Connect with us

Hi, what are you looking for?

Beauty

Bulu Mata Lebat dan Panjang Dengan Bahan Alami

Foto Ilustrasi. (Foto: klikdokter)

Malang – Memiliki bulu mata yang indah, yang kebanyakan diartikan dengan bulu mata yang lebat, panjang, tidak mudah rontok dan lentik, tentunya menjadi impian banyak orang. Terkhusus bagi wanita.

Selain untuk mendukung penampilan, bulu mata punya fungsi tersendiri untuk melindungi mata dari kotoran dan berfungsi sebagai sensor yang memperingatkan mata terhadap potensi bahaya saat ada benda mendekat.

Kebanyakan, alasan kecantikan menjadi alasan utama untuk memiliki bulu mata yang bagus. Berbagai cara dilakukan untuk menebalkan bulu mata, mulai dari memakai maskara, tanam bulu mata, extension bulu mata, hingga memakai bulu mata palsu.

Hal ini tentunya membutuhkan biaya dan waktu yang lebih lama saat dandan ya bund. Nah ternyata ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mendapatkan bulu mata yang indah. Bahan apa saja ? berikut ulasanya

Minyak kelapa

Minyak kelapa memang memiliki banyak kasiat, seperti yang mungkin anda temui di berbagai artikel kesehatan. Salah satu manfaat minyak kelapa adalah  menebalkan rambut, termasuk bulu mata.

Minyak kelapa yang digunakan bisa berbentuk serum maupun minyak kelapa murni. Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa yang mudah diserap oleh batang rambut mampu melindungi rambut dari kerusakan protein akibat zat kimia dalam sabun pembersih wajah atau make-up remover.

Cara aplikasinyapun mudah. Setelah membersihkan muka, khususnya area bulu mata, anda cukup mengoleskan minyak dengan hati-hati dari akar ke ujung bulu mata, seperti memakai maskara. Bisa pakai kuas atau kapas. Jangan sampai minyak masuk ke mata untuk mencegah iritasi. Jika sudah terlanjur masuk, segera cuci dengan air. Lakukan langkah ini menjelang tidur. Dan bilaslah dipagi hari.

Minyak jarak

Selain minyak kelapa, minyak jarak murni atau minyak kastor juga bisa menebalkan bulu mata. Minyak yang berasal dari pohon jarak ini memiliki kandungan asam risinoleat sebesar 90%. Mengutip Alodokter, meski penelitian mengenai khasiat asam risinoleat terhadap kerontokan rambut masih terbatas, minyak jarak telah banyak digunakan dan dikatakan bermanfaat untuk menumbuhkan bulu mata yang lebih tebal.

Selain itu,  minyak kastor diyakini dapat melembapkan kulit tanpa menyebabkan iritasi dan menyumbat pori-pori atau kelenjar di sekitar bulu mata.

Cara penggunaanya sama dengan minyak kelapa. Setelah membersihkan muka, khususnya area bulu mata, anda cukup mengoleskan minyak dengan hati-hati dari akar ke ujung bulu mata, seperti memakai maskara. Bisa pakai kuas atau kapas. Jangan sampai minyak masuk ke mata untuk mencegah iritasi. Jika sudah terlanjur masuk, segera cuci dengan air. Lakukan langkah ini menjelang tidur. Dan bilaslah dipagi hari.

Yang harus anda perhatikan adalah produk yang digunakan harus minyak jarak murni. Pasalnya, minyak jarak yang telah dicampur dengan minyak atau bahan lain bisa menyebabkan iritasi dan tidak memberikan hasil yang optimal.

Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan asam lemak, seperti asam oleat, asam linoleat, dan asam palmitat, yang memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antimikroba. Kandungan inilah yang dipercaya  dapat melembutkan bulu mata, mendukung fungsi folikel yang sehat, dan memperkuat bulu mata, sehingga bulu mata bisa lebih cepat tumbuh dan tidak mudah rontok.

Penggunaanya cukup mudah, setelah membersihkan muka, khususnya area bulu mata, anda cukup mengoleskan minyak dengan hati-hati dari akar ke ujung bulu mata, seperti memakai maskara. Bisa pakai kuas atau kapas. Jangan sampai minyak masuk ke mata untuk mencegah iritasi. Jika sudah terlanjur masuk, segera cuci dengan air. Lakukan langkah ini menjelang tidur. Dan bilaslah dipagi hari.

Minyal Almond

Minyak almond punya banyak manfaat alami untuk kecantikan tubuh. Salah satunya untuk menebalkan bulu mata. Minyak almond memiliki kandungan magnesium yang tinggi, sehingga sangat cocok digunakan untuk menebalkan bulu mata.

Caranya, oleskan minyak almond secara merata pada alis dengan hati-hati. Kemudian biarkan minyak almond meresap dan melakukan pijatan ringan selama 3 hingga 5 menit. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat, sebaiknya dilakukan secara rutin setiap hari.

