Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Di Pendem Ada Wisata Lumbung Bumi

Suasana Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu

Batu – Kota Batu dikenal sebagai sentra pariwisata terkemuka di Indonesia. Berbagai macam spot wisata ada di kota ini. Kini konsep baru pun dilahirkan. Guna menambah pundi-pundi pendapatan asli daerah (PAD). Yaitu, mengemas sektor pertanian menjadi destinasi wisata baru. 

Tentunya pemilihan lokasinya di daerah yang memiliki hasil pertanian melimpah. Yakni Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Desa ini merupakan salah satu sentra pertanian. Ketahanan pangannya bisa dikatakan terjamin.

Baca Juga ----------------------------

Karena itu, masyarakat Desa Pendem menginisiasi untuk membuat wisata edukasi pertanian. Rencananya, tempat wisata itu bernama Lumbung Bumi.

Kepala Desa (Kades) Pendem, Tri Wahyuono, menjelaskan pembuatan wahana wisata ini inisiatif dari warga. Harapannya mammpu menyejahterakan warga. “Target kami pada tahun 2021 proses pengerjaan Lumbung Bumi rampung, sehingga Desa Wisata Lumbung Bumi dapat di-launching,” ujar dia, Rabu (27 /1). 

Ia menjelaskan, objek wisata ini akan dikelola Pengurus Desa Wisata Pendem. Objek wisata ini dibangun secara swadaya masyarakat. Sementara pemerintah desa (Pemdes) masih belum mengalokasikan anggaran pembangunan. 

“Kami akan kelola menjadi desa wisata pertanian yang seluruh pengelolaannya dari Desa Pendem. Karena ini juga menggunakan TKD (Tanah Kas Desa) Desa Pendem,” ungkapnya.

Camat Junrejo Kota Batu, Dian Saraswati, mengapresiasi langkah yang dilakukan warga dan perangkat Desa Pendem yang membuat Desa Wisata Lumbung Bumi. 

“Apapun itu, saat ini kita hidup di Kota Wisata Batu yang kaya akan berbagai macam wahana wisata. Maka dari itu, kita harus dapat menangkap peluang. Tak hanya dari wisata buatan saja, namun wisata berbasis kearifan lokal juga harus semakin dikembangkan,” tuturnya. 

Menurutnya, pemanfaatan sektor pertanian sebagai wahana wisata merupakan salah satu terobosan. Bahkan, dapat dua manfaat sekaligus. Yakni, pertanian terjaga serta meningkatkan nilai ekonomis masyarakat. 

“Dengan adanya ini, sudah jelas pihak kecamatan sangat mendukung. Karena peran kami kan menghubungkan desa dengan OPD (organisasi perangkat daerah) leading sektor. Yang jelas, Disparta (Dinas Pariwisata) sudah mendukung,” paparnya.

Ia mengatakan, dukungan Disparta itu berupa pembangunan fasilitas wisata di TKD seluas 4 hektare itu. Seperti pembangunan jalan, panggung seni tengah sawah, hingga saung-saung kuliner tengah sawah.

Tak hanya Disparta, ia juga mengatakan bahwa pihaknya juga akan menggandeng DLH (Dinas Lingkungan Hidup) untuk pengadaan tanaman dan pengolahan sampah. Dengan begitu, seluruh pengelolaan wisata itu ramah lingkungan.

“Namun, yang paling penting adalah SDM (sumber daya manusia).Pengelolanya harus ada dan dapat mengelola Lumbung Bumi ini dengan baik. Setelah itu juga dapat bekerjasama dengan BUMDes dengan baik juga,” tandasnya.

Kadisparta Kota Batu, Arief As Siddiq berharap, potensi wisata yang tergali ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Bahwa pemandangan alam di Desa Pendem ini telah menjadi modal awal. Ditambah lagi potensi pertanian dan sejarah yang dimiliki Desa Pendem. 

“Wisata edukasi pertanian ini, juga akan dilengkapi panggung budaya yang menampilkan atraksi seni, juga tempat kuliner berupa saung di tengah areal persawahan,” ungkapnya.(ano/ekn) 

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Pemkab Malang yakin proyek pembangunan tol Malang-Kepanjen dimulai 2022. Apalagi, saat ini, proyek tersebut masih akan dibahas persiapan pembebasan lahannya oleh...

Malang Raya

Malang Post – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forpimda) Kota Malang menggelar bedah rumah sebagai bakti sosial di kawasan Gadang Sukun, Minggu (13/6/2021). Salah satu sasaran...

Malang Raya

Malang Post – Pembangunan jembatan Srigonco di Kecamatan Bantur Kabupaten Malang terus dimatangkan finishingnya. Agar dapat segera dimanfaatkan. Jembatan ini, merupakan akses yang dibangun untuk mempermudah...

Wisata

Malang Pos –  Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu berkolaborasi dengan Polres Batu menggelar ‘Tour Virtual Gowes Wisata Nasional’. Acara ini digelar  Minggu, 4 Juli...

Pendidikan

Malang-Post – Komitmen Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki Malang) yang sering dikatakan Rektor dan akademisi, menyongsong Smart and Green Islamic University...

Malang Raya

Malang-Post – Warga Kota Malang khususnya yang berlokasi di sekitar Jembatan Kedungkandang akan di manjakan dengan berbagai fasilitas baru. Dimana, Pemerintah Kota Malang melalui...

Malang Raya

Malang-Post – Stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Malang mengalami naik turun (fluktuatif). Bahkan rawan menipis, seiring dengan...

Olahraga

Malang-Post – Senam Anti Covid (Senavid)  kolaborasi Arema Media Group (Ameg) dengan Kodim 0833 Kota Malang, digelar lagi di Lapangan Rampal Kota Malang,  Minggu (13/6/2021)...