Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Lirboyo Divaksin AstraZeneca

SANTRI: Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Ponpes Lirboyo, yang menggunakan vaksin AstraZeneca. (Foto: Kementerian Kesehatan)

Kediri – Pondok Pesantren Lirboyo, sebagai salah satu pondok terbesar, sekaligus tertua di Indonesia, mulai menjalankan vaksinasi Covid-19. Menggunakan vaksin AstraZeneca. Vaksinasi ini, menyasar sekitar 150-200 santri. Termasuk pengurus ponpes dengan waktu pelaksanaan selama satu hari.

‘’Terima kasih kepada teman-teman di Lirboyo, telah berkenan warganya disuntik dengan vaksin AstraZeneca,’’ kata Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Baca Juga ----------------------------

Turut hadir bersama Menteri Kesehatan adalah perwakilan UNICEF, Debora Cormini dan Perwakilan WHO untuk Indonesia, Dr. N. Paranietharan. Mereka  meninjau pelaksanaan vaksinasi di pesantren Lirboyo, Kediri.

Untuk mendukung pelayanan vaksinasi, Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, telah menyiapkan 20 vial atau 200 dosis vaksin AstraZeneca. Juga tenaga kesehatan dan vaksinator yang terdiri dari 12 orang. Kegiatan ini, merupakan bagian dari mempercepat program vaksinasi nasional. Bagi 181,5 juta penduduk Indonesia dengan target waktu 12 bulan. Di masa kedaruratan sekarang ini, vaksin yang tersedia adalah vaksin yang terbaik untuk digunakan.

Pemerintah harus mengkombinasikan berbagai macam merk vaksin Covid-19 dalam rangka memenuhi kebutuhan vaksin. Untuk seluruh populasi sasaran. Tidak ada satupun produsen vaksin di dunia ini, yang dapat memenuhi seluruh permintaan negara-negara besar seperti Indonesia.

‘’Kita bersyukur mendapatkan vaksin AstraZeneca. Bisa lebih banyak rakyat Indonesia divaksin. Kita tidak boleh terlambat, untuk melindungi seluruh masyarakat Indonesia,’’ kata Menkes.

Agar semakin banyak yang divaksin, Menkes menegaskan pentingnya dukungan dari seluruh elemen masyarakat Indonesia. Supaya, tujuan vaksinasi yakni terbentuknya kekebalan kelompok cepat tercapai.

Dia menargetkan, seluruh santri dan pengurus pondok pesantren di Jawa Timur, bisa segera mendapatkan suntikan vaksin.

‘’Untuk itu, penerimaan dari masyarakat, terutama kiai dan ulama sangat penting. Sekali lagi terima kasih,’’ tuturnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur, KH AbdullahKafabihi Mahrus, menyambut baik pelaksanaan vaksinasi bagi kiai, santri serta pengurus NU di Surabaya dan Kediri.

Pihaknya mengaku siap mendukung pemerintah, untuk menggelar vaksinasi Covid-19 sebagai salah satu ikhtiar untuk mengakhiri pandemi di Tanah Air.

‘’Lirboyo akan mendukung apa yang menjadi program pemerintah. Bagi kami kemaslahatan umat jadi prioritas utama,’’ katanya.

‘’Kami terus berikhtiar dengan doa, mudah-mudahan Covid-19 cepat hilang,’’ pungkasnya.

Secara keseluruhan, pelaksanaan vaksinasi berjalan dengan baik dan lancar. Selama masa observasi, tidak ditemukan adanya gejala maupun reaksi yang timbul akibat penyuntikan vaksin. Untuk mengantisipasi terjadinya KIPI, penyelenggara telah menyiagakan tenaga medis dan ambulance dari RS Lirboyo. (rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post — Pemkab Malang mengapresiasi para pelajar yang berprestasi di bidang olahraga. Salah satunya Koko Indra, asal Desa Pujon, Kecamatan Pujon. Ia tergabung sebagai...

Malang Raya

Malang Post — Polres Malang bersinergi dengan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Kepanjen, untuk menjaring relawan vaksinasi. Agar terwujud percepatan vaksinasi bagi masyarakat Kabupaten Malang....

Pendidikan

Malang Post – Mahasiswa baru (maba) dari berbagai daerah Nusantara turut serta dalam gelaran Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Event tahunan...

Malang Raya

Malang Post — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya menggelar Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan 33 dan 34. Dilakukan sejak Sabtu (18/9/2021) hingga Selasa (21/9/2021)....

Pendidikan

Malang Post — Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, kembali mendapatkan kabar gembira. Ini setelah salah satu mahasiswanya memperoleh penghargaan. Melalui LKTIN...

Malang Raya

Malang Post — Setahunan tersangka RP (29) warga ber-KTP Desa Jenggolo Kepanjen, Kabupaten Malang pakai narkoba jenis Sabu (SS). Alasannya demi tahan rasa kantuk karena...

Malang Raya

Malang Post – Sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19 serta sejalan dengan program pemerintah pusat yang mulai melaksanakan vaksinasi bagi pelajar.  Ketua Yayasan Kartika...

headline

Malang Post — Beredarnya video jajaran Pemkot Malang bersepeda dan diduga memaksa memasuki Pantai Kondang Merak yang tutup, viral di media sosial. Kejadian berlangsung Minggu...