Minyak Kemiri

Mengutip Liputan6.com, minyak kemiri memiliki kandungan asam lemak omega-3 atau asam linolenic yang bisa merangsang pertumbuhan pada rambut. Minyak kemiri pun sudah lama dipercaya dan digunakan untuk berbagai perawatan rambut. Mungkin saat anda kecil, orang tua anda juga menggunakan minyak kemiri untuk berbagai hal, mulai dari menghitamkan rambut, menguatkan akar rambut serta menyuburkan rambut. Maka dari itu tak heran jika minyak kemiri juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk menebalkan alis.

Anda cukup mengoleskan minyak dengan hati-hati dari akar ke ujung bulu mata, seperti memakai maskara. Bisa pakai kuas atau kapas. Jangan sampai minyak masuk ke mata untuk mencegah iritasi. Jika sudah terlanjur masuk, segera cuci dengan air. Lakukan langkah ini menjelang tidur. Dan bilaslah dipagi hari.

Lidah Buaya

Tanaman satu ini memang memiliki banyak manfaat, khususnya untu hal-hal yang berhubungan dengan rambut. Kandungan Lidah Buaya diantaranya  karbohidrat, lemak, protein, kalori, vitamin A, vitamin C, thiamoin, zat besi dan juga kalsium. Sehingga dapat merangsang tumbuhnya rambut.

Pengaplikasiannya cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada bulu mata dan juga alis. Diamkan kurang lebih 1 jam kemudian bersihkan hingga gel tak lagi menempel pada bulu mata dan alis.

Sebagai informasi, siklus pertumbuhan bulu mata umumnya adalah antara 30–60 hari. Artinya, anda bisa melihat hasil dari perawatan bulu mata ini dalam waktu sekitar 2–4 bulan.

Selain itu, berbagai cara yang dilakukan baik secara instan maupun secara alami, harus dipastikan cocok dengan anda. Dalam kasus ini, untuk memastikan minyak aman digunakan, sehari sebelum melakukan perawatan bulu mata sebaiknya oleskan sedikit minyak tersebut di kulit Anda, misalnya di belakang telinga. Setelah itu, Anda bisa lihat dan memilih minyak jenis apa yang cocok dan tidak menyebabkan iritasi di kulit Anda.

Konsultasikan masalah anda dengan dokter apabila muncul masalah seris saat anda berupaya menembalkan bulu mata. (alc/anw)

Click to comment

Leave a Reply

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Kuliner

AMEG – Menyambut bulan suci Ramadan tahun 2021 ini, Rayz UMM Hotel Malang, hadir dengan menu lengkap kuliner khas Kota […]

Kriminal

AMEG – Pada intinya ada tiga poin penting yang disorot JPU (Jaksa Penuntut Umum) KPK dalam menyampaikan replik atau jawaban […]

News

AMEG – Dimana titik nol Kilometer Malang? Wartawan muda menyebut di Buk Gludug Brantas. Jurnalis senior lainnya menjawab di Merdeka […]

Malang Raya

AMEG – BPBD Kota Batu berangkatkan 10 personilnya ke Kabupaten Malang. Pemberangkatan 10 personel itu merespon permintaan bantuan personel dari […]

Malang Raya

AMEG -Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Batu tanam 3230 bibit pohon apel dan kopi. Penanaman pohon itu bertepatan pada HUT […]

Kriminal

AMEG – Akumulasi kegeraman warga akibat seringnya terjadi tindak kriminal atau kejahatan. Dua hari lalu, pencuri sepeda motor gagal aksi […]

Kriminal

AMEG – Aksi kawanan jambret sebenarnya bukan pada pukul 13.00, tepatnya pukul 11.30 di Precet Dalisodo. Proses evakuasi berlangsung aman […]

Kriminal

AMEG – Bukan hanya warga Dalisodo dan desa sekitarnya yang penasaran dengan ditangkapnya pelaku jambret. Ada warga Karangwidoro ingin menyaksikan […]

Kriminal

AMEG – Dua kali aksi penjambretan, memicu amarah warga di Desa Dalisodo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Pelaku yang diamankan dalam […]

headline

AMEG – Meski sehari sebelumnya, digoncang gempa bumi hingga menyebabkan salah satu icon andalannya roboh. Batu Secret Zoo Jatim Park […]

headline

AMEG – Akibat terjadinya gempa bumi berkekuatan 6.7 Magnitudo. Yang berpusat di 90 Km Barat Daya Kabupaten Malang, pada Sabtu […]

Malang Raya

AMEG – Sejumlah video viral di media sosial dan grup-grup setelah peritiwa gempa bumi magnitudo 6,1 mengguncang selatan Malang, pada […]

%d bloggers like this: