Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Tak Bisa Hanya Andalkan Vaksin

Prof Wiku Adisasmito,Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 (Foto: Satgas Penanganan Covid-19)

Jakarta – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito mengatakan, vaksin dan protokol kesehatan, merupakan satu kesatuan intervensi kesehatan yang saling berkaitan satu sama lain.

Oleh sebab itu, masyarakat diminta untuk tidak mengandalkan satu intervensi kesehatan. Masyarakat tidak bisa hanya mengandalkan vaksin, supaya tidak tertular virus Corona penyebab Covid-19.

Baca Juga ----------------------------

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengatakan, vaksin Covid-19 memiliki peran yang saling melengkapi. Sebagai lapisan proteksi terhadap infeksi virus corona jenis baru, penyebab penyakit Covd-19.

‘’Karenanya, upaya vaksinasi yang dilakukan saat ini, tentunya tidak semata-mata menjadi satu-satunya upaya melindungi masyarakat dari penularan Covid-19. Vaksinasi tidak akan berhasil, apabila tidak diimbangi dengan protokol kesehatan,’’ kata Prof Wiku.

Penerapan protokol kesehatan secara disiplin, tambah dia, merupakan upaya yang harus dilakukan. Dalam melengkapi intervensi kesehatan, sebagaimana analogi Swiss Cheese Model.

Berbagai intervensi penanganan Covid-19, diibaratkan sebagai celah yang terdapat pada lapisan keju. Yang saling menutupi satu sama lain. Yang tidak bisa ditembus dari luar. Sehingga masing-masing upaya berperan semakin signifikan, mencegah infeksi virus penyebab Covid-19 jika dilakukan bersamaan.

‘’Hal ini akan berlaku sebaliknya. Jika masyarakat hanya mengandalkan satu intervensi tunggal, maka kekurangan yang ada tidak akan tersokong dan malah akan memperburuk keadaan,’’ kata Wiku.

Keberhasilan terhadap upaya perlindungan kesehatan di tengah pandemi, sangat bergantung pada lapisan proteksi majemuk. Yaitu protokol kesehatan.

Prof. Wiku mencontohkan, jika terdapat dua orang memakai masker, tetapi hanya salah satu yang memakai masker tiga lapis dan tepat menutup hidung dan mulut. Maka, bisa ditebak mana yang lebih berisiko terinfeksi Covid-19.

Untuk itu, selama belum tercapai kekebalan komunitas atau herd immunity, maka pencegahan paling efektif adalah mematuhi protokol kesehatan. Untuk seluruh individu.

Upaya edukasi dan komunikasi terhadap masyarakat, harus dilakukan dengan seimbang antara vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan.

Menurutnya, penanganan pandemi Covid-19, tidak bisa dilakukan secara tunggal. Tetapi harus komprehensif dengan menciptakan protokol kesehatan yang ketat guna menekan jumlah individu yang terinfeksi Covid-19.

Dalam waktu bersamaan, upaya tersebut harus didukung dengan pelayanan kesehatan yang berkualitas, sehingga jumlah pasien semakin sedikit, dan meningkatkan angka kesembuhan.

Vaksinasi Covid-19 bertujuan mengurangi kerentanan individu terinfeksi virus, pengendalian keparahan gejala penyakit, dan peluang penularan terhadap individu lain. (rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang-Post – Edukasi pra nikah penting dilakukan. Mengingat pernikahan bukan sekedar menyatukan dua individu yang berbeda. Tapi menyatukan dua keluarga besar yang penuh dinamika...

Malang Raya

Malang-Post – Seorang warga Kelurahan Songgokerto bernama Nanang ditemukan tewas saat mencari rumput di Kelurahan Sisir, Kota Batu. Diketahui, Nanang sering mencari rumput di...

Malang Raya

Malang-Post – Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19, aparat gabungan menggencarkan operasi yustisi penegakan disiplin prokes. Digelar dalam rangka PPKM Mikro di wilayah...

Malang Raya

Malang-Post – Program vaksinasi Covid-19 di Kota Malang terus dilakukan. Selasa (15/6/2021) pagi, giliran warga RW 11 Kelurahan Cemorokandang yang divaksin.  Vaksinasi diikuti 150...

Opini

Indonesia adalah negara yang kaya. Kaya sumber daya alam dan kaya akan budaya. Membahas tentang kebudayaan Indonesia tentu bukan lah sutau hal yang asing...

Dahlan Iskan

Ini taruhan baru: apakah RUU Pajak akan ditarik oleh pemerintah atau diminta terus dibahas di DPR. Tokoh DPR dari Golkar jelas minta agar RUU...

Arema

Malang Post – Manajemen tim Arema FC, mendadak merilis dua unggahan pada akun resmi instagram mereka @aremafcofficial. Bergambarkan Diego Michiels dan bertuliskan; Welcome to Arema FC dan Selamat...