Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Inflasi Kota Malang Januari 2021 rendah

Azka Subhan, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Malang. (ist)

Malang – Inflasi Kota Malang selama Januari 2021 tercatat 0,06% (mount to mount/mtm) dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 104,09 atau secara tahunan mencapai 1,07% (year on year/yoy).

Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Malang Azka Subhan, mengatakan angka inflasi Kota Malang tersebut merupakan yang terendah dari delapan kota/kabupaten.

Baca Juga ----------------------------

“Capaian ini tidak terlepas dari kondisi masih tingginya Covid – 19 dan kembali diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Malang Raya mulai 11 Januari 2021 sehingga mempengaruhi daya beli masyarakat,” kata Azka mengutip siaran pers Biro Pusat Statistik (BPS) Malang.

Dia menyebutkan komoditas yang menjadi penyumbang utama inflasi di Kota Malang berasal dari kelompok makanan, minuman dan tembakau, antara lain komoditas cabai rawit, tempe, dan tahu mentah dengan andil masing-masing sebesar 0,22%, 0,04%, dan 0,03%.

“Kenaikan harga cabai rawit lebih disebabkan oleh faktor seasonal seiring dengan masuknya musim tanam di bulan Desember, dan panen yang biasanya baru berlangsung di bulan Maret,” ujarnya.

Selain itu, tingginya curah hujan di sejumlah sentra produksi turut menjadi penyebab kenaikan harga cabai.

Inflasi cukup tertahan oleh koreksi tarif angkutan udara yang menyebabkan deflasi dengan andil sebesar -0,08%.

“Terjadi penurunan penumpang di Bandara Abdulrachman Saleh Malang seiring dengan PPKM di Malang Raya yang kembali diperpanjang,” jelasnya.

Pengelola Bandara Abdulrachman Saleh Malang menyampaikan info selama Periode Januari 2021 tercatat adanya pergerakan pesawat sebanyak 110 kali lepas landas dan 110 kali pendaratan dengan total penumpang datang dan berangkat sebanyak 11.135 orang yang menunjukan penurunan sebesar -73,31% (mtm).

Strategi pengendalian “4K” (ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi, dan komunikasi yang efektif), kata dia, tetap diperlukan untuk tetap menjaga inflasi yang stabil dengan tetap mempertahankan daya beli masyarakat di tengah Pandemi Covid-19.

 Arah kebijakan ketersediaan pasokan dapat dilakukan dengan cara pemanfaatan teknologi digital farming dan diversifikasi produk pangan olahan. Kelancaran distribusi melalui digitalisasi pasar dan platform belanjaonline yang dapat memudahkan masyarakat dengan kemudahan pengiriman menggunakan transportasi online.

Selain itu, perlu dilakukan penguatan pelaksanaan Ketersediaan Pasokan dan Stabilitas Harga (KPSH).Komunikasi efektif juga terus dilakukan berfokus pada perbaikan kualitas dan aksesabilitas data, peningkatan intensitas komunikasi dan koordinasi, serta senantiasa senantiasa memberikan himbauan pada masyarakat.

Di wilayah kerja Bank Indonesia Malang, TPID terus berupaya menjaga stabilitas stok dan harga pangan ditengah pandemi COVID-19 diantaranya melalui pelaksanaan survei dan pemantauan harga oleh TPID serta Satgas Pangan, pelaksanaan operasi pasar dengan melibatkan Bulog dan pihak terkait lainnya.

Ke depan, lanjut dia, Bank Indonesia Malang tetap berkomitmen menjaga stabilitas harga dan memperkuat koordinasi kebijakan dengan Pemerintah di tingkat daerah, guna mengendalikan inflasi 2021 sesuai dengan kisaran targetnya sebesar 3,0%±1%.

Di samping itu, Bank Indonesia Malang dan pemerintah daerah juga terus berupaya untuk mendorong kegiatan ekonomi dengan memperhatikan protokol kesehatan dan meningkatkan daya beli masyarakat selama berlangsungnya pandemi COVID-19 sebagai bagian dari upaya mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). (bbs).

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Ketua Bhayangkari Malang Kota, Ny Enic Budi Hermanto, resmi membuka proses pembangunan Gedung Bhayangkari. Prosesi peletakan batu pertama pembangunan Kantor Bhayangkari...

Malang Raya

Malang Post – Polresta Malang Kota gelar acara tasyakuran HUT Polisi Lalu lintas ke-66, Jumat (24/9/2021) dan dihadiri seluruh perwira jajaran Satlantas Polresta Malang...

headline

Malang Post – GMNI Malang melakukan unjuk rasa menyikapi Walikota Malang Sutiaji yang diduga melanggar peraturan PPKM, Minggu 19 September 2021. Viral di medsos...

Malang Raya

Malang Post – Jumat, 24 September 2021, Babinsa di Kota Malang menyebar di sejumlah lokasi pelaksanaan vaksinasi.Pertama, vaksinasi dosis 2 ditempat ibadah yang ada...

Malang Raya

Malang Post – Dalam rangka menyambut peringatan HUT TNI ke-76 Tahun 2021, Korem 083/Bdj beserta Kodim 0833/Kota Malang secara serentak melaksanakan Bakti sosial berupa...

headline

Malang Post- Soal kasus rombongan “Gowes”  Walikota Malang, Sutiaji dan jajaran OPD ke Pantai Kondang Merak, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang Minggu (19/9) lalu, memang sudah...

Malang Raya

Malang Post – Bupati Malang Drs HM Sanusi MM pernah menjanjikan akan memberikan dana ekstra kepada 378 Desa dan Kelurahan di Kabupaten Malang sebanyak...

Malang Raya

Malang Post – Stiker Presiden RI Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo serta tulisan ajakan memakai masker terpampang jelas di mobil dinas milik...