Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Seminar Bahasa Arab Dibanjiri Peserta Luar Negeri

VIRTUAL: Seminar yang diselenggarakan daring, bisa menarik minat warga luar negeri. (Foto: Istimewa)

Malang – Seminar nasional serasa internasional. Pasalnya, dibanjiri peserta luar negeri. Bahkan lebih banyak dari peserta dalam negeri.

Total pendaftar 720 orang. Pendaftar dalam negeri sejumlah 333, dari luar negeri sejumlah 387. Mereka berasal dari Mesir, Marokko, Iraq dan Al-jazair.

Baca Juga ----------------------------

Mereka mengikuti Seminar Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Pelaksananya, Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Seminar virtual yang dihadiri 28 negara ini mengambil tajuk, “Isu-isu Mutakhir Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa Arab”. Digelar Sabtu 27 Februari 2021.

Dekan Fakultas Sastra UM, Prof Utami Widiati MA Ph.D menyampaikan apresiasi terhadap terselenggaranya seminar ini. Harapannya, ajang ini bisa menjadi momentum untuk menambah wawasan para peserta.

Terutama dalam penelitian pendidikan bahasa Arab. Sehingga bisa muncul penelitian-penelitian baru yang lebih aktual.

Ketua Jurusan Sastra Arab, Dr Hanik Mahliatussikah MHum, pada kesempatan itu, mengenalkan program-program penting.

Ini akan diwujudkan oleh Jurusan Sastra Arab di tahun 2021. Termasuk mengenalkan Prodi Pendidikan Bahasa Arab UM sebagai Prodi terbaik di Indonesia versi Sinta.

Seminar yang dimoderatori Laily Maziyah M.Pd. Mengundang narasumber dari empat instansi.

Antara lain: Dr Ahme Elaraby Taha dari Al-Azhar Asy-Syarief Mesir, Dr Irhamni M.Pd dari Universitas Negeri Malang, Dr Dewi Chamidah, M.Pd dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan Retno Purnama Irawati S.S., M.A dari Universitas Negeri Semarang.

Mengingat peserta dari berbagai negara, maka bahasa yang digunakan narasumber dalam seminar ini adalah bahasa Arab dan Inggris.

Dr Irhamni M.Pd menyampaikan materi dengan judul, al-Daris wa Najahihi Ka Qadhiyyah Mu’ashirah li albahs al-Ilmi fi Tadris al-Lughoh al-Arabiyyah.

Dr Dewi Chamidah M.Pd menyampaikan materi dengan judul Qadhaya Mu’asyirah fi al-Bahts al-Ilmi ‘an Ta’lim al-Lughoh al-‘Arabiyyah.

Retno Purnama Irawati S.S MA menyampaikan materi dengan tema “Recent research on Covid 19 in language and linguistics”. 

Negara peserta kegiatan ini terdiri atas Indonesia, Sri Lanka, Australia, Malaysia, Rusia, Irak, Mesir, Yordania, Saudi Arabia, Maroko, Aljazair, Iran, Nigeria, Suriah, Yaman, Bangladesh, Libya, Pakistan, India, Libanon, Mali, Kuwait,  Palestina, Tunisia, Sudan, Ghana, Burkina Faso dan Côte d’Ivoire (West Afrika).

Sementara itu tanggapan peserta terhadap kegiatan seminar ini sangat positif. Mulai dari menu pra acara, pembukaan, penyampaian materi sampai sesi tanya jawab dan penutup.

Para peserta berharap, agar dalam waktu dekat, Jurusan Sastra Arab menggelar kembali kegiatan serupa.  Hal itu juga diperkuat oleh hasil angket yang telah disebar kepada para peserta menjelang akhir kegiatan tersebut.

85,3% peserta menyatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini sangat baik dan 14,7% menyatakan baik. 75,2% menyatakan bahwa tema kegiatan ini sangat menarik dan 24,8% menyatakan baik. 79% peserta menyatakan bahwa penyampaian pemateri sangat baik dan 21% menyatakan baik. (roz/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Koramil 0833/ 02 Kedungkandang bersama Muspika menggelar operasi yustisi untuk menegakkan protokol kesehatan covid-19. Ini juga sekaligus melaksanakan PPKM level 2...

Malang Raya

Malang Post – Dandim 0833 Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona berupaya terus menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh sebagai imunitas terhadap penyakit dan virus....

Malang Raya

Malang Post — Berbagai macam cara dilakukan Pemkot Batu untuk melakukan percepatan vaksinasi kepada lansia. Terbaru Pemkot Batu bersama Batu Love Garden (Baloga) Jatim Park...

Malang Raya

Malang Post — Semakin melandainya angka kasus positif dan kematian akibat Covid-19, membuat kapasitas Bed Occupancy Rate (BOR) di Rumah Sakit Umum Daerah Dr Saiful...

Malang Raya

Malang Post — Target pendapatan daerah Kota Batu mengalami penurunan sebesar Rp 99,8 miliar. Penurunan target tersebut terungkap saat pembahasan perubahan APBD 2021. Dengan begitu...

ShowBiz

Malang Post — Grup band rock asal Malang, d’Kross, akan berkolaborasi dengan pedangdut terkenal, Clara Gopa (Duo Semangka).  Ini menjawab rasa penasaran para d’Krosser (fans...

headline

Malang Post — Bianglala di Alun-alun Kota Batu mulai berputar kembali, Jumat (22/10/2021) tepat pukul 13.00 WIB. Setelah mati suri selama tiga bulan karena penerapan...

Malang Raya

Malang Post — Tepat pada Jumat (22/10/2021) adalah Hari Santri Nasional. Pandemi Covid-19 belum usai, tapi peran santri di Indonesia sangat besar untuk memajukan Indonesia....