Connect with us

Hi, what are you looking for?

Advertorial

[VIDEO] RKPD 2022 Prioritaskan Penanganan Covid

TRANSPARAN: Walikota Malang Sutiaji bahas RKPD 2022, bersama 19 jajaran Forkopimda luring terbatas dan 101 peserta daring.

Malang – Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 diawali Pemkot Malang dengan menggelar Forum Konsultasi Publik. Dilakukan semi virtual dari NCC (Ngalam Command Center) Balai Kota Malang, Selasa (20/1).  

Diikuti 19 jajaran Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) secara luring. Sedangkan 101 peserta lainnya secara daring. Karena masih pandemi covid-19. Kepala Bappeda, Dwi Rahayu SH MHum menyampaikan. Forum Konsultasi Publik dilakukan untuk memenuhi tahapan penyusunan RKPD. Sesuai Permendagri No 86/ 2017. Sebagai bentuk komunikasi interaktif antar pemangku kepentingan.

Baca Juga ----------------------------

“Diharapkan saran dan masukan. Untuk menyempurnakan setiap rancangan pembangunan agar optimal. Sehingga dokumen perencanaan pembangunan 2022, makin komprehensif dan berkualitas,” ujarnya.

Walikota Malang, Sutiaji menambahkan. Penyusunan RKPD melalui berbagai tahapan. Salah satunya konsultasi publik lebih dulu. Selanjutnya diselesaikan sesuai acuan dokumen induk. “Ini ranwal (rancangan awal.red) RKPD. Sesuai Permendagri. Harus melalui tahapan,” ujarnya.

RKPD 2022, beberapa prioritas masih fokus penanganan covid-19. Pertama adalah, peningkatan akses dan kualitas pendidikan serta kesehatan di masa pandemi covid-19. Layanan itu harus disesuaikan dengan era kenormalan baru atau adaptasi tatanan kehidupan baru.

Kedua, menjaga kestabilan daya beli dan perlindungan sosial. Melalui optimalisasi pemberdayaan masyarakat serta kinerja di kecamatan dan kelurahan tangguh (ekonomi, kesehatan hingga informasi).

“Karena masih dalam masa pandemi. Maka ini kita kuatkan. Kalau RT RW tangguh, Contoh tangguh informasi. Sekarang ‘kan banyak hoax. Informasi vaksin itu. Kalau sudah tangguh,  tidak kenal yang namanya berita hoax,” tandasnya.

Ketiga, peningkatan infrastruktur perekonomian dan sarana prasarana sosial ekonomi. Mengarah pada pembangunan infrastruktur secara interaktif. “Seperti penanganan banjir. Hingga kini masih jadi PR kita. Itu karena tidak terintegrasi. Kita belum punya master plan drainase sebelumnya. Sejarah drainase, kemarin sudah saya minta kepada pak Lurah. Agar tanya kepada yang tua-tua. Seperti apa drainase besar dulu itu,” imbasnya.

Keempat, pemantapan industri kreatif masyarakat dan kemandirian sosial ekonomi. Pemulihan ekonomi dengan menumbuhkan dan meningkatkan ekonomi kreatif. Mendorong ekonomi kreatif menerapkan protokol kesehatan 5M. Harus disesuaikan dengan perkembangan zaman.

“Kenapa ekonomi kreatif? Karena dunia sekarang, sudah tidak lagi 4.0. Melainkan society 4.5. Harapannya, basic IT adalah kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Ketika digerakkan oleh orang-orang yang beretos kemanusiaan dan ketuhanan,” tandasnya. (jof/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang-Post – Komunikasi Sosial (Komsos) keluarga besar TNI jajaran Korem 083/Bdj berlangsung pada Kamis (24/6/2021). Bertempat di Aula Skodam V/Brawijaya Malang, Jl. Tugu, Kec....

Pendidikan

Malang-Post – Tren peningkatan kasus Covid-19 di Kota Malang tidak mempengaruhi rencana proses pembelajaran tatap muka (PTM). Sekolah yang semula sudah mulai menjalankan PTM,...

Pendidikan

Malang-Post – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, menggelar wisuda daring, Kamis (24/6/2021). Wisuda tatap muka belum dilakukan karena pertimbangan masih...

Malang Raya

Malang-Post – Aparat gabungan terus berupaya mencegah penyebaran virus corona. Salah satunya dengan menggencarkan operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan. Dalam rangka PPKM Mikro...

Malang Raya

Malang-Post – Kamis (24/6/2021) pagi, aparat gabungan kembali menggelar operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan. Dalam rangka PPKM Mikro di wilayah Kedungkandang.  Bertempat di...

Opini

Setahun lebih telah berlalu, namun pandemi Covid-19 di Indonesia belum menunjukkan tanda-tanda akan usai. Justru, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dan jumlah kematian makin...

Dahlan Iskan

Sang ayah kena Covid. Anaknya tiga. Satu anak di Atambua. Satu lagi di Amerika. Yang di Surabaya harus mencari obat yang sulit didapat: actemra....