Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Sosialisasi Meski Bukan Tuan Rumah

Ruddy Widodo, Manager Arema FC. (Aria Cakraningrat/DI’s Way Malang Post)

Malang – Tak lama lagi publik sepak bola di Tanah Air, khususnya Malang, bakal disuguhi tontotan sekaligus hiburan dari atas lapangan hijau. Pasca aktivitas sepak bola vakum cukup lama. Hampir satu tahun sejak 16 Maret 2020 silam, karena pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Gagasan Menpora RI Zainudin Amali, bersama PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), akan memulainya lewat turnamen atau even pramusim Piala Menpora 2021. Pada 20 Maret – 25 April 2021 mendatang.

Baca Juga ----------------------------

Hanya saja Aremania dan Aremanita, harus rela menyaksikan seluruh pertandingan Piala Menpora 2021 dan Liga 1 2021. Termasuk tim kebanggaannya Arema FC, dari televisi. Lantaran seluruh laga, tertutup bagi umum atau tanpa kehadiran seorang pun penonton.

Menyusul rapat koordinasi antara Menpora, bersama perwakilan dari Polri  (Kepolisian Republik Indonesia), BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), Satgas Covid-19 (Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19), PSSI, KONI Pusat dan PT LIB (10/2) lalu, di Jakarta. Terkait pemaparan dari PSSI dan PT LIB, perihal roadmap penyelenggaraan aktivitas dan kompetisi sepak bola Indonesia.

Dari tujuh poin hasil rakor, dua poin diantaranya tegas-tegas mengharamkan kerumuman massa. Yakni poin pertama, pertandingan tanpa penonton dan tidak boleh ada kerumunan di luar stadion. Maupun area di sekitarnya.

Kedua, tidak boleh ada yang melakukan nonton bareng alias nobar di lokasi mana pun. Solusinya adalah pada poin ketiga, yakni siaran langsung televisi harus bisa menjangkau masyarakat dan media streaming lainnya. Juga harus bisa ditonton oleh masyarakat. Bahkan bisa ditonton lewat handphone.

‘’Tidak hanya even pramusim Piala menpora 2021, namun juga Liga 1 2021, semua laga digelar tertutup atau tanpa penonton. Pertimbangan demi kesehatan dan keselamatan bersama. Karena pandemi Covid-19 belum mereda di Tanah Air.’’

‘’Untuk itu manajemen mulai mensosialisiasikan aturan laga tanpa penonton ke Aremania, melalui media apa pun. Aturan tersebut akan mulai diterapkan sejak Piala Menpora 2021, hingga Liga 1 2021 mendatang,’’ ungkap General Manager PT Arema Aremania Bersatu Berprestasi Indonesia (PT AABBI), Ruddy Widodo.

Malang bersama Solo, Sleman, dan Bandung, telah ditunjuk PT LIB sebagia tuan rumah penyelenggaran babak penyisihan grup Piala Menpora 2021.

Stadion Kanjuruhan di Kepanjen, Kabupaten Malang, akan menjadi venue utama disamping venue cadangan atau alternatif. Yakni  Stadion Gajayana di Kota Malang.

Bahkan salah satu upaya meminimalisir suporter, yang memaksakan diri hadir ke arel luar stadion, Arema FC juga PSS Sleman, Bhayangkara-Solo FC dan Persib Bandung, berpeluang tak bermain di markasnya sendiri. 

‘’Walaupun Arema tidak bermain di grup Malang, namun kami tetap akan memanfaatkan status Malang, sebagai tuan rumah sebagai ajang sosialisasi kompetisi tanpa penonton. Bisa lewat spanduk di tribun dan display e-board di stadion saat Piala Menpora 2021. Juga akun media sosial Arema. Nantinya kan bisa disorot kamera saat siarang langsung. Semoga ini efektif,’’ imbuh Ruddy Widodo.

Terlebih seluruh laga Piala Menpora 2021 di empat kota, bakal menjadi tolok ukur bagi Polri dibawah Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, sebelum memberikan izin untuk penyelenggaraan kompetisi Liga 1 2021.

Terkait penerapan disiplin ketat protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 yang oleh dikatakan sebagai simulasi sekaligus.

‘’Sukses menerapkan simulasi atau  percobaan protokol kesehatan Covid-19 selama Piala Menpora 2021, termasuk digelar tanpa penonton. Tentu izin kompetisi Liga 1 2021 akan diberikan Polri. Namun jika dinilai gagal diterapkan tanpa penonton, maka izin Liga 1 2021 terancam sulit keluar. Ini butuh kerjasama semua pihak dan unsur tanpa terkecuali, baik di Malang, Solo, Sleman, Bandung maupun semua 18 klub peserta,’’ tegas pria asal Madiun tersebut. (act/rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Serbuan vaksin Kodim 0833 Kota Malang terus berlanjut. Kali ini lokasi vaksinasi bertempat di Yayasan Sekolah Al Irsyad Jalan Arif Margono...

Malang Raya

Malang Post – Pada hari Sabtu tanggal 25 September 2021 pukul 08.00 wib bertempat di Klinik Shita Farma jln Joyo agung no 3 RT...

Malang Raya

Malang Post – Tim gabungan penanganan covid-19 di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang kembali menggalakkan operasi yustisi. Sabtu, 25 September 2021, hari ini, tim gabungan...

Malang Raya

Malang Post – Ketua Bhayangkari Malang Kota, Ny Enic Budi Hermanto, resmi membuka proses pembangunan Gedung Bhayangkari. Prosesi peletakan batu pertama pembangunan Kantor Bhayangkari...

Malang Raya

Malang Post – Polresta Malang Kota gelar acara tasyakuran HUT Polisi Lalu lintas ke-66, Jumat (24/9/2021) dan dihadiri seluruh perwira jajaran Satlantas Polresta Malang...

headline

Malang Post – GMNI Malang melakukan unjuk rasa menyikapi Walikota Malang Sutiaji yang diduga melanggar peraturan PPKM, Minggu 19 September 2021. Viral di medsos...

Malang Raya

Malang Post – Jumat, 24 September 2021, Babinsa di Kota Malang menyebar di sejumlah lokasi pelaksanaan vaksinasi.Pertama, vaksinasi dosis 2 ditempat ibadah yang ada...

Malang Raya

Malang Post – Dalam rangka menyambut peringatan HUT TNI ke-76 Tahun 2021, Korem 083/Bdj beserta Kodim 0833/Kota Malang secara serentak melaksanakan Bakti sosial berupa...