Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Yang Daftar 6.689 Perusahaan Ikuti Vaksin Gotong Royong Secara Mandiri

MANDIRI: Inilah nara sumber dalam Dialog Produktif yang mengambil tema: Menyongsong Vaksin Gotong Royong. Diselenggarakan KPCPEN dan ditayangkan FMB9ID_IKP. (Foto: KPC PEN)

JakartaWacana vaksin gotong royong, menimbulkan pertanyaan di masyarakat. Kendati demikian, bagi pengusaha, ini merupakan langkah inisiatif. Untuk keluar dari pandemi secepatnya. Hingga ekonomi kembali pulih.

Vaksin gotong royong, merupakan upaya pengusaha. Sekaligus tanggung jawab mereka bagi karyawan perusahaan. Untuk melindungi dari paparan Covid-19.

Baca Juga ----------------------------

‘’Sekaligus membantu mempercepat herd immunity, yang ingin dicapai pemerintah. Kalau ada yang mau membantu untuk mempercepat pemulihan, kita jangan menolak,’’ terang Arya Sinulingga, Koordinator Komunikasi Publik PMO Komite Penangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Pada pelaksanaannya, menurut Arya, pengusaha mengusulkan membantu dengan cara memvaksinasi karyawannya. Tindakan itu tidak mengganggu program vaksinasi pemerintah. Tidak mengambil hak orang lain. Justru mempercepat vaksinasi.

‘’Pada prinsipnya, ketika pandemi ini cepat terselesaikan. Pemulihan ekonomi juga akan semakin cepat. Jadi apabila ada usaha mempercepat vaksinasi, maka percepatan ekonomi akan makin cepat juga,’’ ujarnya Rusli Abdullah, Peneliti dari Institue for Development of Economics and Finance (INDEF).

‘’Inisiatif pengusaha patut diapresiasi. Untuk mengikuti program vaksin gotong royong, agar utilitas pabriknya bisa maksimal. Yang tadinya 25 persen jadi naik 60-70 persen. Dari sisi perusahaan menguntungkan. Dari sisi ekonomi, pekerjanya bisa kembali bekerja sepenuhnya,’’ tegasnya.

Rusli juga memberikan cacatan, bagi perusahaan yang bisa mengikuti vaksinasi gotong royong ini, adalah padat karya, berada di zona merah Covid-19 dan memiliki efek multiplayer yang besar pada perekonomian nasional.

‘’Saat ini KADIN diminta mendata perusahaan yang tertarik mendaftar program vaksin gotong royong. Dalam dua pekan, ada 6.689 perusahaan yang tertarik. Antusiasmenya sangat tinggi. Tujuannya, agar perusahaan membantu membiayai karyawannya mendapatkan vaksin secara gratis,’’ kata Shinta Widjaja Kamdani, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN).

‘’Banyak memang perusahaan-perusahaan padat karya, memiliki fasilitas kesehatan sendiri. Termasuk tenaga kesehatannya. Itu memungkinkan sekali. Namun pelaksanaannya seperti apa, kita tunggu aturan dari pemerintah,’’ tambah Shinta.

Bagi Shinta, perlu dilakukan sosialisasi untuk memperjelas posisi vaksin gotong royong ini. Ketika nanti keluar aturannya, vaksin gotong royong tidak ada niatan komersialisasi. Benar-benar membantu percepatan vaksinasi. Semua tetap dalam kontrol pemerintah.

‘’Jadi objektifnya jelas. Yakni bersama membantu Indonesia. Tanpa keberhasilan vaksinasi, tidak mungkin kita bisa melakukan pemulihan ekonomi dengan baik. Ini perang kita bersama. Kami pelaku usaha, siap mendukung dan berpartisipasi,’’ terangnya.

Tata Kelola vaksin gotong royong ini, menurut Arya Sinulingga, akan diatur secara ketat dan transparan. Misalnya, vaksin yang digunakan tidak sama dengan program vaksinasi gratis pemerintah. Tidak menggunakan fasilitas kesehatan pemerintah. Pengusaha memberikan gratis pada pekerjanya.

‘’Tantangannya justru pada mendapatkan vaksinnya. Seluruh dunia sedang sama-sama mencari vaksin saat ini. Tentunya kita berusaha agar tidak mahal dan pengusaha mendapatkan vaksinnya dengan harga normal. Sekali lagi, vaksin gotong royong ini bukan untuk orang kaya. Tapi untuk karyawan mereka, yang selama ini rentan terpapar Covid-19,’’ paparnya. (*rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post — Pemkab Malang mengapresiasi para pelajar yang berprestasi di bidang olahraga. Salah satunya Koko Indra, asal Desa Pujon, Kecamatan Pujon. Ia tergabung sebagai...

Malang Raya

Malang Post — Polres Malang bersinergi dengan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Kepanjen, untuk menjaring relawan vaksinasi. Agar terwujud percepatan vaksinasi bagi masyarakat Kabupaten Malang....

Pendidikan

Malang Post – Mahasiswa baru (maba) dari berbagai daerah Nusantara turut serta dalam gelaran Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Event tahunan...

Malang Raya

Malang Post — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya menggelar Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan 33 dan 34. Dilakukan sejak Sabtu (18/9/2021) hingga Selasa (21/9/2021)....

Pendidikan

Malang Post — Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, kembali mendapatkan kabar gembira. Ini setelah salah satu mahasiswanya memperoleh penghargaan. Melalui LKTIN...

Malang Raya

Malang Post — Setahunan tersangka RP (29) warga ber-KTP Desa Jenggolo Kepanjen, Kabupaten Malang pakai narkoba jenis Sabu (SS). Alasannya demi tahan rasa kantuk karena...

Malang Raya

Malang Post – Sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19 serta sejalan dengan program pemerintah pusat yang mulai melaksanakan vaksinasi bagi pelajar.  Ketua Yayasan Kartika...

headline

Malang Post — Beredarnya video jajaran Pemkot Malang bersepeda dan diduga memaksa memasuki Pantai Kondang Merak yang tutup, viral di media sosial. Kejadian berlangsung Minggu...