Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Raih Akreditasi Sinta Saat Pandemi

JURNAL ILMIAH: Sepuluh jurnal UMM raih akreditasi dari Kementrian Riset dan Teknologi.( Foto: Istimewa)

Malang – Pandemi covid-19 masih berlangsung. Program vaksin pun belum menyentuh kampus. Namun prestasi tak boleh terhenti.

Proses perkuliahan juga harus tetap berjalan, dengan cara daring. Penelitian ilmiah juga tetap aktif. Begitu pula dengan proses penilaian akreditasi.

Baca Juga ----------------------------

Termasuk Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Saat new era pandemi ini, masih juga menorehkan prestasi di akademik.

Kali ini sepuluh  jurnal TBI UMM meraih akreditasi Science and Technology Index (Sinta) dari Kementrian Riset dan Teknologi/Badan Riset Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) Periode III Tahun 2020.

Sepuluh jurnal mendapatkan peringkat akreditasi yang berbeda. Empat jurnal yang berhasil meraih akreditasi di Sinta 2.

Yaitu Legality: Jurnal Ilmiah Hukum, Izdihar: Arabic Language Teaching, Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa dan Falah: Jurnal Ekonomi Syariah.

Total hingga periode ini, jurnal TBI UMM yang terakreditasi Sinta 2 adalah, sembilan jurnal.

Selain itu ada dua jurnal yang berhasil naik peringkat terakreditasi Sinta 3. Yaitu Jurnal Akademi Akuntasi (JAA) dan  Celtic: A Journal of Culture, English Language Teaching, Literature & Linguistics.

Sementara itu Jurnal Agriecobis dan Progresiva mendapat akreditasi Sinta 4. Terakhir jurnal Satwika dan Ijota (Indonesia Journal of Tropical Aquatic) terakreditasi Sinta 5.

Ditemui di kantornya Ketua LPPI, Dr Fardini Sabilah S.Pd., M.Pd merasa bangga terhadap capaian yang diperoleh jurnal TBI UMM ini.

Ia melanjutkan, Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah (LPPI) UMM telah melakukan berbagai upaya perbaikan dalam Pada aspek pengelolaan. Agar jurnal TBI UMM dapat terakreditasi dan naik peringkat. 

“Kami selalu melakukan pembenahan pada manajemen jurnal UMM. Mulai dari tata kelola Online Journal Sistem (OJS), pengajuan ISSN (International Standard Serial Number), pengajuan DOI (Digital Object Identifier) serta coaching terhadap kualitas artikel jurnal dan kepada para editor jurnal,” kata Ketua LPPI UMM tersebut.

“Alhamdulilah. Sampai saat ini, dari 59 jurnal TBI UMM, 30 diantaranya sudah terakreditasi Sinta,” imbuh Fardini.

Ia menambahkan, bahwa pihaknya telah melakukan pembaharuan terhadap sistem OJS jurnal UMM. Dalam rangka menyempurnakan sistem OJS tersebut, LPPI telah melakukan pelatihan untuk migrasi dari versi OJS 2 ke OJS 3 pada Selasa (26/1).

“Kami akan terus melakukan pembaharuan. Juga inovasi terhadap pengelolaan jurnal-jurnal TBI yang ada di UMM,” lanjutnya.
 

“Harapannya, pembaharuan ini dapat mendorong kesembilan Jurnal TBI yang berada di Sinta 2 untuk menuju ke jurnal terindeks SCOPUS,” pungkas Fardini. (roz/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post – Dalam rangka percepatan Herd Immunity, Universitas Negeri Malang (UM) kembali sukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac dosis pertama dan kedua yang ditujukan...

Pendidikan

Malang Post — SMAN 1 Sumberpucung berkomitmen mendukung pemerintah menangani pandemi Covid-19 yang belum mereda. Salah satunya melalui program vaksinasi remaja. Menggandeng Puskesmas Sumberpucung, vaksinasi dosis...

Malang Raya

Malang Post – Hutan Kota Malabar menjadi pusat kegiatan aksi bersih-bersih yang diinisiasi jajaran Kodim 0833 dalam hal ini Koramil Klojen pemangku wilayah. Tidak...

Malang Raya

Malang Post – Bank Sahabat Sampoerna (BSS) Malang bersama mitra bisnisnya, KSP Sahabat Mitra Sejati, kembali menggelontorkan ratusan paket sembako bagi masyarakat yang terdampak...

Malang Raya

Malang Post – Kodim 0833 Kota Malang melakukan berbagai upaya untuk tingkatkan imun di masa pandemi covid-19. Jumat (17/9), Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol...

Malang Raya

Malang Post – Pemkab Malang gelar Vaksinasi Massal untuk pelajar bertajuk”Indonesia Sehat, Indonesia Hebat”. Bersinergi bersama Badan Intelijen Negara (BIN). Dihadiri Bupati Malang HM...

Pendidikan

Malang Post — Ikatan Guru Taman Kanak -Kanak (IGTKI) Kecamatan Donomulyo melalui Dinas Pendidikan bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat menggelar workshop....

Pendidikan

Malang Post – Ratusan murid SMP KHA Thohir Pulungdowo Tumpang Kabupaten Malang menjalani vaksinasi di lingkungan sekolah. Ini untuk mencegah penyebaran virus covid-19 dan menjadi...