Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Sentra Vaksinasi Percepat Target

DI SVS: Seorang lansia saat mendapatkan vaksinasi Covid-19 di sentra vaksinasi Serviam. Setiap hari ada 500 lansia yang divaksinasi. (Foto: Kementerian Kesehatan)

Jakarta – Proses vaksinasi Covid-19, yang menjadi program pemerintah pusat terus bergulir. Setelah tenaga kesehatan, TNI, Polri, sedikit demi sedikit seluruh lapisan masyarakat akan mendapatkan vaksin Covid-19 secara bertahap.

Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD, Ph.D, KEMD mengapresiasi upaya masyarakat dan komunitas dalam rangka membantu percepatan gerakan vaksinasi nasional dengan mendirikan sentra vaksinasi. Keberadaan sentra vaksinasi, bakal mempercepat pemerintah dalam mencapai target cakupan vaksinasi Covid-19.

Baca Juga ----------------------------

Hal itu ia sampaikan, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Sekolah Ursulin, Jakarta Pusat, pada Sabtu (20/3) kemarin.

Komunitas Alumni Tiga Sekolah Ursulin di Jakarta, yakni Sekolah Santa Ursula, Sekolah Santa Theresia, dan Sekolah Santa Maria mendirikan Sentra Vaksinasi Serviam (SVS). SVS adalah pusat vaksinasi khusus lansia, yang berlangsung selama tiga bulan. Mulai dari 20 Maret hingga 10 Juni 2021.

Pusat vaksinasi lansia ini, berada di Sekolah Santa Ursula Jl. Lapangan Banteng Utara No.10, Jakarta Pusat.Target vaksinasi sebanyak 500 Lansia yang berdomisili di DKI Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari selama 3 bulan. Kecuali tanggal merah.

Dr. Dante mengatakan, sentra vaksinasi ini merupakan gerakan. Karena dengan gerakan maka semua sektor di masyarakat dan semua elemen di masyarakat akan berperan.

‘’Sentra-sentra vaksinasi seperti ini diperlukan, karena dapat mempercepat vaksinasi. Percepatan itu perlu dibiasakan kalau kita melakukan vaksinasi,’’ katanya.

Jika vaksinasi hanya dilakukan berdasarkan fasilitas kesehatan yang dimiliki Kementerian Kesehatan secara eksklusif, maka menururnya, target vaksinasi 181,5 juta orang tidak akan tercapai.

‘’Kecepatan kita sampai saat ini, kira-kira yang sebelumnya 10 ribu sampai 100 ribu per hari. Sekarang sudah menjadi 300 ribu sampai 380 ribu per hari. Ini berkat adanya sentra-sentra vaksinasi seperti ini,’’ ucap Dante.

Wamenkes mengungkapkan, pemerintah saat ini tengah meningkatkan ketersediaan vaksin hingga mencapai 1 juta – 1,5 juta dosis per hari, dengan jumlah vaksinator mencapai 100 ribu per hari.

‘’Targetnya, satu orang vaksinator bisa memberikan vaksin kepada 40-50 orang per hari. Dengan demikian nantinya setiap hari akan ada 4 hingga 5 juta akseptor,’’ tambah dr. Dante.

Ia menambahkan, jumlah vaksin secara bertahap akan ditambah terus. Jadi saat ini Pemerintah Indonesia sudah punya kira-kira 30 juta dosis vaksinasi sampai akhir bulan Maret. Nanti stok vaksin akan ditambah lagi sehingga stok vaksin akan berkecukupan.

Dr. Dante menekankan kepada masyarakat, walaupun sudah divaksinasi, protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan. Sebab antibodi baru terbentuk setelah 3 minggu usai vaksinasi kedua. Suntikan pertama dilakukan untuk memicu respons kekebalan awal yang selanjutnya akan dilanjutkan dengan suntikan kedua untuk menguatkan respons imun yang telah terbentuk.

Suntikan kedua berfungsi sebagai booster untuk membentuk antibodi secara optimal dan imunitas. Ini baru akan terbentuk secara baik setelah 3 minggu suntikan kedua.(rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Pemkab Malang gelar Vaksinasi Massal untuk pelajar bertajuk”Indonesia Sehat, Indonesia Hebat”. Bersinergi bersama Badan Intelijen Negara (BIN). Dihadiri Bupati Malang HM...

Malang Raya

Malangpost – Bertempat di Gedung Graha cakrawala UM Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang di laksanakan Vaksinasi ke 1 Dan 2 jenis Sinovak sejumlah...

Pendidikan

Malang Post — Ikatan Guru Taman Kanak -Kanak (IGTKI) Kecamatan Donomulyo melalui Dinas Pendidikan bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat menggelar workshop....

Pendidikan

Malang Post – Ratusan murid SMP KHA Thohir Pulungdowo Tumpang Kabupaten Malang menjalani vaksinasi di lingkungan sekolah. Ini untuk mencegah penyebaran virus covid-19 dan menjadi...

Pendidikan

Malang Post — Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menjadi tuan rumah pertemuan forum Asosiasi Dosen Ilmu-Ilmu Adab (ADIA) se Indonesia. Sekaligus...

Malang Raya

Malang Post – Masih maraknya peredaran rokok ilegal di pasaran khusunya kota Malang, memantik Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Cukai...

News

Malang Post —  Musibah menimpa karyawan Koperasi Simpan Pinjam Delta Surya Purnama cabang Purwosari Pasuruan. Rabu (15/9/2021) siang di Jl Raya Songsong Ardimulyo Singosari...

Malang Raya

Malangpost – Wakil Wali (Wawali) Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko memantau langsung vaksinasi untuk warga Kelurahan Gading Kasri dan pedagang Pulosari. Sofyan Edi hadir...