Connect with us

Hi, what are you looking for?

Nasional

Enam Persalinan Sehari di Tengah Pandemi

PENYULUHAN: Tim EMT UB-RSSA menjelaskan penerapan protokol kesehatan covid bagi penyintas dan penunggu pasien saat penanganan korban bencana alam. (FOTO: EMT UB-RSSA FOR DI’S WAY MALANG POST)

Mamuju – Menginjak hari keempat Rabu (26/1) di Mamuju Sulawesi Barat. Emergency Medical Team (EMT) UB-RSSA menggeber beberapa agenda. 

Salah satunya penyuluhan kepada keluarga pasien tentang pola hidup bersih. Serta penyuluhan pentingnya imunisasi pada anak oleh dr Muhammad Irawan Sp.A. Tim ini diberangkatkan Kamis (21/1) 

Baca Juga ----------------------------

“Hari ini (kemarin.red) kita melakukan penyuluhan pengurangan resiko atau promosi kesehatan. Salah satunya perilaku mencuci tangan dan memakai masker,” ujar perwakilan EMT UB-RSSA dr Aurick Yudha Nagara Sp.EM. 

Penyuluhan ini penting. Sebagai penguatan dan pemahaman. Atau refresh bagi para penyintas dan penunggu pasien.

“Ternyata di lingkungan RS sendiri, yakni para penyintas dan penunggu pasien, belum tersosialisasi dengan baik. Belum dilakukan dengan baik juga,” kata Aurick.

Ini wajar jika melihat kondisi pasca bencana. Petugas penyuluh atau nakes, juga menjadi korban bencana.

Dampaknya, mereka tak bisa menjalankan tugas dengan baik. Karena mereka juga terbebani menyelamatkan diri dan keluarganya. Maka kehadiran EMT UB-RSSA ini sangat bermanfaat.

“Selain itu, kami juga melakukan penyuluhan tentang pentingnya imunisasi dan menyusui pada bayi-bayi baru lahir,” lanjutnya. Karena faktanya, banyak bayi yang lahir saat bencana terjadi. Banyak pula anak-anak korban bencana.

Aurick menambahkan. Saat ini tantangan terberat adalah pandemi covid-19 selain bencana. Bagaimana tim bisa secara tepat memastikan bahwa alur pelayanan terutama pasien yang patah tulang ataupun trauma tidak terindikasi covid.

“Kondisi normal saja, beberapa RS masih kelimpungan. Apalagi ini kondisi bencana,” ujarnya. Tak terbayangkan betapa ribetnya tim ini menjalankan tugasnya.

Ia menambahkan. Sementara ini, 30 persen pasien mengalami trauma. 50 persennya mengalami penyakit non trauma dan selebihnya penyakit lain. 

Aurick titip pesan. Jika seandainya ada RS yang akan membantu. Ia menyarankan, agar mempersiapkan tim khusus lengkap dengan kasus trauma ortopedi. Serta spesialis kandungan.

Ini mengacu kepada EMT UB-RSSA. Mereka mem-back up kurang lebih 5-6 persalinan per hari untuk SC. Termasuk juga covid-19.

Sementara kebutuhan logistik. Berkaitan dengan alat kesehatan radiologi saat ini juga sangat dibutuhkan.

“Logistik yang dimaksud seperti kertas untuk print hasil USG, gel untuk USG serta transduser antiseptic sterobac. Selanjutnya akan ada penguatan kapasitas untuk nakes di RSUD ini. Berkaitan dengan pengendalian infeksi. Cara memakai dan melepaskan hazmat yang benar,” kata Auryck. (roz/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Wisata

Malang Post – Butuh refreshing di tengah pandemi? Cari tempat menginap sekaligus piknik atau camping? Bisa mencoba di HARRIS Hotel & Conventions Malang. Hotel dengan...

Pendidikan

Malang Post – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) senantiasa memberikan kontribusi dan perhatiannya bagi masyarakat luas. Kampus Putih juga terus memberikan manfaat bagi siapapun yang membutuhkan....

Malang Raya

Malang Post – Polresta Malang Kota kembali melakukan serbuan vaksinasi dosis pertama di Lapas Kelas I Malang, Selasa (28/9/2021). Dalam kegiatan ini, Polresta Malang Kota...

Kriminal

Malang Post – Upaya Satuan Reskrim Polresta Malang Kota berhasil mengungkap pembunuh di Jalan Emprit, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Pelakunya, tidak lain, suami siri korban...

Malang Raya

Malang Post – Forum lalu lintas Kota Batu mulai merumuskan penerapan pembatasan kendaraan dengan sistim ganjil genap. Rumusan tersebut sesuai dengan Inmendagri Nomor 43 tentang...

Malang Raya

Malang Post – Kota Batu jadi kota ke-9 di Jatim yang mencapai herd immunity vaksinasi Covid-19. Sebelumnya, delapan daerah di Jatim telah mencapai herd immunity...

News

Malang Post — Bau busuk menyengat terjepit bebatuan karang pantai Jonggring Saloka, masuk Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Selasa (28/9/2021) pagi, warga pencari rumput...

Pendidikan

Malang Post – Mahasiswa Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang meraih Juara II Kompetisi Debat Hukum Online Nasional Dies Natalis 26th of Sharia Economic...