Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Walikota Batu Cek Situasi Patung Gorila Batu Secret Zoo

Walikota Batu, Dewanti Rumpoko mengecek situasi dan kondisi patung gorila di Batu Screet Zoo Jatim Park 2

 AMEG – Gempa bumi yang melanda 90 Km barat daya Kabupaten Malang, Sabtu (10/4/2021) kemarin. Ternyata dampaknya tak hanya dirasakan di Kabupaten Malang saja. Namun, dampak goyangan gempa 6.7 Magnitudo itu juga berimbas hingga Kota Batu. 

Terparah, kerusakan akibat gempa terjadi di Batu Secret Zoo Jatim Park 2. Gempa bumi itu merenggut salah satu icon Batu Screet Zoo yang sudah berdiri selama 13 tahun. Icon itu adalah patung gorila. Yang saat ini telah kehilangan kepalanya. 

Baca Juga ----------------------------

Dengan adanya kejadian tersebut, Walikota Batu, Dewanti Rumpoko turun gunung untuk mengecek situasi dan kondisi patung gorila itu. Terlebih berita mengenai robohnya kepala patung gorila sempat viral di media sosial. 

“Kami ingin memastikan bahwa berita yang beredar di media sosial itu benar adanya. Seperti apa kondisi dan situasi sebenarnya di lapangan,” ujar Dewanti kepada malang-post.com, Minggu (11/4/2021). 

Setelah dilakukan pengecekan, lanjut Dewanti, ternyata keadaan patung gorila memang terdampak gempa. Ini disebabkan karena goyangan gempa yang sangat keras. Sehingga membuat struktur bangunan gorila jatuh. 

Meski begitu, dengan kondisi dan situasi seperti itu, pihaknya tetap bersyukur. Karena kejadian ini tak memakan korban jiwa. Dimana saat kejadian, situasi di sekeliling patung gorila itu tidak ada wisatawan yang sedang bermain. Sehingga material yang jatuh benar-benar terjatuh di tempat kosong. 

“Di bawahnya memang ada wahana permainan, namun pada saat itu situasi sedang hujan. Sehingga wahan permainan itu tidak difungsikan,” ungkapnya. 

Selain mengakibatkan rusaknya icon Batu Screet Zoo. Gempa bumi juga berdampak pada rumah-rumah penduduk dan fasilitas umum lain, namun dampaknya relatif ringan. Misalnya, ada rumah warga terdampak plafonnya rusak sedikit. Hal yang sama juga terjadi pada beberapa sekolahan terdampak. 

Dalam penanganan gempa bumi ini pihaknya juga bergerak cepat. Dimana, hari ini (kemarin.red) BPBD Kota Batu telah mengirimkan bantuan material kepada masyarakat yang terdampak gempa. “Material yang sudah kami distribusikan contohnya seperti plafon dan sejumlah material lain yang dibutuhkan,” tutur wanita 58 tahun ini.

Sedangkan untuk renovasi patung gorila, jika memang Batu Secret Zoo menginginkan bantuan nanti bisa mengajukan terlebih dahulu. 

Lebih lanjut, Dewanti juga menjelaskan, bencana alam gempa bumi merupakan salah satu bencana yang tak bisa diprediksi terlebih dahulu. Berbeda dengan gunung meletus atau curah hujan. Karena sebelum kejadian sudah dapat dipredikasi terlebih dahulu. 

Oleh karena itu, ia menghimbau kepada seluruh masyarakat. Apabila terjadi gempa bumi agar segera keluar dari gedung ataupun rumah untuk menyelamatkan diri. Sementara itu, dengan adanya bencana alam tersebut, Dewanti mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa menjaga kondisi lingkungan agar tetap kondusif. 

“Menjaga seperti apa?. Satu jangan membuang sampah sembarangan. Berikutnya, menanam pohon dan menjaga lingkungan dengan baik. Ketiga, ketika kita sudah menjaga lingkungan namun tetap saja ada bencana, jangan panik. Cepat selamatkan diri ketempat yang lebih aman, jangan memberatkan benda atau apapun di sekitar kita,” tandasnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post — Naik dokar dari rumah dinas, Walikota Batu, Dewanti Rumpoko bersama putri bungsunya, Raras Rumpoko, jalan-jalan di Alun-alun Kota Batu, Senin (18/10/2021) sore....

Malang Raya

Malang Post – Letak geografis dan topografi Desa Oro-oro Ombo yang berada di sebelah selatan lereng Gunung Panderman, menawarkan panorama Kota Batu nan indah...

headline

Malang Post — Perolehan pajak daerah Kota Batu dinilai loyo oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Karena dari target pendapatan pajak tahun 2021 sebesar Rp...

Malang Raya

Malang Post – Sambil olahraga santai berjalan kaki dari Rumah Dinas, Walikota Batu, Dewanti Rumpoko meninjau progres pembangunan tempat relokasi pedagang Pasar Besar Kota...

Malang Raya

Malang Post — Momen Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke 38 diperingati penuh suka cita. Puncak Haornas di Kota Batu diperingati dengan melakukan pelepasan atlet PON...

Wisata

Malang Post – Hangatnya suasana Yogyakarta, juga tersaji dalam dinginnya Kota Batu. Ya. Suasana itu kini dapat dinikmati di Angkringan ‘Asli Jogja’. Berada di komplek...

Malang Raya

Malang Post – Adanya tempat Isolasi Terpadu (Isoter) menjadi hal penting dalam kunjungan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan...

headline

Malang Post – Penanganan korban gempa di Kabupaten Malang yang terjadi Sabtu 10 April 2021 hingga kini masih berlanjut. Saat ini Pemkab Malang masih melakukan...