Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Mobil KaCa Hibur Anak Korban Bencana

TRAUMA HEALING: Tim Mobil KaCa saat memberilkan treatment kepada anak-anak korban bencana di Nganjuk. (Foto: Istimewa)

Nganjuk – Banjir dan tanah longsor menimpa Desa Selopuro, Ngetos, Kabupaten Nganjuk dua pekan lalu. Kerugiannya berupa  materi dan juga psikologis para korban, termasuk anak-anak.

Hingga kini mereka masih hidup di pengungsian. Sudah pasti membebani mereka. Tidak bisa hidup normal, apalagi masih kondisi pandemi covid-19.

Baca Juga ----------------------------

Maka perlu dilakukan trauma healing bagi anak-anak yang berada di pengungsian. Kali ini Mobil KaCa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Bekerjasama dengan Mahasiswa Relawan Siaga Bencana (Maharesigana).

Penanggungjawab pengungsian menyatakan, kehadiran Mobil KaCa (Kamis Membaca) ini, sangat menghibur anak-anak yang hidup di kamp. Karena saat ini yang dibutuhkan mereka bukan edukasi formal.

Melainkan kegiatan yang sifatnya refreshing, untuk mengurangi kejenuhan, rasa takut dan was-was. Tim KaCa pun mengajak anak-anak melakukan permainan yang menggembirakan. Seperti estafet holahop, moving bola dan bermain kata.

Juga disuguhkan film-film kartun Islami. Selesai menonton, anak-anak dibebaskan membaca buku yang tersedia di Mobil KaCa. Bagi anak yang belum bisa membaca, mereka mendengarkan dongeng. 

“Biasanya anak-anak bermain sendiri. Jarang ada kegiatan bermain bersama, membaca buku, dan menonton film seperti ini. Karena itu, saya sangat berterimakasih kepada UMM dan Mobil KaCa. Karena telah menghibur dan mengedukasi anak-anak di kamp pengungsian ini,” ujar Eko S, warga sekitar lokasi bencana.

Sitta Ardilillahi Ulfa menuturkan harapannya. Bahwa kegiatan ini tidak berhenti untuk anak-anak. Mengingat masa pengungsian masih akan lama, diharapkan akan ada program lanjutan yang ditujukan untuk remaja dan dewasa.

“Saat ini, kegiatan yang terlaksana sudah sangat bagus. Harapan kami, ada program lanjutan. Program trauma healing juga. Tapi untuk remaja dan dewasa,” terang anggota Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kabupaten Nganjuk ini.

Nurul Hamidah, Koordinator Lapangan Mobil KaCa UMM, sempat terkejut melihat antusiasme anak-anak. Tapi dia sangat senang, karena kegiatan Mobil KaCa ini bisa dilihat langsung manfaatnya.

“Anak-anak terlihat senang ketika kami memutar film kartun. Lalu ketika sesi baca buku, anak-anak langsung menyerbu. Mereka memilih buku-buku yang disukai. Bahkan beberapa orang dewasa juga ikut membaca buku,” ujar Mida.

Tak lupa pihaknya tetap memerapkan protokol kesehatan yang ketat. “Para relawan diharuskan memiliki surat Swab Antigen. Selain itu, para relawan juga wajib mengenakan masker dan mencuci tangan selama berkunjung di kamp pengungsian,” pungkasnya. (roz/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Relawan Kelurahan Karangbesuki, Kecamatan Sukun mendapatkan pelatihan penanganan covid-19, Jumat malam (26/11). Pelatihan itu terlaksana di gedung serba guna RW 07...

Pendidikan

Malang Post –  Universitas Negeri Malang melaksanakan kunjungan ke Universitas Padjadjaran Bandung dan Institut Teknologi Bandung pada 25-26 November 2021. Kunjungan tersebut bertujuan untuk...

headline

Malang Post – Kehadiran Teknologi Finansial (Fintech) di Indonesia tak dapat dipungkiri telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Terlebih saat kalangan underserved dan unbanked...

Pendidikan

Malang Post – Politeknik Negeri Malang (Polinema) kembali menyelenggarakan wisuda ke-55 secara hybrid (luring dan daring). Peserta kali ini mahasiswa Magister Terapan, Sarjana Terapan dan...

Malang Raya

Malang Post – Sasaran rasda yaitu 120 orang warga pra sejahtera Kelurahan Mulyorejo Kecamatan Sukun kota Malang. Penyerahan rasda tersebut terlaksana di e-warung Amanah...

Pendidikan

Malang Post – Peringati dies natalis yang ke 36 tahun, prodi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) gelar webinar nasional bertema Potensi Sektor Pertanian dan...

Pendidikan

Malang Post – Universitas Islam Malang kembali menjalin kerjasama kesepahaman dengan beberapa perguruan tinggi dalam negeri. Kali ini menggandeng Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI)...

Malang Raya

Malang Post – Kamis malam (25/11), tim gabungan di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang melaksanakan penegakan tersebut. Tim gabungan ini terdiri dari anggota Polsek Kedungkandang...