Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Organic Urban Farming Arema

FUNGSI EDUKASI: Dispangtan Kota Malang memaparkan program-programnya saat kunker Komisi B, termasuk edukasi program baru. (Foto: Joffa/HARIAN DI’S WAY MALANG POST)

Malang – Pandemi Covid-19 bukan hanya persoalan kesehatan. Tapi juga ketahanan pangan. Karena belum ada obatnya, maka imunitas yang kuat penangkalnya. Bagaimana bisa kuat imunitas seseorang jika asupan nutrisinya rendah? Maka ketahanan pangan punya andil dalam tatanan new normal saat ini.

Leading sectornya jelas, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan). Langkah strategis dan inovatifnya saat ini harus nyata. Minimal mempertahankan ketahanan pangan masyarakat Kota Malang. Targetnya harus meningkat. Ini tak lepas dari pengawasan Komisi B DPRD Kota Malang.

Baca Juga ----------------------------

Menjalankan tupoksinya, dilakukan kunjungan kerja ke Dispangtan Kota Malang, Jumat (19/2) pagi. Rapat juga digelar Kantor Bidang Perikanan. Legislator mendapat paparan program bertajuk Urban Farming Arema. Ini upaya penguatan ketahanan pangan saat pandemi. Pemberdayaan dilakukan dengan menggandeng elemen masyarakat.

Kepala Dispangtan, Ade Herawanto menjelaskan program tersebut. Targetnya, mampu menjawab isu strategis peningkatan ketahanan pangan di era pandemi.

“Ini upaya terobosan Dispangtan. Untuk peningkatan ketahanan pangan era pandemi. Melalui kolaborasi pentahelix. Antara Dispangtan, akademisi, media, komunitas (PKK,TNI/persit, jaringan pompes Malang, Aremania, milenial) serta para pebisnis,” jelasnya.

Sam Ade D’kross sapaan akrabnya, meyakini instrumen pentahelix ini menjadi dukungan program itu. Rencananya mulai digeber pekan depan. Masih ada program tiap bidang. Organic Urban Farming Arema dan Mlijo online, program bidang pertanian. Kemudian bidang perikanan, membangun aquagriculture skala riset dan teknologi terapan.

Bidang peternakan ada program, Malang Halal Food and Beverage. Bidang edukasi dan litbang IT membuat program Malang Organic and Fresh Market, Iconic Display Marketing Digital Organik Urban Farming Arema dan pembangunan mini food estate.

Terdapat juga pembentukan, pembinaan dan pengembangan jaringan sumber daya hasil produksi bahan pokok yang terintegrasi dengan pihak terkait se-Malang Raya. Tahun 2021 ini, terdapat delapan program: 18 kegiatan dan 34 sub kegiatan.

“Program Dispangtan tahun 2021, ada delapan. Antara lain, peningkatan diversifikasi dan ketahanan pangan masyarakat. Program pengawas keamanan pangan. Program penyediaan dan pengembangan sarana pertanian. Program penyuluhan pertanian. Program pengendalian kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner. Program pengelolaan perikanan budidaya. Program pemasaran hasil perikanan. Program penunjang urusan pemerintah daerah,” urainya.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Malang, Rahman Nurmala merespon hal ini. Sebenarnya Renstra (Perencanaan Strategis) tiap OPD (Organisasi Perangkat Daerah) tetap mengacu pada visi dan misi Kota Malang.

“Visi Malang Bermartabat yang digaungkan oleh pak Wali dibreakdown menjadi 4 misi. Salah satu misi, dibreakdown lagi oleh Dispangtan dan melahirkan beberapa program,” jelasnya.

Berkaitan dengan ketahanan pangan, pihaknya sebagai fungsi legislasi, pengawasan dan anggaran senantiasa mendorong. Agar kedepannya, program yang dicanangkan tetap terkait dan saling bersinergi dengan visi misi Kota Malang.

“Oleh karena itu kita dorong ke depan tetap terkait dengan visi misi Kota Malang. Sekaligus review RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) lima tahun. Meskipun di pertengahan jalan tidak apa-apa. Karena ketahanan pangan ini merupakan kebutuhan saat ini,” tambahnya.

Di era pandemi, masyarakat tidak boleh hanya mengandalkan bantuan sosial. Perlu adanya kemandirian. Salah satunya dengan melakukan urban farming. (jof/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Pendidikan

AMEG – Di tengah pandemi Covid-19, tak sedikit yang punya hobi baru, salah satunya adalah berkebun. Sepertihalnya warga Desa Kedungpedaringan, Kepanjen, Kabupaten Malang. Melihat hal...

News

AMEG-Pandemi Covid-19, meluluhlantakkan sektor ekonomi. Berbagai macam potensi sumber anggaran, difokuskan untuk pemulihan ekonomi. Salah satunya pemanfaatan dana bagi hasil cukai dan tembakau (DBHCT)...

Socialnet

Kota Malang kehilangan satu magnitnya,  Ir Ade Herawanto, atau dikenal  Ade D’kross, yang Kamis 25 Maret 2021 tertangkap Polresta Malang, kasus narkoba. Mestinya, 1...

News

Malang – Ditengah pandemi Covid-19 ini, MTsN 6 Malang tak henti-hentinya berinovasi dalam hal pembelajaran, agar para siswa yang sudah hampir setahun belajar dari...

Advertorial

Kamis, 18 maret 2021 Tax Center Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang menyelenggarakan kegiatan Isi e-SPT untuk Dosen dan Tenaga Kependidikan di lingkungan kampus Universitas...

Malang Raya

Malang – Ketahanan pangan yang menjadi fokus Dispangtan Kota Malang, bukanlah program tanpa output. Berbagai ide dan inovasi digagas dinas di bawah komando Ir...

News

Malang – Program urban farming Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Malang tidak hanya untuk ketahanan pangan. Namun, juga menyasar pada keamanan pangan....

News

Batu – Belajarlah pada ahlinya. Kata bijak bagi mereka yang sedang menempuh studi. Ada juga, pengalaman adalah guru terbaik. Maka sudah wajib bagi mahasiswa...