Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Sidang Kasus Gratifikasi di Kab Malang, Konfirmasi Barang Bukti Setoran Uang Rp 3,5 Miliar

BARANG BUKTI: Sidang kasus gratifikasi di Kab Malang kembali digelar, Selasa (16/2/2021). Sidang dibuka dengan konfirmasi barang bukti dari saksi Romdhoni dan Sudarso.( Foto: Aziz Tri P)

Surabaya – Sidang kasus gratifikasi proyek Dindik Kabupaten Malang kembali digelar, Selasa (16/2). Di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Surabaya, Jl Raya Juanda, Sidoarjo. Sidang dipimpin Ketua Majelis Hakim Dr Johanis Hehamony SH MH.

Agendanya masih tetap menghadirkan saksi dari tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK. Kali ini dihadirkan dua saksi dari enam yang direncanakan.

Baca Juga ----------------------------

Saksi Abdul Kholik (mantan Ketua PP Kab Malang) untuk dua terdakwa, Eryk Armando Talla (No Perkara 82/Pid.Sus-TPK/2020/PN Sby) dan Rendra Kresna (No Perkara 84/Pid.Sus-TPK/2020/PN Sby). Serta saksi Ali Murtopo (terpidana 3 tahun kasus suap atau kasus pertama) untuk terdakwa Eryk Armando Talla.

Artinya, sudah 25 saksi yang dihadirkan dalam lima kali persidangan. Empat saksi pada sidang 19 Januari 2021, lima saksi pada sidang 26 Januari 2021, enam saksi dalam sidang 2 Februari 2021, delapan saksi pada sidang 9 Februari 2021 dan dua saksi dalam sidang kali ini, Selasa (16/2/2021). Rencananya sidang Selasa pekan depan,  mulai dihadirkan saksi ahli.

Sidang dibuka Ketua Majelis Hakim Johanis Hehamony dengan konfirmasi barang bukti dari saksi Romdhoni (Kepala Dinas PU Bina Marga Kab Malang) dan Sudarso (pengusaha).

Romdhoni sudah memberikan keterangan dalam sidang pekan lalu, Selasa (9/2/2021). Bersama Heri Sujadi (Kabid Fasilitas Jalan Dinas PU Bina Marga Kab Malang, bawahan Romdhoni) untuk terdakwa Rendra Kresna. Sedangkan saksi Sudarso sudah memberikan keterangan  dalam sidang 2 Februari lalu.

Baca Juga ----------------------------

“Bagaimana saudara, apakah ada pemikiran lain yang didapat?,” tanya Ketua Majelis Hakim Johanis Hehamony pada Romdhoni. “Tidak ada yang mulia,” katanya.

Seperti diketahui, Romdhoni dalam kesaksiannya pekan lalu menyatakan adanya perubahan BAP yang menyebabkan pertanyaan dari jaksa maupun hakim.

“Saya hanya menegaskan, kasus yang terkait dengan saya itu terjadi di Dinas PU Bina Marga Kab Malang, bukan di Dinas Pendidikan,” kata Romdhoni.

“Baik. Terus uangnya di mana? Uang Rp 3,5 miliar itu ada di mana?,” tanya Johanis. “Sudah disetorkan ke Sando Junaidi. Ada juga yang dipakai untuk pembangunan rumah yang di Araya,” kata Romdhoni. “Silakan maju ke depan untuk konfirmasi barang bukti,” kata Johanis Hehamony.

Baca Juga ----------------------------

Jaksa Eva dalam sidang pekan lalu mengejar keterangan saksi Romdhoni yang memerintahkan Heri Sujadi untuk mengumpulkan uang Rp 3,5 miliar. “Ini atas perintah siapa? Perintah terdakwa Rendra Kresna?,” tanya Eva. “Intinya perintah itu tidak langsung dari Pak Rendra. Tapi dari Yudi Irianto dan Sando Junaidi,” kata Romdhoni saat itu.

Sedangkan Sudarso mengkonfirmasi barang bukti penerimaan uang sebesar Rp 50 juta. “Pada intinya, setelah uang proyek cair dari Andik Dwi Putranto, masih ada sisa Rp 150 juta. Oleh Ali Murtopo sisa uang tersebut dibagi tiga, Ali Murtopo, Eryk Armando Talla dan saya,” kata Sudarso. “Masing-masing Rp 50 juta,” lanjut Sudarso.

Setelah Romdhoni dan Sudarso mengkonfirmasi barang bukti, Johanis Hehamony melakukan video conference dengan terdakwa Rendra Kresna dari Lapas Porong Sidoarjo dan terdakwa Eryk Armando Talla dari Rutan KPK Jakarta.

“Untuk Pak Rendra Kresna dan Pak Eryk Armando Talla, seperti bapak-bapak saksikan ini barang bukti dari keduanya,” kata Ketua Majelis Hakim Johanis Hehamony. (azt/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Wisata

Malang Post – Memperingati hari ulang tahun ke-8 ibis Styles Malang, digelar serangkaian acara. Antara lain, Garage Sale, Donor Darah dan acara puncaknya Ceremony untuk...

Malang Raya

Malangpost – Wakil Bupati Malang Drs. H. Didik Gatot Subroto, SH, MH menghadiri Perayaan Natal Oikoumene Kabupaten Malang Tahun 2021 di Pendopo Agung Kabupaten...

Malang Raya

Malang Post – Pembicara asal Jakarta, Haikal Hassan mendatangi masjid Manarul Islam, Jalan Danau Bratan Raya, Kelurahan Sawojajar, Kota Malang, Sabtu subuh (22/1). Dia...

Pendidikan

Malang Post –  PT Waskita Karya Tbk, sebuah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang konstruksi. Dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan ini memiliki...

Pendidikan

Malang Post –  Ada wajah warga asing yang menghiasi wisuda ke-102 Univesitas Muhammadiyah Malang (UMM). Ia adalah Dr. Robert John Pope, M.Pd.I yang berhasil...

Pendidikan

Malang Post –  Hari Jumat (21/1/2022) adalah kelanjutan rapat pimpinan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang. Rapim yang dilakukan dua hari...

Pendidikan

Malang Post –  Tim KKN UM Peduli Semeru Zona 2 Desa Argoyuwono meakukan sosialisasi mitigasi bencana di SDN 1 Argoyuwono. Ini merupakan bentuk tindakan...

Malang Raya

Malang Post –  Seorang polwan tampak berbaur dengan TNI dan warga dalam gotong royong pembangunan gapura di perbatasan Dusun Bunut Kidul, Desa Asrikaton dengan...