Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Founder Samator Group Bagi Kiat Sukses ke Wisudawan UMM

PENGALAMAN: Founder Samator Group, Ir Arief Harsono MM MPd.B saat berbagi kiat sukses ke wisudawan UMM, Selasa (4/6/2021)

AMEG – Founder Samator Group, Ir Arief Harsono MM MPd.B hadir di Malang. Berbagi kiat sukses. Meski kehadirannya virtual, tak mengurangi makna. Arief, panggilan akrabnya, memulai dari masa mudanya. Pabrik pertama yang didirikan bergerak di bidang gas asetilen di Gresik tahun 1975.

“Berawal dari satu pabrik. Kini sudah ada 150 cabang tersebar di 30 provinsi di Indonesia. Tidak hanya di satu bidang saja. Tapi merambah ke berbagai bidang dan produk,” ceritanya. Hasil yang dinikmati saat ini, bukan keberuntungan semata. Perjalanan bisnisnya tidak semulus yang dibayangkan. Bahkan tidak ada modal dari orang tuanya.

Baca Juga ----------------------------

“Pada waktu itu, saya memilih bekerja dulu. Minta ijin untuk diperbolehkan pergi ke tempat yang tidak ada keluarga dekat. Itu sebagai bukti, saya bisa bertahan hidup tanpa bantuan keluarga,” ungkapnya.

Arief membeberkan tujuh kunci kesuksesan. Pertama, menentukan tujuan. Jika tanpa tujuan, tidak akan bisa bergerak ke arah yang benar. Tidak bisa menentukan keputusan yang tepat. Kedua, adalah kesempatan. Kepekaan adalah modal utama mendapatkan kesempatan. Ketiga, adalah action. Karena percuma bisa menemukan berbagai kesempatan, tapi tidak ada hal yang dilakukan.

“Tidak akan ada hasil yang bisa didapat. Jika tidak ada action yang diambil. Dulu, ketika saya tahu ada kesempatan di bidang gas, saya langsung menyusun strategi. Mulai dari apa saja yang dibutuhkan. Siapa saja yang bisa diajak menjadi partner hingga menentukan gaya manajemen yang cocok,” tuturnya.

Keempat, agar sukses menjalan bisnis yakni kepercayaan diri. Ia mengungkapkan, masa mudanya tanpa sokongan harta dan pengalaman. Ini menyeramkan. Namun semuanya diterjang. Demi mencapai tujuan. Kelima adalah kegigihan. Juga menjadi hal krusial dalam hidup.

“Banyak orang yang tidak mampu menyelesaikan apa yang sudah mereka mulai. Maka kegigihan harus kita tanamkan sejak dini,” tegasnya.

Kunci keenam dan ketujuh, yakni koneksi dan kontribusi. Koneksi tidak hanya menyangkut hal bisnis saja. Namun juga menjadi esensi dalam menjalani hidup sebagai makhluk sosial. Hal yang tidak boleh dilupakan adalah kontribusi, baik bagi masyarakat maupun lingkungan.

“Sekali lagi saya tekankan. Sukses bukanlah suatu kebetulan. Kesuksesan adalah buah dari usaha, kerja keras, doa dan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa,” pungkas Arief di akhir kisahnya, dihadapan para peserta wisuda Universitas Muhamamdiyah Malang (UMM) Selasa (4/6/2021) di Dome UMM.

Rektor UMM, Dr Fauzan M.Pd memberi selamat kepada wisudawan yang dikukuhkan. Ia berharap agar ilmu dan pengalaman yang didapat bisa bermanfaat dan berkah bagi masyarakat. Selain itu, menjadi bekal menghadapi masa depan.

Fauzan juga berpesan, agar para wisudawan tidak mudah puas dengan ilmu dan pengalaman yang dipunya. Selalu berkembang agar mampu menjawab tantangan zaman.

“Tidak ada pilihan lain kecuali dengan menanamkan mindset yang fleksibel. Semoga bisa menjadi awal dari kesuksesan saudara-saudara,” ungkapnya. (jan) 

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Pendidikan

Malang Post – Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Masyarakat dapat berkomunikasi dan bisa mengakses berbagai informasi dari seluruh penjuru dunia dengan mudah. Salah satu media yang digunakan dalam mengakses informasi dan berkomunikasi adalah media sosial. Hampir semua orang tidak bisa terlepas dari penggunaan media sosial. Bahkan di dalam dunia pendidikan, media social menjadi salah satu media yang sering digunakan untuk mencari sumber literasi. Namun, kemudahan akses yang diberikan media...

Pendidikan

Malang Post – Mahasiswa Polinema (Politeknik Negeri Malang) bersemangat melahirkan inovasi bagi masyarakat. Kali ini diwujudkan melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Karsa Cipta. Tim...

News

Malang Post – Masker saat ini bukan sekedarnya. Namun menjadi keharusan di setiap aktivitas. Sejak pandemi Covid-19 terjadi. Lantaran berfungsi mencegah penyebaran virus. Namun, penggunaan...

headline

Malang Post – Pelaksanaan vaksinasi bagi warga Kecamatan Kepanjen mendapat respon positif. Bisa dilihat Minggu (25/7/2021). Sejak pukul 08.00, sudah dipadati warga. Vaksinasi ini digagas...

Malang Raya

Malang Post – Patroli gabungan pendisiplinan PPKM Level 4, dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19 kembali digelar.  Minggu (25/7/2021), aparat gabungan dari Polresta...

headline

Malang Post – Sampai saat ini, vaksinasi massal sudah menjadi minat masyarakat. Terbukti dari tingginya animo dan antrian yang mengular di lokasi vaksin di Kota...

Dahlan Iskan

Sudah 10 hari saya tidak menerima WA dari senior saya itu: Christianto Wibisono. Tumben. Biasanya hampir tiap hari beliau mengirimi saya info. Apa saja....

Pendidikan

Malang Post – Polybag adalah, kantong plastik berbentuk segi empat, biasanya berwarna hitam. Digunakan untuk menyemai tanaman dengan ukuran tertentu yang disesuaikan dengan jenis tanaman. Bahkan...