Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Pembelanja Pribadi Makin Ramai Saat Pandemi

Ilustrasi Pembelanja Pribadi. (Shutterstock)

Washington DC – Pembelanja pribadi (personal shopper), merupakan salah satu profesi yang popular di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat. Profesi ini mulai heboh diperbincangkan pada tahun 2008 silam. Tugasnya membantu orang lain untuk berbelanja sesuai apa yang mereka inginkan, dengan menggunakan jasa dirinya sebagai pembeli.

Sepuluh tahun terakhir, bermunculan perusahaan penyedia jasa pembelanja pribadi atau personal shoppers. Perusahaan-perusahaan ini menawarkan jasa berbelanja apa saja, mulai dari bunga, hadiah yang dibungkus indah, pakaian, alat-alat rumah tangga dan kantor, barang-barang elektronik, kosmetik, bahkan vitamin dan obat.

Baca Juga ----------------------------

Di masa pandemi ini, jasa pembelanja pribadi semakin bersinar. Orang memilih membatasi kegiatan di luar rumah, apalagi ke tempat umum yang ramai seperti pasar swalayan . Mereka butuh bantuan pembelanja pribadi untuk membelikan  bahan-bahan kebutuhan tersebut.

Diaspora Indonesia yang tinggal di AS, juga banyak yang tertarik dengan profesi satu ini. Baidatu Lawal alias Ebay salah satunya. Sudah tiga tahun ini ibu tiga anak itu berprofesi sebagai personal shopper.

“Sukanya tuh di situ. Kerjanya tidak terikat,” kata Ebay dalam interview dengan Tim VOA

Ebay tidak sendiri. Ada pula Destafana Azhari alias Desta. Keduanya tinggal di Virginia. Mereka bergabung dengan Instacart, yang berbasis di San Fransisco.

 “Yang menentukan kita sendiri. Kalau mau menghasilkan lebih banyak, kerjalah. Ambil order yang lebih banyak,” tukas Ebay.

“Bisa mendapat penghasilan yang lumayan meskipun pandemik,” ujar Desta.

Desta sendiri menjadi pembelanja pribadi sejak awal pandemi, jasa sebagai pembelanja semakin dibutuhkan karena orang tidak mau berisiko tertular virus. Ia juga melihat alasan lain, semakin banyak orang memilih tidak mempunyai mobil sehingga mengandalkan jasa personal shopper yang bisa mengantar barang-barang sampai di depan pintu.

“Dia (pembeli) bisa santai di rumah, mungkin bisa mengurusi pekerjaan yang lain, atau dia work from home, sehingga dia tidak bisa pergi berbelanja,” kata Desta.

Sementara itu, Ebay melepas pekerjaan tetapnya supaya lebih leluasa mengurus keluarga. Desta mengaku lebih senang menjadi pekerja lepas. Era digital, menurutnya, membuka banyak peluang gig worker.

 “Untuk sementara, sepertinya ini yang lebih fleksibel waktunya. Makanya saya lanjutkan,” ujar Ebay.

Desta mengatakan, “Sambil menunggu pilihan yang lebih baik, ini satu-satunya yang memungkinkan kita bisa survive dalam masa pandemik karena penghasilannya bagus. Lumayan.”

Ebay dan Desta mengaku tidak malu menjadi pembelanja pribadi. Desta melihatnya sebagai sarana berolahraga karena mau tidak mau ia harus menyelusuri lorong-lorong pasar swalayan atau naik tangga untuk membawa belanjaan sampai ke depan pintu pembeli. Ebay senang karena kegemaran berbelanja malah menghasilkan uang.

Uang yang mereka hasilkan sebagai  personal shoppers diberi peringkat, yang dinilai dari kecepatan, layanan ekstra, misalnya menawarkan alternatif untuk barang yang tidak tersedia, atau kesediaan bekerja di luar jam kerja yang umum.

“Kita menjual customer service,” papar Ebay.

Rating yang baik memungkinkan mereka lebih sering mendapat tawaran kerja, dan sesekali mendapat tambahan tips atau bonus dari pemakai jasa maupun dari instacart. Ebay, misalnya pernah mendapat tips tambahan $100 dari orang yang menggunakan jasanya.

“Alhamdulillah,” pungkasnya. (voa/anw)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Wisata

Malang Post – Butuh refreshing di tengah pandemi? Cari tempat menginap sekaligus piknik atau camping? Bisa mencoba di HARRIS Hotel & Conventions Malang. Hotel dengan...

Pendidikan

Malang Post – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) senantiasa memberikan kontribusi dan perhatiannya bagi masyarakat luas. Kampus Putih juga terus memberikan manfaat bagi siapapun yang membutuhkan....

Malang Raya

Malang Post – Polresta Malang Kota kembali melakukan serbuan vaksinasi dosis pertama di Lapas Kelas I Malang, Selasa (28/9/2021). Dalam kegiatan ini, Polresta Malang Kota...

Kriminal

Malang Post – Upaya Satuan Reskrim Polresta Malang Kota berhasil mengungkap pembunuh di Jalan Emprit, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Pelakunya, tidak lain, suami siri korban...

Malang Raya

Malang Post – Forum lalu lintas Kota Batu mulai merumuskan penerapan pembatasan kendaraan dengan sistim ganjil genap. Rumusan tersebut sesuai dengan Inmendagri Nomor 43 tentang...

Malang Raya

Malang Post – Kota Batu jadi kota ke-9 di Jatim yang mencapai herd immunity vaksinasi Covid-19. Sebelumnya, delapan daerah di Jatim telah mencapai herd immunity...

News

Malang Post — Bau busuk menyengat terjepit bebatuan karang pantai Jonggring Saloka, masuk Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Selasa (28/9/2021) pagi, warga pencari rumput...

Pendidikan

Malang Post – Mahasiswa Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang meraih Juara II Kompetisi Debat Hukum Online Nasional Dies Natalis 26th of Sharia Economic...