Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Lansia Masih Takut Vaksinasi

Dr Siti Nadia Tarmizi,Juru Bicara Vaksinasi Covid-19. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden )

AMEG – Hingga saat ini, cakupan vaksinasi dosis pertama di Indonesia, baru mencapai angka 21,33 persen. Dari target sasaran mencapai 40 juta penduduk, untuk vaksinasi tahap pertama dan kedua.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik, Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, M Epid., mengatakan hal itu, dalam telekonferensi di Jakarta.

Baca Juga ----------------------------

Dia menambahkan, setidaknya sekitar delapan juta orang, telah mendapatkan vaksinasi. Angka tersebut lebih baik daripada negara-negara di kawasan Eropa. Menurut WHO, cakupan masing-masing negara-negara di kawasan Eropa, kurang dari 10 persen.

‘’Ke depannya, tentu kita akan terus tambah kapasitas vaksinasi juga sehingga dapat mencapai kekebalan kelompok. Atau sekitar 181,5 juta penduduk Indonesia mendapatkan vaksinasi,’’ katanya seperti dilansir Antara.

Nadia mendorong semua lapisan masyarakat, untuk ikut sosialisasi pentingnya vaksinasi Covid-19. Khususnya kepada kelompok masyarakat berusia di atas 60 tahun, yang diketahui memiliki risiko angka kematian dan angka kesakitan tiga kali lebih besar, daripada populasi kelompok lainnya.

‘’Saat ini kita tahu, baru sekitar delapan persen usia di atas 60 tahun, yang telah mengikuti vaksinasi Covid-19. Kita pahami, ada beberapa kendala terkait usia di atas 60 tahun, untuk mengakses pos-pos pelayanan vaksinasi. Mungkin dikarenakan masih adanya rasa takut para lansia untuk keluar rumah dan melakukan aktivitas di luar rumah,’’ kata dia.

Selain itu, katanya, ada keterbatasan fisik dari lansia, untuk mencapai vaksinasi dan masih adanya keterbatasan untuk mendaftar secara elektronik, agar mendapatkan layanan vaksinasi dan lainnya.

‘’Kita tahu bahwa keterbatasan fisik dari lansia. Untuk itu perlu bantuan dari keluarga agar bisa mengantarkan ke sentra vaksinasi tersebut. Maka dengan ini, kita mendorong partisipasi usia di atas 60 tahun, dengan cara menunjukkan rasa kepedulian kita terhadap kesehatan orang tua kita. Maupun orang di sekitar yang telah berusia 60 tahun, karena kita tahu bahwa mereka adalah kelompok yang paling rentan terhadap Covid-19,’’ kata dia.

Ia meminta masyarakat, jika ada anggota keluarganya berusia di atas 60 tahun, diminta untuk mengajak para lansia mengikuti vaksinasi dan sampaikan bahwa saat ini mereka menjadi prioritas mendapatkan vaksinasi.

‘’Gunakan cara-cara yang santun nyaman dan menenteramkan hati para orang tua. Memang tidak mudah mengajak orang tua untuk mendapatkan vaksinasi. Tetapi tentunya kita menyampaikan hal-hal yang secara baik dan perlu untuk menjaga kesehatan orang tua kita,’’ kata Nadia, yang juga Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kemenkes.

Sementara itu data Kemenkes per 4 April, dari 181 juta sasaran vaksinasi, untuk vaksinasi tahap pertama, sudah dilakukan pada 8.629.182 orang. Sementara vaksinasi tahap kedua mencapai 4.014.401. Sasaran vaksinasi SDM kesehatan, petugas publik dan lansia mencapai 40.349.051. 

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Dahlan Iskan

Ia tergolong barisan from zero to hero zaman baru: Siboen. Si juara YouTuber di kelasnya. Si orang desa. Si anak buruh tani. Si penderita...

Malang Raya

Malang Pos – Tidak semua daerah memiliki pusat pengaduan atau layanan panggilan darurat seperti Kota Malang, yakni Ngalam 112. Para operator bertugas selama 24...

Malang Raya

Malang Post – Kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh seorang tukang jahit berinisial M (50) asal Desa Pesanggrahan menjadi cermin masih maraknya kasus pelecehan seksual...

headline

Malang Post – Kasus dugaan penganiayaan yang terjadi di Nine Café & Karaoke, Malang, sepertinya bakal panjang. Pasalnya kuasa hukum pelapor MT, Rudy Murdhani...

Malang Raya

Malang-Post – Upacara Pembukaan Persami dan Pengukuhan Pengurus Saka Wira Kartika (SWK) TW. II TA 2021 Kodim 0833/Kota Malang digelar pada Sabtu (19/6/2021) pagi. ...

Malang Raya

Malang-Post – Sabtu (19/6/2021) pagi, operasi yustisi penagakan disiplin protokol kesehatan,  dalam rangka PPKM Mikro kembali digelar di wilayah Kedungkandang. Tepatnya di depan Kantor...

Dahlan Iskan

Hari ini ada peringatan hari kemerdekaan Amerika Serikat. Besar-besaran. Lho! Hari ini kan tanggal 19 Juni? Bukankah seharusnya 4 Juli? Itulah. Baca Juga ----------------------------...