Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Yang Daftar Vaksin Mandiri, 11.542 Perusahaan

DARI AMERIKA: Salah satu vaksin yang akan dipakai untuk vaksinasi mandiri, adalah Moderna, selain Sinopham. Merek vaksin sengaja dibedakan dengan vaksinasi gratis yang dilakukan pemerintah.( Foto: istimewa)

Jakarta – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Rosan Roelani menyebut, antusiasme perusahaan yang ingin menjadi pelaksana vaksinasi covid-19 mandiri, terbilang tinggi.

Hingga masa pendaftaran kedua, sebanyak 11.542 perusahaan berminat untuk menjalankan vaksinasi Covid-19 mandiri.

Baca Juga ----------------------------

‘’Data per 14 Maret, terjadi penambahan 2.372 perusahan. Sehingga total perusahaan yang sudah mendaftar ada 11.542 perusahaan. Dengan total target vaksinasi sebanyak 7.403.356 orang, dan ini masih terus berjalan,’’ ujar Rosan dalam Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR RI, Senin (15/3).

Menurut Rosan, perusahaan yang mendaftar bukan berkategori besar. Perusahan level menengah hingg kecil pun, ingin menjadi pelaksanan vaksinasi mandiri. Bahkan, lanjutnya, kalangan UMKM ikut antre dalam pendaftaran kedua yang dibuka hingga 24 Maret ini.

‘’Karena dari asosiasi menyatakan apakah dari UMKM boleh daftar? Kami sampaikan selama entitas itu entitas Indonesia silakan untuk mendaftar dan beberapa UMKM ternyata yang pekerjanya hanya 5-10 orang ikut mendaftar,’’ ucap Rosan.

Saat ini, Rosan tengah melakukan sosialisai terkait pelaksana vaksinasi mandiri ini. Mulai dari jenis vaksin hingga tata cara vaksinasi mandiri. Dalam hal ini, Ia menegaskan, tak ada tebang pilih dalam pemilihan pelaksana vaksinasi mandiri. Rosan bilang, vaksinasi mandiri ini juga terbuka untuk perusahaan yang tak tergabung dalam Kadin.

‘’Pendaftaran kami juga buka dengan  transparan melalui link di kami. dan kelitannya akhir-akhir ini banyak dari perusahan yang kecil menengah yang justru banyak mendaftar,’’ kata dia.

Sementara itu, holding BUMN Farmasi (HBF) Bio Farma, beserta anggota HBF Kimia Farma, akan mendatangkan dua jenis vaksin Covid-19, untuk keperluan vaksinasi mandiri.

Kedua jenis vaksin yang akan didatangkan oleh Bio Farma dan Kimia Farma antara lain, Moderna dengan platform m-RNA. Moderna akan didatangkan oleh Bio Farma.

Satu vaksin lainnya adalah Sinopham dengan platform inactivated, yang akan didatangkan oleh Kimia Farma.

‘’Saat ini Holding BUMN Farmasi sudah mulai menjajaki dan melakukan pembicaraan supply vaksin covid-19 khusus untuk program vaksinasi gotong-royong. Yaitu Sinopham dari Beijing China dan Moderna dari AS,’’ ujar Juru Bicara Bio Farma Bambang Heriyanto dalam keterangannya, Senin (1/3).

Bambang menambahkan, peraturan vaksinasi gotong-royong ini, sudah tertuang dalam Permenkes Nomor 10 Tahun 2021. Disebutkan, vaksin mandiri harus berbeda dengan jenis vaksin yang digunakan untuk vaksinasi program pemerintah.

‘’Dengan demikian, vaksin mandiri tidak akan menggunakan vaksin yang sama seperti digunakan untuk program pemerintah,’’ jelas Bambang.

Sama dengan jenis vaksin untuk pemerintah, vaksin covid-19 mandiri tetap harus mendapat persetujuan penggunaan pada masa darurat (emergency use authorization), atau penerbitan nomor izin edar (NIE) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan. (rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Dahlan Iskan

KALI ini yang mendapat giliran meninggal karena Covid adalah ulama perempuan: Prof Dr Huzaemah Tahido Yanggo, 71 tahun (lahir 30 Desember 1949 di Palu)....

headline

Malang Post – Program Studi Doktor (S3) Ekonomi Syariah Univesitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) membuka pendaftaran mahasiswa baru gelombang II pada 1 Juli...

Malang Raya

Malang Post – Zahidhan Syahrul Syofiudin (18) salah satu anak dari buruh tani serabutan. Berhasil lolos seleksi Bintara Polri tahun 2021, Kamis (22/7/2021) malam. Ini membuat bangga sekaligus mengangkat nama...

Pendidikan

Malang Post – Lima mahasiswa Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB) terinspirasi membuat body lotion yang mampu mencegah Covid-19. Indri Dwi...

Ekobis

Malang Post – PT Sekar Bumi Tbk, membukukan penjualan Rp 3,1 triliun tahun 2020. Naik 50 persen dari tahun sebelumnya. Keberhasilan emiten dengan kode perdagangan SKBM...

Dahlan Iskan

IA ada di dalam, tapi tidak sampai menjadi orang dalam. Itulah Sarwono Kusumaatmadja. Yang 24 Juli besok berulang tahun Ke-77. Saya baru selesai membaca...

Arema

Malang Post – Publik sepak bola nasional belum lama dikejutkan dengan dipecatnya dua pemain, yang belasan tahun menjadi ikon Persipura Jayapura. Striker Boaz Theofilius Erwin...

Arema

Malang Post – Presiden Arema FC, Gilang Widya Pramana, masih belum bisa bernafas lega. Jelang sebulan ke depan kick off kompetisi Liga 1 2021/2022 bakal digulirkan. Lantaran...