Connect with us

Hi, what are you looking for?

Nasional

Atlet Divaksin Karena Fisik Kuat

VAKSIN ATLET: Wakil Presiden didampingi Menko PMK, Menpora dan Gubernur DKI Jakarta, saat meninjau vaksinasi untuk altet. (Foto: jpnn)

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Prof. Muhadjir Effendy mengatakan, prioritas vaksinasi untuk atlet, adalah kebijakan yang tepat. Menurutnya, para atlet harus terjaga dan aman dari Covid-19. Sebelum bertanding membawa nama baik Indonesia.

‘’Ini kebijakan yang tepat kalau atlet diprioritaskan. Karena mereka akan segera bertanding dan mereka terutama yang mau bertanding di luar negeri, akan membawa nama baik Indonesia. Wajar kalau mereka diprioritaskan,’’ ujar Menko PMK, usai mendampingi Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, meninjau pelaksanaan vaksinasi untuk atlet di Istora Senayan, Jumat (26/2).


Muhadjir berharap, vaksinasi atlet akan kembali mengaktifkan kegiatan-kegiatan olahraga di Indonesia. Pasalnya, selama masa pandemi, berbagai kegiatan olahraga banyak yang terhenti. Untuk meminimalisir penularan Covid-19.

Program vaksinasi Covid-19 kepada para atlet, kata dia, merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk mempercepat vaksinasi. Atlet merupakan salah satu kelompok masyarakat tertentu yang diprioritaskan mendapat vaksin Covid-19 setelah tenaga kesehatan.


‘’Mudah-mudahan ini betul-betul bisa mengangkat kegiatan-kegiatan olahraga kembali. Kan sekarang sedang lesu kegiatan olahraga. Kalau atlet-atletnya sudah divaksin mudah-mudahan makin longgar kegiatan olahraga,’’ harapnya.

Dalam peninjauan tersebut, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin berharap pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi para atlet, menjadi motivasi bagi masyarakat. Untuk tidak takut melakukan vaksinasi. Apalagi, kata dia, atlet merupakan representasi kelompok yang secara fisik kuat.


‘’Ini prioritas. Terutama atlet yang akan melakukan event domestik dan global. Karena event ini berjalan walaupun masa pandemi. Tidak dihadiri oleh penonton. Event olahraga ini penting. Kalau terpapar Covid-19, bisa-bisa mereka tidak bisa ikut event itu,’’ terang Ma’ruf Amin.

Wapres Ma’ruf Amin berharap, pelaksanaan vaksin untuk para atlet, yang juga merupakan figur publik, bisa memberikan contoh yang baik kepada masyarakat.


‘’Atlet ini representasi kelompok yang secara fisik kuat. Kami harapkan melalui vaksinasi ini menjadi motivasi bagi masyarakat untuk atlet setelah divaksin tetap sehat dan kuat, mudah-mudahan vaksinasi ini lebih baik,’’ tandasnya.

Karena itulah, kata dia, kenapa atlet merupakan kelompok prioritas penerima vaksin Covid-19. Karena mengikuti berbagai pertandingan olahraga. Baik di tingkat domestik maupun global.

Apalagi, sejumlah kejuaraan tetap berjalan meski tanpa penonton karena pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. ‘’Event-event olahraga ini penting selain untuk hiburan, tapi juga untuk memenuhi kebutuhan komersial para atlet itu sendiri,’’ kata Ma’ruf.


Sementara itu dalam konferensi virtual, Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali menjelaskan soal pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk para atlet. Ia mengatakan, telah meminta lima ribu dosis vaksin Covid-19, untuk atlet nasional ke Kementerian Kesehatan.

‘’Kalau masih ada kekurangan, maka tentu saya akan melapor ke Menkes (Menteri Kesehatan),’’ kata Amali.

Vaksinasi Covid-19 untuk atlet tahap pertama, diutamakan untuk atlet yang sedang berada di Jakarta. Dan sedang mempersiapkan diri untuk bertanding.

Selanjutnya, kata Amali, Kemenpora akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan di daerah, untuk vaksinasi Covid-19 kepada atlet yang sedang kembali di kota asalnya. 

‘’Kami akan berkoordinasi dengan Menkes, supaya mereka (atlet yang ada di daerah) tidak perlu ramai-ramai ke Jakarta. Jadi divaksin di daerah saja,’’ kata Menpora. (rdt)

Click to comment

Leave a Reply

You May Also Like

Pendidikan

AMEG – Sebanyak 236 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Brawijaya (UB) lolos mendapat pendanaan dari Dikti. Jumlah tersebut menempatkan […]

Malang Raya

AMEG – Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, berharap ada pos anggaran untuk memfasilitasi atlet penyandang disabilitas. Menurutnya saat ini […]

headline

AMEG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, serius melarang aparatur sipil negara (ASN) nya untuk mudik. Tidak ingin kecolongan, Pemkab Malang […]

Kuliner

Lebaran sangat identik dengan ketupat, opor ayam, dan rendang. Sedangkan hidangan berbahan kambing biasanya disajikan saat libur hari raya Idul Adha. […]

Kuliner

AMEG – Ramadan tahun ini, Kota Batu semarak dengan aneka kuliner hidangan buka puasa. Disajikan berbagai hotel, yang menawarkan konsep, […]

headline

AMEG – Terhitung mulai 10 Mei 2021, PT KAI Daop 8 Surabaya, akan mengoperasionalkan Stasiun Malang Baru yang berada di […]

Pendidikan

AMEG – Syiar Ramadan di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang), di hari ke 27 Ramadhan, […]

Malang Raya

AMEG – Pasangan pengusaha muda sukses asal kota Malang, Gilang Widya Pramana dan Shandy Purnamasari, memanfaatkan Ramadan tahun ini, dengan […]

headline

AMEG – Pelarangan mudik lebaran tahun 2021, mulai 6 Mei hingga 17 Mei 2021, berdampak besar pada sektor ekonomi pariwisata […]

%d bloggers like this: