Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

KODAM Siliwangi Siapkan Fasilitas Covid-19

BANTUAN: Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo (tengah memakai rompi) memberi salam saat tiba di Makodam III/Siliwangi, Bandung, Jawa Barat.( Foto: Humas BNPB)

Bandung  – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo, memberikan apresiasi kepada Komando Daerah Militer (Kodam) III/Siliwangi, yang telah mengizinkan penggunaan seluruh fasilitas milik TNI AD, yang ada di wilayah Kodam III/Siliwangi, untuk perawatan pasien Covid-19 tanpa gejala atau OTG.

Menurut Doni Monardo, yang saat ini menjabat Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan merupakan mantan Panglima Kodam III/Siliwangi (2017-2018), dengan adanya dukungan dari TNI AD tersebut, rumah sakit rujukan yang ada di wilayah Kodam III/Siliwangi, dapat lebih fokus untuk menangani pasien Covid-19, dengan gejala ringan hingga kritis.

Baca Juga ----------------------------

“Kami berikan apresiasi. Terutama bantuan dari Kodam III/Siliwangi, atas arahan dari Bapak Kepala Staf Angkatan Darat, yang telah mengizinkan semua fasilitas milik TNI Angkatan Darat, yang berada di wilayah Kodam III/Siliwangi, bisa digunakan untuk perawatan pasien,’’ ungkap Doni usai melakukan Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 di Markas Komando Daerah Militer III/Siliwangi, Bandung, Jawa Barat.

Sebelumnya, Panglima Kodam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengatakan, pihaknya telah berkomitmen untuk mendukung sepenuhnya penanganan Covid-19 di wilayah Jawa Barat, dengan berbagai upaya.

Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto juga mengaku, rencana itu sudah dilaporkan kepada Kepala Staf Angkatan Darat, Andika Perkasa dan telah mendapatkan restu.

‘’Pada prinsipnya TNI AD akan mendukung sepenuhnya,’’ ujar Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto.

Adapun sejumlah fasilitas milik TNI AD tersebut, yang kemudian dapat digunakan sebagai tempat isolasi mandiri, meliputi asrama-asrama TNI maupun tempat pusat pendidikan TNI AD, wisma atlet TNI AD dan sebagainya.


Selain itu, Kodam III/Siliwangi juga menerjunkan sekitar 6.376 personel, untuk membantu Polri dan instansi terkait, dalam rangka menertibkan dan mengajak masyarakat agar lebih disiplin mematuhi protokol kesehatan 3M. Yakni  mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak menghindari kerumunan.

‘’Kita juga sudah mengerahkan sekitar 6.376 personel, untuk pendisiplinan masyarakat tergabung bersama Polri dan Satpol PP,’’ tegasnya.

Ke depannya, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto bersama jajarannya, juga akan membuat pelaporan terpusat yang lebih maksimal, sehingga melalui data tersebut, penanganan Covid-19 di wilayah Kodam III/Siliwangi dapat lebih dimaksimalkan.

‘’Kita akan sama-sama untuk lebih menyampaikan hal yang riil kepada BNPB,’’ pungkas Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto. (rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang-Post – Komunikasi Sosial (Komsos) keluarga besar TNI jajaran Korem 083/Bdj berlangsung pada Kamis (24/6/2021). Bertempat di Aula Skodam V/Brawijaya Malang, Jl. Tugu, Kec....

Pendidikan

Malang-Post – Tren peningkatan kasus Covid-19 di Kota Malang tidak mempengaruhi rencana proses pembelajaran tatap muka (PTM). Sekolah yang semula sudah mulai menjalankan PTM,...

Pendidikan

Malang-Post – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, menggelar wisuda daring, Kamis (24/6/2021). Wisuda tatap muka belum dilakukan karena pertimbangan masih...

Malang Raya

Malang-Post – Aparat gabungan terus berupaya mencegah penyebaran virus corona. Salah satunya dengan menggencarkan operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan. Dalam rangka PPKM Mikro...

Malang Raya

Malang-Post – Kamis (24/6/2021) pagi, aparat gabungan kembali menggelar operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan. Dalam rangka PPKM Mikro di wilayah Kedungkandang.  Bertempat di...

Opini

Setahun lebih telah berlalu, namun pandemi Covid-19 di Indonesia belum menunjukkan tanda-tanda akan usai. Justru, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dan jumlah kematian makin...

Dahlan Iskan

Sang ayah kena Covid. Anaknya tiga. Satu anak di Atambua. Satu lagi di Amerika. Yang di Surabaya harus mencari obat yang sulit didapat: actemra....