Connect with us

Hi, what are you looking for?

Beauty

Bulu Mata Lebat dan Panjang Dengan Bahan Alami

Foto Ilustrasi. (Foto: klikdokter)

Malang – Memiliki bulu mata yang indah, yang kebanyakan diartikan dengan bulu mata yang lebat, panjang, tidak mudah rontok dan lentik, tentunya menjadi impian banyak orang. Terkhusus bagi wanita.

Selain untuk mendukung penampilan, bulu mata punya fungsi tersendiri untuk melindungi mata dari kotoran dan berfungsi sebagai sensor yang memperingatkan mata terhadap potensi bahaya saat ada benda mendekat.

Baca Juga ----------------------------

Kebanyakan, alasan kecantikan menjadi alasan utama untuk memiliki bulu mata yang bagus. Berbagai cara dilakukan untuk menebalkan bulu mata, mulai dari memakai maskara, tanam bulu mata, extension bulu mata, hingga memakai bulu mata palsu.

Hal ini tentunya membutuhkan biaya dan waktu yang lebih lama saat dandan ya bund. Nah ternyata ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mendapatkan bulu mata yang indah. Bahan apa saja ? berikut ulasanya

Minyak kelapa

Minyak kelapa memang memiliki banyak kasiat, seperti yang mungkin anda temui di berbagai artikel kesehatan. Salah satu manfaat minyak kelapa adalah  menebalkan rambut, termasuk bulu mata.

Minyak kelapa yang digunakan bisa berbentuk serum maupun minyak kelapa murni. Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa yang mudah diserap oleh batang rambut mampu melindungi rambut dari kerusakan protein akibat zat kimia dalam sabun pembersih wajah atau make-up remover.

Cara aplikasinyapun mudah. Setelah membersihkan muka, khususnya area bulu mata, anda cukup mengoleskan minyak dengan hati-hati dari akar ke ujung bulu mata, seperti memakai maskara. Bisa pakai kuas atau kapas. Jangan sampai minyak masuk ke mata untuk mencegah iritasi. Jika sudah terlanjur masuk, segera cuci dengan air. Lakukan langkah ini menjelang tidur. Dan bilaslah dipagi hari.

Minyak jarak

Selain minyak kelapa, minyak jarak murni atau minyak kastor juga bisa menebalkan bulu mata. Minyak yang berasal dari pohon jarak ini memiliki kandungan asam risinoleat sebesar 90%. Mengutip Alodokter, meski penelitian mengenai khasiat asam risinoleat terhadap kerontokan rambut masih terbatas, minyak jarak telah banyak digunakan dan dikatakan bermanfaat untuk menumbuhkan bulu mata yang lebih tebal.

Selain itu,  minyak kastor diyakini dapat melembapkan kulit tanpa menyebabkan iritasi dan menyumbat pori-pori atau kelenjar di sekitar bulu mata.

Cara penggunaanya sama dengan minyak kelapa. Setelah membersihkan muka, khususnya area bulu mata, anda cukup mengoleskan minyak dengan hati-hati dari akar ke ujung bulu mata, seperti memakai maskara. Bisa pakai kuas atau kapas. Jangan sampai minyak masuk ke mata untuk mencegah iritasi. Jika sudah terlanjur masuk, segera cuci dengan air. Lakukan langkah ini menjelang tidur. Dan bilaslah dipagi hari.

Yang harus anda perhatikan adalah produk yang digunakan harus minyak jarak murni. Pasalnya, minyak jarak yang telah dicampur dengan minyak atau bahan lain bisa menyebabkan iritasi dan tidak memberikan hasil yang optimal.

Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan asam lemak, seperti asam oleat, asam linoleat, dan asam palmitat, yang memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antimikroba. Kandungan inilah yang dipercaya  dapat melembutkan bulu mata, mendukung fungsi folikel yang sehat, dan memperkuat bulu mata, sehingga bulu mata bisa lebih cepat tumbuh dan tidak mudah rontok.

Penggunaanya cukup mudah, setelah membersihkan muka, khususnya area bulu mata, anda cukup mengoleskan minyak dengan hati-hati dari akar ke ujung bulu mata, seperti memakai maskara. Bisa pakai kuas atau kapas. Jangan sampai minyak masuk ke mata untuk mencegah iritasi. Jika sudah terlanjur masuk, segera cuci dengan air. Lakukan langkah ini menjelang tidur. Dan bilaslah dipagi hari.

Minyal Almond

Minyak almond punya banyak manfaat alami untuk kecantikan tubuh. Salah satunya untuk menebalkan bulu mata. Minyak almond memiliki kandungan magnesium yang tinggi, sehingga sangat cocok digunakan untuk menebalkan bulu mata.

