Connect with us

Hi, what are you looking for?

Nasional

GeNose Bukan Deteksi Virus

Foto Ilustrasi GeNose. (Foto: Kantor Staf Presiden)

Malang – Menristek/Kepala BRIN, Bambang Brodjonegoro menegaskan, GeNose masuk dalam kategori breathlizer. Artinya sesuatu alat yang mengandalkan hembusan nafas.

‘’Memang GeNose tidak didesain mendeteksi virus. Tetapi alat ini bisa mendeteksi orang yang sudah terpapar. Kalau dia tak target virus, bagaimana bisa tahu?, ujarnya menjelaskan saat Hybrid Launching: GeNose C-19 Inovasi Indonesia untuk Pariwisata Indonesia secara virtual di Jakarta, Jumat (19/2).

Baca Juga ----------------------------

‘’Dalam hembusan nafas, ada senyawa, yang bisa membedakan. Apakah orang ini baik-baik saja ketika bernafas, atau terkena Covid-19 atau terkena TBC atau penyakit lain,’’ imbuhnya.

Dia menjelaskan, bagaimana alat yang satu ini, bisa menganalisa saat seseorang sudah terpapar virus. Menurutnya, alat kesehatan ini mengandalkan teknologi sudah revolusi industri 4, yang mengandalkan Artificial Intelligence (AI).

Menurutnya, bagi yang sudah mendalami AI, kelebihannya adalah machine learning, yang tak pernah berhenti belajar. Begitu dijalankan akan terus update, akurasi. Caranya tentu saja dengan selalu mengumpulkan data-data yang sudah dikumpulkan. Sehingga semakin banyak GeNose dipakai, akan semakin baik bagi alat tersebut.

‘’Ini bukan alkes (alat kesehatan, Red.) biasa. Kenapa ini spesial? Karena ini sesuatu yang baru. Inovasi,’’ katanya.

Alat ini memang hanya digunakan 100 ribu kali. Namun bukan berarti setelah itu tak bisa lagi digunakan. Seperti halnya sebuah kendaraan yang turun mesin, GeNose juga bisa diperbaiki.

‘’Membeli GeNose jangan hanya sebagai expense. Membeli ini investment, jangka panjang. Kalau melihat ke situ (harga) Rp 60 juta bukan memberatkan,’’ katanya.

Sementara itu, PT KAI Daop 8 Surabaya, telah menerapkan tes Covid-19 menggunakan GeNose-19 di Stasiun Pasarturi, sejak Senin (15/2) lalu. Hal tersebut disambut baik oleh para calon penumpang kereta.

Terdapat enam bilik yang dipersiapkan untuk melakukan tes GeNose C19 di stasiun tersebut. Seluruh bilik, terlihat hampir selalu terisi calon penumpang. Terlihat calon penumpang antre menuju bilik tes GeNose. Setelah itu, penumpang akan diminta meniup plastik yang disediakan petugas, layaknya meniup balon.

Petugas akan meminta kembali plastik yang sudah mengembang terisi napas dari calon penumpang. Setelah itu, calon penumpang tinggal mengambil hasil tesnya di meja yang lain.
Tak hanya itu, petugas yang diposisikan di bagian administrasi, juga terlihat sibuk memandu calon penumpang yang antre memeriksa GeNose C19. Salah satu penumpang, Aarif Maalif (40), warga Jalan Pabean yang akan menuju ke Jakarta, mengaku menyukai teknis pengambilan sampel menggunakan tes Covid-19 GeNose.

Berbeda dengan menggunakan rapid Antigen, kata Aarif, pemeriksaan kesehatan memakai GeNose tidak membuat hidung sakit karena hanya perlu meniup kantong plastik.

‘’Tes GeNose menurut riset lebih akurat mendekati PCR, dan otomatis lebih ramah. Lebih mudah dan tidak membutuhkan waktu banyak, seperti meniup balon saja,’’ kata Aarif. (*rdt)


Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post – Dalam rangka percepatan Herd Immunity, Universitas Negeri Malang (UM) kembali sukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac dosis pertama dan kedua yang ditujukan...

Pendidikan

Malang Post — SMAN 1 Sumberpucung berkomitmen mendukung pemerintah menangani pandemi Covid-19 yang belum mereda. Salah satunya melalui program vaksinasi remaja. Menggandeng Puskesmas Sumberpucung, vaksinasi dosis...

Malang Raya

Malang Post – Hutan Kota Malabar menjadi pusat kegiatan aksi bersih-bersih yang diinisiasi jajaran Kodim 0833 dalam hal ini Koramil Klojen pemangku wilayah. Tidak...

Malang Raya

Malang Post – Bank Sahabat Sampoerna (BSS) Malang bersama mitra bisnisnya, KSP Sahabat Mitra Sejati, kembali menggelontorkan ratusan paket sembako bagi masyarakat yang terdampak...

Malang Raya

Malang Post – Kodim 0833 Kota Malang melakukan berbagai upaya untuk tingkatkan imun di masa pandemi covid-19. Jumat (17/9), Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol...

Malang Raya

Malang Post – Pemkab Malang gelar Vaksinasi Massal untuk pelajar bertajuk”Indonesia Sehat, Indonesia Hebat”. Bersinergi bersama Badan Intelijen Negara (BIN). Dihadiri Bupati Malang HM...

Pendidikan

Malang Post — Ikatan Guru Taman Kanak -Kanak (IGTKI) Kecamatan Donomulyo melalui Dinas Pendidikan bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat menggelar workshop....

Pendidikan

Malang Post – Ratusan murid SMP KHA Thohir Pulungdowo Tumpang Kabupaten Malang menjalani vaksinasi di lingkungan sekolah. Ini untuk mencegah penyebaran virus covid-19 dan menjadi...