, Prof. Dr. Haedar Nashir, M.Si., Ketum PP Muhammadiyah menyebut, kehidupan saat pandemi dan usai pandemi, harus senantiasa membangun sikap ramah lingkungan.

Selain itu, juga selalu mengeratkan solidaritas di masyarakat. Hal itu dilakukan tidak lain untuk kebaikan masyarakat bersama. 

Baca Juga ----------------------------

“Dalam menghadapi pandemi dan pasca pandemi, kita harus merekonstruksi kembali keimanan, ketakwaan dan tauhid. Sesuai interkoneksi antara hablum minallah dan hablum minannas. Jika keduanya bisa dilaksanakan dengan baik, kehidupan akan bisa baik pula. Selain itu, kita juga harus menumbuhkan sikap ta’awun agar dapat hidup bersama dalam keberagaman,’’ kata Haedar.

Dalam kajian yang dilaksanakan Sabtu (17/04/2021) melalui zoom dan kanal Youtube UMM serta TVMu itu, juga mengundang dr. Pandu Riono dan Prof. Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed sebagai pemateri.

Termasuk dihadiri Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, untuk membuka acara dan memberi sambutan. Mereka didapuk untuk memberikan pandangan dan kajian akan langkah dan usaha, yang bisa dilakukan di masa pandemi hingga usai.

Dikesempatan tersebut, dr. Pandu menerangkan terkait keadaan pandemi, yang sedang dihadapi. Menurutnya, pandemi di Indonesia akan sulit diatasi karena herd immunity yang sukar tercapai.

Hal ini terjadi karena berbagai faktor. Seperti masyarakat yang abai dengan protokol kesehatan dan virus Covid-19 yang terus bermutasi.

‘’Namun kita bisa mengendalikan pandemi jika 40 persen penduduk Indonesia sudah di vaksinasi. Selain itu masyarakat juga harus lebih sadar akan pentingnya protokol kesehatan,’’ ujar ahli Epidemiologi UI itu.

Selain dari sisi epidemiologi, kajian ini juga membahas langkah-langkah yang bisa diambil pemerintah setelah pandemi berakhir.

Khofifah mengatakan, ada tiga langkah yang akan di kembangkan pemerintah pasca pandemi. Seperti lapangan kerja, keterjangkauan akses digital dan keamanan masyarakat.

‘’Setelah berakhirnya pandemi, kami akan memprioritaskan sektor ketenagakerjaan, percepatan digitalisasi pada sektor esensial, serta meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan. Tidak berfokus pada kesehatan fisik saja, namun juga kesehatan psikologis,’’ terangnya lebih lanjut.

Pada kesempatan itu pula, Khofifah juga menilai, UMM telah banyak membantu dalam penangan pandemi di Jawa Timur. Salah satunya dengan memberikan berbagai solusi  dalam pengembangan sistem penanganan Covid-19 di rumah sakit.

“Selain itu, RS UMM juga telah membantu dalam menyediakan APD dengan mengajak UMKM untuk memproduksinya saat awal pandemi,” pungkas Khofifah. (avi)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Dahlan Iskan

Sudah 10 hari saya tidak menerima WA dari senior saya itu: Christianto Wibisono. Tumben. Biasanya hampir tiap hari beliau mengirimi saya info. Apa saja....

Malang Raya

Malang Post – Pemkot Malang terus menyalurkan bantuan sosial (Bansos) bagi masyarakat yang terdampak PPKM Level 4. Sabtu (24/7/2021), bansos disalurkan pada warga dua...

Dahlan Iskan

KALI ini yang mendapat giliran meninggal karena Covid adalah ulama perempuan: Prof Dr Huzaemah Tahido Yanggo, 71 tahun (lahir 30 Desember 1949 di Palu)....

headline

Malang Post – Program Studi Doktor (S3) Ekonomi Syariah Univesitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) membuka pendaftaran mahasiswa baru gelombang II pada 1 Juli...

Malang Raya

Malang Post – Zahidhan Syahrul Syofiudin (18) salah satu anak dari buruh tani serabutan. Berhasil lolos seleksi Bintara Polri tahun 2021, Kamis (22/7/2021) malam. Ini membuat bangga sekaligus mengangkat nama...

Pendidikan

Malang Post – Lima mahasiswa Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB) terinspirasi membuat body lotion yang mampu mencegah Covid-19. Indri Dwi...

Ekobis

Malang Post – PT Sekar Bumi Tbk, membukukan penjualan Rp 3,1 triliun tahun 2020. Naik 50 persen dari tahun sebelumnya. Keberhasilan emiten dengan kode perdagangan SKBM...

Dahlan Iskan

IA ada di dalam, tapi tidak sampai menjadi orang dalam. Itulah Sarwono Kusumaatmadja. Yang 24 Juli besok berulang tahun Ke-77. Saya baru selesai membaca...