Caranya, oleskan minyak almond secara merata pada alis dengan hati-hati. Kemudian biarkan minyak almond meresap dan melakukan pijatan ringan selama 3 hingga 5 menit. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat, sebaiknya dilakukan secara rutin setiap hari.

Minyak Kemiri

Mengutip Liputan6.com, minyak kemiri memiliki kandungan asam lemak omega-3 atau asam linolenic yang bisa merangsang pertumbuhan pada rambut. Minyak kemiri pun sudah lama dipercaya dan digunakan untuk berbagai perawatan rambut. Mungkin saat anda kecil, orang tua anda juga menggunakan minyak kemiri untuk berbagai hal, mulai dari menghitamkan rambut, menguatkan akar rambut serta menyuburkan rambut. Maka dari itu tak heran jika minyak kemiri juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk menebalkan alis.

Anda cukup mengoleskan minyak dengan hati-hati dari akar ke ujung bulu mata, seperti memakai maskara. Bisa pakai kuas atau kapas. Jangan sampai minyak masuk ke mata untuk mencegah iritasi. Jika sudah terlanjur masuk, segera cuci dengan air. Lakukan langkah ini menjelang tidur. Dan bilaslah dipagi hari.

Lidah Buaya

Tanaman satu ini memang memiliki banyak manfaat, khususnya untu hal-hal yang berhubungan dengan rambut. Kandungan Lidah Buaya diantaranya  karbohidrat, lemak, protein, kalori, vitamin A, vitamin C, thiamoin, zat besi dan juga kalsium. Sehingga dapat merangsang tumbuhnya rambut.

Pengaplikasiannya cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada bulu mata dan juga alis. Diamkan kurang lebih 1 jam kemudian bersihkan hingga gel tak lagi menempel pada bulu mata dan alis.

Sebagai informasi, siklus pertumbuhan bulu mata umumnya adalah antara 30–60 hari. Artinya, anda bisa melihat hasil dari perawatan bulu mata ini dalam waktu sekitar 2–4 bulan.

Selain itu, berbagai cara yang dilakukan baik secara instan maupun secara alami, harus dipastikan cocok dengan anda. Dalam kasus ini, untuk memastikan minyak aman digunakan, sehari sebelum melakukan perawatan bulu mata sebaiknya oleskan sedikit minyak tersebut di kulit Anda, misalnya di belakang telinga. Setelah itu, Anda bisa lihat dan memilih minyak jenis apa yang cocok dan tidak menyebabkan iritasi di kulit Anda.

Konsultasikan masalah anda dengan dokter apabila muncul masalah seris saat anda berupaya menembalkan bulu mata. (alc/anw)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

News

Malang Post – Kepedulian sosial saat ini benar-benar diuji. Tak perlu jauh. Perhatian terhadap orang didekat kita. Mereka yang terpapar Covid. Pasti butuh support. Seperti...

headline

Malang Post – Program yang digencarkan Walikota Malang Drs H Sutiaji tentang lima strategi penanganan Covid mulai membuahkan hasil. Diantaranya Malpro (Malang beli produk lokal),...

Malang Raya

Malang Post – Setelah 37 tahun menjadi anggota polwan, Iptu Ni Made Seruni Marhaeni mengakhiri masa tugasnya di Polresta Malang Kota, pada usia 58 tahun....

Malang Raya

Malang Post – Ada yang menarik setelah rapat evaluasi Pemkot Malang dan Forpimcam Lowokwaru dan Blimbing. Walikota Malang Sutiaji dan peserta rakor mempraktekkan cara menggunakan...

Malang Raya

Malang Post –  Jumlah kasus Covid masih tinggi. Pemkot Malang pun menggelar rapat koordinasi dan evaluasi bersama Forum Koordinator Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam). Kali ini Kecamatan...

Malang Raya

Malang Post – Warga Kabupaten Malang menyambut antusias gelaran Vaksinasi Gotong Royong. Giat ini diselenggarakan IKA (Ikatan Keluarga Alumni) dan Keluarga Besar UB (Universitas Brawijaya),...

Pendidikan

Malang Post – Program akselerasi vaksinasi terus dilakukan pemerintah. Mulai dari tingkat pusat maupun di daerah. Tak ketinggalan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Ikut andil melakukan...

headline

Malang Post – Kementerian Agama Republik Indonesia menetapkan pemimpin baru beberapa institusi pendidikan di bawah naungannya. Salah satunya Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang...