Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Lansia Divaksin Tahap Tiga

dr. Reisa Broto Asmoro, Juru Bicara Satgas COVID-19 (Foto: Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta – Program vaksinasi Covid-19 di Indonesia, akan dilaksanakan dalam empat tahap. Sebab untuk suksesnya program vaksinasi, harus dilakukan secara cermat dan hati-hati.

Masyarakat tetap diingatkan menerapkan protokol kesehatan ketat dan sabar menunggu giliran divaksin. Pesan ini disampaikan oleh Juru Bicara Pemerintah, dr Reisa Brotoasmoro, melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Baca Juga ----------------------------

Menurut Reisa, tahap pertama pelaksanaannya, Januari hingga April 2021. Dengan sasaran tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang serta mahasiswa yang menjalani profesi kedokteran. Yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan.

Pada tahap kedua, juga pada periode yang sama, dengan sasaran petugas pelayan publik. Yaitu anggota TNI/Polri, aparat hukum dan petugas pelayanan publik. Meliputi petugas di bandara, pelabuhan, stasiun dan terminal. Kemudian perbankan, PLN, perusahaan air minum, serta petugas lainnya yang terlibat langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat.

‘’Dalam waktu ini, juga termasuk usia lanjut. Yakni di atas usia 60 tahun,’’ kata Reisa.

Lalu, pada tahap ketiga dilaksanakan April 2021 hingga Maret 2022, dengan sasaran masyarakat tentang dari aspek geospasial, sosial dan ekonomi.

Tahap keempat yaitu pada periode yang sama. Dengan sasaran vaksinasi adalah masyarakat dan pelaku ekonomi lainnya. Dengan pendekatan klaster sesuai ketersediaan vaksin.
Setelah mengetahui jadwal dan mekanisme vaksinasi, masyarakat diminta tidak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan 3M. Yaitu memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan. Karena jangan sampai masyarakat terkena Covid-19, sembari menunggu jadwal vaksinasinya.

‘’Guna mencegah terkena Covid-19, sampai tiba waktunya divaksin. Terus disiplin bahkan setelah dilakukan vaksinasi sampai pandemi selesai,’’ kata dokter ahli forensik.

 Faksinasi untuk mengakhiri pandemi Covid,19 telah diawali oleh Presiden Joko Widodo pada 13 Januari 2021. Covid-19 yang telah berlangsung selama 10 bulan, berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi dan mengakibatkan ribuan jiwa meninggal dunia.

Sementara itu wacana program mandiri vaksin Covid-19, disambut baik. Program tersebut dinilai sebagai subsidi silang.

‘’Yang kaya membantu yang miskin dengan membeli vaksin. Membantu pemerintah mengumpulkan dana untuk pengadaan vaksin,’’ kata anggota Komisi IX DPR, Nabil Haroen dalam keterangan tertulis, Jumat (22/1).

Politikus PDI Perjuangan itu mengungkapkan, biaya pengadaan vaksin cukup besar. Apalagi, anggaran pemerintah terbatas. ‘’Maka, harus ada solusi bersama. Yakni warga yang mampu bisa menyubsidi yang kurang mampu,’’ ungkap dia.

Dia meminta pemerintah mengatur mekanisme program mandiri dengan baik. Program juga harus disampaikan secara jelas kepada masyarakat. Jangan sampai wacana ini menjadi polemik di tengah masyarakat.

‘’Tetapkan mekanisme dan sosialisasi secara jelas. Sampaikan ke publik secara tepat, jelaskan secara komprehensif,’’ ujar dia.

Pemerintah tengah mempersiapkan regulasi vaksin covid-19 secara mandiri. Kebijakan ini diambil lantaran banyaknya permintaan vaksinasi mandiri.

‘’Akselerasi vaksin di mana akselerasi melalui program mandiri sedang dipersiapkan regulasinya,’’ kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Istana Negara, Jakarta Pusat. (* rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang-Post – Komunikasi Sosial (Komsos) keluarga besar TNI jajaran Korem 083/Bdj berlangsung pada Kamis (24/6/2021). Bertempat di Aula Skodam V/Brawijaya Malang, Jl. Tugu, Kec....

Pendidikan

Malang-Post – Tren peningkatan kasus Covid-19 di Kota Malang tidak mempengaruhi rencana proses pembelajaran tatap muka (PTM). Sekolah yang semula sudah mulai menjalankan PTM,...

Pendidikan

Malang-Post – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, menggelar wisuda daring, Kamis (24/6/2021). Wisuda tatap muka belum dilakukan karena pertimbangan masih...

Malang Raya

Malang-Post – Aparat gabungan terus berupaya mencegah penyebaran virus corona. Salah satunya dengan menggencarkan operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan. Dalam rangka PPKM Mikro...

Malang Raya

Malang-Post – Kamis (24/6/2021) pagi, aparat gabungan kembali menggelar operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan. Dalam rangka PPKM Mikro di wilayah Kedungkandang.  Bertempat di...

Opini

Setahun lebih telah berlalu, namun pandemi Covid-19 di Indonesia belum menunjukkan tanda-tanda akan usai. Justru, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dan jumlah kematian makin...

Dahlan Iskan

Sang ayah kena Covid. Anaknya tiga. Satu anak di Atambua. Satu lagi di Amerika. Yang di Surabaya harus mencari obat yang sulit didapat: actemra....