Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Santunan Korban Corona Rp5 Juta

Peny Indriani, Kepala Dinsos P3AP2KB Kota Malang . (Foto: istimewa)

Malang – Ahli waris pasien Covid-19, yang meninggal dunia di Provinsi Jawa Timur, kini bisa bernafas lega. Setelah sebelumnya merasa kecewa, karena pemberian satunan kematian bagi korban meninggal akibat Covid-19 dari Kementrian Sosial, dihentikan.

Sebagai pengganti, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian penduduk dan Keluarga Berencana, Kota Malang, akan memberikan satunan bagi ahli waris pasien Covid-19 yang meninggal dunia. Sebesar Rp5 juta.

Baca Juga ----------------------------

Pemberian santunan tersebut, sesuai surat Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Nomor 460/5026/107.4.07/2021, tertanggal 12 Maret 2021, tentang Pemberian Santunan Korban Meninggal Dunia Akibat Terinfeksi Covid-19.

Menindaklanjuti itu, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian penduduk dan Keluarga Berencana, Kota Malang, Peny Indriani, membenarkan pihaknya sedang melakukan proses santunan tersebut.

‘’Santunan korban covid yang dulu katanya Rp15 juta, ternyata dicabut sama Menteri Sosial (Kemensos RI). Sekarang ada bantuan lewat Provinsi Jatim. Jumlahnya Rp5 juta. Ini sedang kita proses,’’ ujarnya.

Menurutnya, sebelumnya pihaknya telah melaksanakan perintah Kemensos. Korban Covid-19 itu akan mendapat santunan, dan di tahap awal, atau pada bulan Agustus-September 2020 lalu. Dinsos P3AP2KB Kota Malang pun mengumpulkan berkas-berkas dari keluarga almarhum pasien Covid-19. Untuk selanjutnya berkas tersebut diteruskan ke tingkat Provinsi Jawa Timur untuk dikirimkan kepada Kemensos.

Namun belakangan muncul Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Sosial (Kemensos) Nomor 150/3.2/BS.01.02/02/2021 tertanggal 18 Februari 2021, yang menyatakan bahwa santunan bagi korban Covid-19 dihentikan atau dibatalkan.

Menanggapi penghentian santunan tersebut, selanjutnya Pemrov Jatim mengeluarkan surat kepada Bupati dan Walikota di Jawa Timur, bahwa santunan tersebut akan di cover oleh APBD Provinsi Jatim.

‘’Provinsi hanya bisa memberikan santunan sebesar Rp5 juta per orang yang langsung masuk ke rekening ahli waris. Dan pemberian santunan ini nanti akan di utamakan bagi ahli waris yang sudah mengumpulkan berkas tahap awal,’’ ujarnya.

Sementarauntuk prosedur pengajuan santunan yang belum, Penny menjelaskan bahwa prosedur masih sama dengan mekanisme pengajuan santunan sebelumnya.

‘’Pengajuan sama kayak yang kemarin. Tinggal foto copy berkas yang kemarin kita kirim ke provinsi,’’ imbuhnya.

Untuk saat ini, Dinsos P3AP2KB Kota Malang bakal memprioritaskan 126 para ahli waris yang sebelumnya telah mengajukan santunan.

‘’Kami prioritas yang kemarin sudah mengajukan. Untuk yang tidak masuk, kemungkinan saya tidak menambah lagi. Daripada nambah, khawatir tidak ada uangnya,’’ tandasnya. (jof/rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Serbuan vaksin Kodim 0833 Kota Malang terus berlanjut. Kali ini lokasi vaksinasi bertempat di Yayasan Sekolah Al Irsyad Jalan Arif Margono...

Malang Raya

Malang Post – Tim gabungan penanganan covid-19 di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang kembali menggalakkan operasi yustisi. Sabtu, 25 September 2021, hari ini, tim gabungan...

Malang Raya

Malangpost – Babinsa koramil jajaran Kodim 0833 di Kota Malang tetap melayani pasien isolasi mandiri yang ingin menuju isolasi terpusat (isoter). Hari ini, Kamis,...

Malang Raya

Malangpost – Hari ini, Rabu, 8 September 2021, 12 pasien menjadi penghuni baru fasilitas isolasi terpusat (isoter) Kota Malang. Babinsa koramil jajaran Kodim 0833...

Malang Raya

Malang Post — Forkopimda Kabupaten Malang, Selasa (7/9/2021) pagi mengunjungi Gerai Vaksinasi Serentak Pesantren dan Rumah Ibadah di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Desa Ganjaran, Kecamatan...

headline

Malang Post — Serbuan vaksinasi massal di Kabupaten Malang kian gencar diselenggarakan. Namun, dari berbagai jenis vaksin yang tersedia, jenis vaksin Pfizer belum memasuki Kabupaten...

headline

Malang Post – Pasien Covid-19 yang menjalani isoman dipindahankan ke fasilitas isoter Pemkot Malang. Upaya ini terus dilakukan Tim medis bersama TNI-Polri untuk menghambat...

Malang Raya

Malang Post – Pemindahan pasien isoman ke fasilitas isoter Pemkot Malang terus dilakukan Tim medis bersama TNI-Polri. Seperti halnya 15 pasien isolasi mandiri yang...