Connect with us

Hi, what are you looking for?

Olahraga

Prokes Super Ketat di Piala Menpora

Stadion Kanjuruhan Malang. (Foto: id.wikipedia.org)

Malang – Local Organizing Committe (LOC), atau panpel bentukan manajemen Arema FC, bakal menerapkan protokol kesehatan (prokes) pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19), super ketat. Sepanjang penyelenggaraan Piala Menpora 2021. 

Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang ditunjuk PSSI, menjadi salah satu tuan rumah babak penyisihan grup. Yakni Grup B yang dihuni empat tim. Persija Jakarta, PSM Makassar, Bhayangkara-Solo FC dan Borneo FC.

Baca Juga ----------------------------

Terdapat 13 poin regulasi penerapkan prokes Covid-19, yang ditujukan terhadap kalangan media. Baik wartawan tulis maupun fotografer yang dirilis LOC Arema. Atas masukan dari  Organizing Committe (OC) Piala Menpora 2021.

‘’Nantinya dalam semua pertandingan penyisihan Grup B Piala Menpora 2021, tanggal 22 Maret sampai 31 Maret 2021, kami LOC memutuskan, untuk rekan-rekan media peliput Piala Menpora 2021, harus mengikuti aturan protokol kesehatan Covid-19 ketat,’’ jelas Ketua LOC Stadion Kanjuruhan Piala Menpora 2021, Abdul Haris.

‘’Untuk wartawan tulis, ditempatkan di tribun media stadion. Dibatasi maksimal 20 orang di setiap hari pertandingan. Untuk wartawan foto, dibatasi maksimal tujuh orang. Mengingat banyaknya jumlah media yang melakukan registrasi, akan dilakukan rolling di tiap hari pertandingan untuk menyesuaikan kuota,’’ tambahnya.

Enam pertandingan penyisihan Grup B Piala Menpora, akan dlangsungkan di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang. Senin, 22 Maret 2021, dua laga. Bhayangkara-Solo FC vs Borneo FC (15:15 WIB) dan Persija Jakarta vs PSM Makassar (18:15 WIB).

Sabtu, 27 Maret 2021, PSM Makassar vs Bhayangkara-Solo FC (15:15 WIB) dan Borneo FC vs Persija Jakarta (18:15 WIB). Hari terakhir Rabu, 31 Maret 2021 Borneo FC vs PSM Makassar (15:15 WIB) dan Persija Jakarta vs Bhayangkara-Solo FC (18:15 WIB).

‘’Untuk penjadwalan rolling wartawan peliput dan fotografer, akan kami umumkan secara periodik jelang hari pertandingan. Kami mengharapkan jika wartawan yang ditunjuk masuk dalam kuota rolling ternyata berhalangan, agar langsung memberitahukan kepada LOC. Segera ditentukan penggantinya oleh LOC. Pada sesi konferensi pers sebelum dan sesudah pertandingan, dilakukan secara online melalui zoom meeting,’’ imbuh Abdul Haris.  

Sementara LOC Malang dan OC Piala Menpora 2021, juga menetapkan kuota wartawan berkaitan dengan data swab test yang dilakukan di Stadion Kanjuruhan. Dalam setiap hari jelang pertandingan, akan dilakukan swab test kepada wartawan yang sudah masuk dalam kuota dan akan dilakukan pada pukul 10.00 WIB juga di Stadion Kanjuruhan.

Ditambahkannya, apabila dari hasil swab test membuktikan positif Covid-19, maka terhadap wartawan yang bersangkutan, akan dilakukan penanganan medis lebih lanjut. Sesuai protokol kesehatan Covid-19 yang berlaku.

Regulasi juga menegaskan, demi keamanan bersama, tidak memperkenankan wartawan membawa hasil swab test dari luar ketentuan LOC Malang dan OC Piala menpora 2021.

‘’Khusus untuk rekan-rekan media TV, bisa mengambil materi konferensi pers melalui zoom meeting. Sedangkan untuk video pertandingan, bisa didapatkan di Indosiar dan vidio.com selaku pemegang hak siar.  Materi foto pertandingan bagi wartawan akan didistribusikan melalui divisi media officer,’’ timpal Media Officer Arema FC, Sudarmaji. (act/rt)

Prokes Covid-19 Media Peliput di  Grup B Piala Menpora 2021

(Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang)

1.  Wartawan peliput Piala Menpora 2021 yang ditempatkan di tribun media Stadion Kanjuruhan dibatasi maksimal 20 orang di tiap hari pertandingan.

