Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Suara Gamelan Mengalun, Wisata Batu Kembali Menggeliat

Pertunjukan seni Bantengan dalam even Sambang mBatu dan Batu Creative Musik Week. (Foto: Ananto Wibowo)

AMEG – Lantunan suara gamelan mulai terdengar kembali, tanda bahwa Kota Wisata Batu siap dikunjungi, sebagai kota wisata nomor wahid di Indonesia.

Dinas Pariwisata Kota Batu memang menggelar even ‘Sambang mBatu dan Batu Creative Musik Week’, berlangsung dua hari, Sabtu (3/4) dan Minggu (4/4). Beragam seni tradisional hingga modern disuguhkan, di Sendra Tari Arjuna Wiwaha, Kelurahan Sisir, Kota Batu.

Baca Juga ----------------------------

Melalui even itu, kran wisatawan diharapkan mengalir deras. Setidaknya 500 penoton dari luar dan dalam Kota Batu menyaksikan even yang diawali dengan pertunjukkan seni khas Kota Batu, Bantengan, Jaran Kepang, Sanduk, dan di tutup tari Flashmob oleh penari dan penonton.

Atraksi digelar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan ketat. Meski di bawah terik matahari, penonton antusias menyaksikan pagelaran, menandakan kerinduan masyarakat akan pertunjukkan seni. Karena setahun dikurung pandemi.

Sekadar info, Bantengan dan Jaran Kepang pada 2020 kemarin ditetapkan oleh Kemendikbud sebagai warisan budaya tak benda (WBTB). Selain dimanjakan tampilan seni tradisional, wisatawan juga disuguhi pemandangan alam, karena lokasi pertunjukkan ada di alam terbuka.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq, menjelaskan, pertunjukkan kali ini merupakan medium aktualisasi dan eksistensi pelaku seni. Kembali digelarnya seni pertunjukkan diharapkan mampu mendorong perekonomian di sektor pariwisata.

“Dari awal Kota Batu telah menyiapkan skema pelaksanaan wisata aman dan sehat di masa pandemic, agar perekonomian bisa kembali seperti sedia kala,” katanya.

Selain membangkitkan perekonomian, pertunjukkan seni juga telah lama didambakan pelaku seni. Karena, pentas merupakan ruh bagi pelaku seni pertunjukkan. Melalui pentas seni, terwujud eksistensi dan jati diri budaya, agar tetap lestari.

“Terlebih seni budaya juga sebagai daya tarik wisata, agar pelaku seni bisa melaksanakan aktivitasnya kembali,” tuturnya.

Untuk menggairahkan even Sambang Batu, Dinas Pariwisata Kota Batu menggandeng agen travel. Penyedia jasa layanan wisata diajak berkolaborasi dengan mengajak tamu untuk menyaksikan pagelaran seni.

“Klien mereka sedang berekreasi ke sejumlah destinasi di Kota Batu. Ada yang dari Lamongan, Surabaya, dan Solo. Kami undang mereka untuk menyaksikan pertunjukkan ini,” ungkapnya.

Ia berharap, pagelaran bisa terus berlanjut, minimal seminggu tiga kali. Dengan menggandeng penyedia jasa wisata, agar mengajak rombongannya menonton pertunjukan kesenian di Sendra Tari Wiwaha.

“Kami berharap angka kunjungan wisatawan bisa kembali seperti sebelum pandemi. Kami targetkan tahun ini minimal sama dengan 2019 lalu, yakni tujuh juta wisatawan,” pungkasnya. (ar)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Letak geografis dan topografi Desa Oro-oro Ombo yang berada di sebelah selatan lereng Gunung Panderman, menawarkan panorama Kota Batu nan indah...

Wisata

Malang Post – Hangatnya suasana Yogyakarta, juga tersaji dalam dinginnya Kota Batu. Ya. Suasana itu kini dapat dinikmati di Angkringan ‘Asli Jogja’. Berada di komplek...

Wisata

Malang Post – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menerbitkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2021 yang mengatur penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat...

Malang Raya

Malang Post –  Untuk mendongkrak perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat desa. Dinas Pariwisata Kota Batu berencana menggelar jambore desa wisata. Jika tak ada kendala, jambore desa wisata...

Malang Raya

AMEG – Selain bertujuan menekan angka persebaran Covid-19, larangan mudik juga berhasil menekan volume sampah di Kota Batu, karena mobilitas masyarakat terbatas. Banyak wisatawan...

headline

AMEG – Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, pasca perayaan Idul Fitri 1442, Polres Batu melakukan penyekatan serentak se-Jawa Timur pada Sabtu, (15/5/2021) mulai pukul 00.00...

Malang Raya

AMEG – Momen liburan lebaran tahun ini, benar-benar membuat kondisi wisata terseok-seok. Bagaimana tidak, pada momen tahunan yang seharusnya menjadi lumbung penghasilan, harus terganjal karena...

headline

AMEG – Sepekan penerapan larangan mudik, di Kota Batu belum diketemukan hal-hal yang janggal. Seperti contohnya travel gelap yang ingin merangsek masuk Kota Batu. Hal...