Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Vaksinasi Tuntas Sebelum Tahun Ajaran Baru

Emil Elestianto Dardak, Wakil Gubernur Jawa Timur. (Foto: istimewa)

AMEG – Vaksinasi untuk kalangan guru dan tenaga kepedidikan, terus digencarkan di Jawa Timur. Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak mengatakan, saat ini vaksinasi Covid-19, sudah mencapai 20 persen guru. Pemprov menargetkan, para tenaga pendidik dan tenaga penunjang kependidikan, sudah divaksin dua kali sebelum pembukaan tahun ajaran baru.

‘’Vaksinasi terhadap guru maupun tenaga pendidik, harus menyeluruh karena tingkat kerawanan penyebaran Covid-19 tinggi,’’ ujar Emil Elestianto Dardak, Senin (05/4).

Baca Juga ----------------------------

Mantan Bupati Trenggalek ini menambahkan, meskipun sudah divaksin, bukan berarti risiko terpapar Covid-19 akan hilang. Namun, dengan vaksinasi bisa memitigasi kerentanan tersebut.

‘’Siswa yang di bawah 18 tahun, memang tidak wajib vaksinasi,’’ katanya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Jawa Timur, Teguh Sumarno mendukung upaya pemerintah, melalui program vaksinasi masal. Ia mengimbau para guru agar tidak khawatir jika divaksin.

‘’Vaksinasi guru dan tenaga pendidik adalah langkah konkret pemerintah dalam menyiapkan pembelajaran tatap muka mendatang,’’ jelasnya.

Teguh menambahkan, vaksinasi terhadap guru merupakan wujud komitmen pemerintah, untuk memutus mata rantai Covid-19. Ia sangat setuju guru dan tenaga kependidikan menjadi salah satu sasaran yang diprioritaskan mendapat vaksin. 

‘’Kita harus punya ketahanan diri yang baik supaya tidak menularkan Covid-19 ke siswa,’’ tuturnya.

Lebih lanjut Teguh menambahkan, meski sudah divaksin, ia berharap agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Yakni menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

‘’Dengan adanya vaksinasi ini, kami sangat senang, karena guru-guru merasa aman bekerja dan siswa merasa terlindungi,’’ ujarnya.

Terpisah, juru bicara Gugus Kuratif Satgas Covid-19 Jatim, dr Makhyan Jibril Al Farabi mengatakan, cakupan vaksinasi untuk tenaga kesehatan di Jatim mencapai 232.419 orang. Kemudian pelayan publik mencapai 905.076 dan untuk lanjut usia (lansia) 196.114 orang.

‘’Vaksinasi guru selama ini sudah dimulai di kabupaten/kota masing-masing, karena guru merupakan sasaran vaksinasi palayan publik,’’ terangnya.

Berdasarkan data dari Pemprov Jatim, jumlah pasien Covid-19 aktif di Jatim kini tinggal 1.953 atau 1,39 persen. Para pasien ada yang sedang dirawat di rumah sakit dan ada pula yang menjalani isolasi mandiri. 

Jumlah kasus Covid-19 di Jatim saat ini mencapai 140.331. Namun, sebanyak 128.386 atau 91,49 persen pasien telah dinyatakan sembuh. Sedangkan 9.992 atau 7,12 persen meninggal dunia. Provinsi Jatim juga tidak ada wilayah dengan status zona merah atau yang memiliki risiko kenaikan kasus tinggi. Namun, tidak ada pula wilayah dengan zona hijau atau risiko kenaikan kasus yang terkontrol.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita mengatakan, vaksinasi bagi tenaga pendidik masih terus dilakukan.

‘’Totalnya ada 25.442 guru di Kota Surabaya. Yang sudah tervaksin sebanyak 22.577 guru,’’ katanya.

Menurut dia, vaksinasi masal itu untuk mendukung upaya Pemkot Surabaya dalam pembelajaran tatap muka. ‘’Semoga bisa rampung vaksinasi guru bulan April ini,’’ harapnya. (rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post — Kota Batu bakal menjadi sentra pembibitan jeruk purut di Indonesia. Hal ini menyusul permintaan ekspor jeruk purut yang sangat tinggi. Saat ini...

Malang Raya

Malang Post – Tim tracer Covid-19 Kota Malang menggelar tracing kasus di Jalan Kolonel Sugiono IV, Kelurahan Ciptomulyo, Sukun Kota Malang. Rabu, 20 Oktober...

headline

Malang Post — Kota Malang sudah masuk PPKM Level II, sesuai Inmendagri Nomor 53 Tahun 2021. Beberapa kampus mulai mengajukan Perkuliahan/Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Meski...

headline

Malang Post — Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Advokat Republik Indonesia (DPP PARI) menggelar silaturahmi antar advokat, Rabu (20/10/2021). Bertempat di RM Javanine, Jl Pahlawan Trip...

Pendidikan

Malang Post — Sejarah baru kembali ditorehkan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kali ini Program studi (Prodi) Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Peternakan UMM yang mencatatkan tinta...

Pendidikan

Malang Post — Dharma Wanita Persatuan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (DWP UIN Maliki) makin giat membina sekaligus menjalin keharmonisan antar anggotanya. Meski masih dalam...

News

Malang Post — Kepanikan terjadi, Selasa (19/10/2021) malam di sebuah rumah milik Semiati warga RT 03/RW 01 Desa/Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Sebuah tabung LPG 3...

News

Malang Post — Sehari sudah, tim gabungan SAR Malang Raya mencari keberadaan Paino (56) pemancing yang terhanyut saat sungai Brantas mendadak berarus deras. Selasa (19/10/2021)...