Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Siap Terima Pemudik Lebaran

Wali Kota Malang, Drs H Sutiaji.

Malang – Jika nantinya pemerintah memberikan izin mudik lebaran 2021, Pemerintah Kota Malang mengaku siap menerima pemudik. Tentunya tetap harus menjalankan protokol kesehatan. Kesiapan itu disampaikan Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji, Rabu (24/3). Saat hadir dalam salah satu acara yang diselenggarakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang.

Sutiaji mengatakan, untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kenaikan angka Covid-19, PPKM Mikro tetap harus dijalankan. Dengan begitu, saat ada pemudik datang, maka RT harus memantau. Agar tidak terjadi penularan, hingga terjadi kluster baru.

Baca Juga ----------------------------

‘’Saya tetap optimistis, adanya pemudik saat Lebaran tidak menyebabkan kasus Covid-19 di Kota Malang akan meningkat,’’ katanya sembari menyebut, saat ini PPKM Mikro kembali diperpanjang hingga 5 April mendatang.

Dari sisi kesiapan rumah sakit, tambahnya, juga tidak masalah. Hal itu terjadi karena BOR rumah sakit di Malang, sudah sedikit. Kalau ada lonjakan positif, relatif bisa tertangani. Namun meski BOR rumah sakit sudah rendah, dia berharap, tidak ada peningkatan kasus Covid-19 saat terjadi arus mudik ke Malang saat Lebaran.

Hal itu bisa ditempuh dengan cara, para pemudik betul-betul disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan lain. Cara lainnya, RT memantau dengan baik para pemudik yang masuk wilayah mereka.

Disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan perlu menjadi perhatian, kata dia, karena angka kematian akibat Covid-19 di Kota Malang masih tinggi. Kenyataan itu perlu menjadi peringatan agar Covid-19 harus tetap dianggap sebagai ancaman terhadap kesehatan.


Di sisi lain, adanya pemudik, kata dia, cukup positif bagi upaya menggerakkan ekonomi daerah. Pemudik bisa meningkatkan angka konsumsi sehingga ekonomi daerah bisa tumbuh menggeliat.

‘’Kota Malang tetap menerima pemudik pada Lebaran jika pemerintah memang mengizinkan ada mudik pada Lebaran tahun ini,’’ katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr Husnul Muarif mengatakan, Pemerintah Kota Malang akan mendapatkan tambahan 29 ribu dosis vaksin. Yang dipergunakan untuk vaksinasi kepada orang-orang lanjut usia. Dengan adanya tambahan vaksin Sinovac tersebut, kata dia, diharapkan proses percepatan vaksinasi di Kota Malang bisa terus dilakukan, guna menciptakan kekebalan kelompok terhadap virus Corona.

‘’Berdasarkan informasi, kita dapat 2.900 botol. Satu botol untuk sepuluh dosis, jadi nanti ada 29 ribu dosis,’’ kata Husnul.

Ditambahkan, dari total 29 ribu dosis vaksin tersebut, nantinya akan dipergunakan kepada 18.500 sasaran penerima vaksin Covid-19, di Kota Malang. Sebanyak 18.500 sasaran tersebut, nantinya akan mendapatkan dua kali suntikan vaksin Sinovac.

Saat ini, prioritas vaksinasi di Kota Malang akan ditujukan kepada para lansia. Rencananya, pelaksanaan vaksinasi untuk lansia di Kota Malang, akan dilakukan pada 1 April 2021.

‘’Untuk saat ini, vaksin yang diterima masih Sinovac. Dari 29 ribu itu, akan dipergunakan untuk dua dosis, sehingga akan diberikan kepada 18.500 sasaran penerima vaksin,’’ kata Husnul.

Di Kota Malang terdapat sekitar 75 ribu lansia yang akan menjadi prioritas penerima vaksin Sinovac. Dengan vaksin sebanyak 18.500 vial tersebut, maka vaksinasi untuk lansia di Kota Malang akan dilakukan secara bertahap.

‘’Lansia kita itu ada 75 ribu orang, jadi akan dilakukan bertahap. Setelah 18.500 orang, nanti menunggu datang kembali, dan kita lanjutkan vaksinasi,’’ kata Husnul.

Untuk sasaran prioritas selanjutnya, Dinas Kesehatan Kota Malang akan melakukan pendataan kepada para pedagang pasar, pekerja sektor perhotelan, atlet, termasuk beberapa layanan publik yang belum mendapatkan vaksinasi Covid-19.(jof/roz/rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post – Dalam rangka percepatan Herd Immunity, Universitas Negeri Malang (UM) kembali sukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac dosis pertama dan kedua yang ditujukan...

Pendidikan

Malang Post — SMAN 1 Sumberpucung berkomitmen mendukung pemerintah menangani pandemi Covid-19 yang belum mereda. Salah satunya melalui program vaksinasi remaja. Menggandeng Puskesmas Sumberpucung, vaksinasi dosis...

Malang Raya

Malang Post – Hutan Kota Malabar menjadi pusat kegiatan aksi bersih-bersih yang diinisiasi jajaran Kodim 0833 dalam hal ini Koramil Klojen pemangku wilayah. Tidak...

Malang Raya

Malang Post – Bank Sahabat Sampoerna (BSS) Malang bersama mitra bisnisnya, KSP Sahabat Mitra Sejati, kembali menggelontorkan ratusan paket sembako bagi masyarakat yang terdampak...

Malang Raya

Malang Post – Kodim 0833 Kota Malang melakukan berbagai upaya untuk tingkatkan imun di masa pandemi covid-19. Jumat (17/9), Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol...

Malang Raya

Malang Post – Pemkab Malang gelar Vaksinasi Massal untuk pelajar bertajuk”Indonesia Sehat, Indonesia Hebat”. Bersinergi bersama Badan Intelijen Negara (BIN). Dihadiri Bupati Malang HM...

Pendidikan

Malang Post — Ikatan Guru Taman Kanak -Kanak (IGTKI) Kecamatan Donomulyo melalui Dinas Pendidikan bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat menggelar workshop....

Pendidikan

Malang Post – Ratusan murid SMP KHA Thohir Pulungdowo Tumpang Kabupaten Malang menjalani vaksinasi di lingkungan sekolah. Ini untuk mencegah penyebaran virus covid-19 dan menjadi...