2.  Untuk wartawan foto dibatasi maksimal 7 orang.

3.  Mengingat banyaknya jumlah media yang melakukan registrasi maka akan dilakukan rolling di tiap hari pertandingan untuk menyesuaikan kuota.

4.  Jadwal rolling wartawan peliput dan fotografer akan diumumkan pada Rabu (17/3/2021)

5.  Diharapkan langsung memberitahukan kepada LOC jika wartawan yang ditunjuk masuk dalam kuota ternyata berhalangan agar segera ditentukan penggantinya oleh LOC.

6.  Kuota wartawan berkaitan dengan data swab test yang dilakukan di Stadion Kanjuruhan.

7.  Di tiap hari pertandingan akan dilakukan Swab Test kepada wartawan yang sudah masuk dalam kuota yang dilakukan pada pukul 10.00 WIB di Stadion Kanjuruhan.

8.  Demi keamanan bersama tidak diperkenankan membawa hasil test dari luar.

9.  Jika hasil swab test membuktikan positif Covid-19 maka akan dilakukan penanganan sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

10. Sesi konferensi pers sebelum dan sesudah pertandingan dilakukan secara online melalui zoom meeting.

11. Rekan-rekan media TV bisa mengambil materi konferensi pers melalui zoom meeting, sedangkan untuk video pertandingan bisa didapatkan di Indosiar dan vidio.com selaku pemegang hak siar.

12. Materi foto pertandingan bagi wartawan akan didistribusikan melalui divisi media officer

13. Karena harus melalui swab test maka di tiap pertandingan diwajibkan datang pukul 10.00 WIB.

Jadwal pertandingan Piala Menpora 2021

Grup B di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang

1.   Persija Jakarta

2.   PSM Makassar

3.   Bhayangkara-Solo FC

4.   Borneo FC

Senin, 22 Maret 2021:

Bhayangkara-Solo FC vs Borneo FC (15:15 WIB)

Persija Jakarta vs PSM Makassar (18:15 WIB)

Sabtu, 27 Maret 2021:

PSM Makassar vs Bhayangkara-Solo FC (15:15 WIB)

Borneo FC vs Persija Jakarta (18:15 WIB)

Rabu, 31 Maret 2021:

Borneo FC vs PSM Makassar (15:15 WIB)

Persija Jakarta vs Bhayangkara-Solo FC (18:15 WIB) 

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Dahlan Iskan

Mereka sudah vaksinasi. Sudah dua kali. Tapi, sembilan anggota DPRD Surabaya itu tertular Covid-19. Itulah headline Harian Disway edisi Jumat lalu. Itu menambah kekhawatiran...

Malang Raya

Malang-Post – Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona, S.E, M. Tr (Han) bersilaturahmi dengan Keluarga Besar Tentara Nasional Indonesia atau KBT, Sabtu...

Malang Raya

Malang-Post – Mayat bayi lelaki berusia kandungan sekitar enam sampai tujuh bulan ditemukan di Jl Abdul Ghani Atas, Kelurahan Ngaglik, Kecamatan/Kota Batu. Saat ditemukan,...

Malang Raya

Malang-Post – Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19, aparat gabungan Polsek Kedungkandang, Koramil Kedungkandang, Satpol PP, pihak kelurahan dan Linmas kembali menggelar operasi...

Ekobis

Malang-Post – Rencana pemerintah mengenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk bumbu-bumbuan, direspon pedagang di Pasar Lawang, Kabupaten Malang. “Mosok Pak, bumbu-bumbuan juga kena pajak, cek...

Opini

Mental health atau kesehatan mental terutama bagi generasi muda,saat ini para remaja seringkali menyepelekan kesehatan mental,bahkan lebih mengutamakan kesehatan fisik padahal kesehatan mental juga...

Malang Raya

Malang Post – Rencana Pemkab Malang yang akan membuka perkebunan sawit sekitar 60 hektar di Malang Selatan menuai protes dari berbagai kalangan. Ini juga menjadi...